Wednesday, September 5, 2007

REVOLUSI BESAR NANOTEKNOLOGI

Nano = Ukuran 1/Semilyar. Nanometer = 1/Semilyar meter.

Teknologi Nano akan menjadi teknologi terpenting bagi umat manusia di masa depan. Teknologi Nano adalah segala bentuk teknologi yang berukuran super kecil. Seberapa kecil? Molekuler, sekecil atom.

Bila sebuah rambut manusia dibelah 50.000 bagian, itulah ukuran Nano! Para ilmuwan berupaya menciptakan materi-materi baru seukuran nano yang bisa dimanipulasi, bahkan mesin/robot seukuran nano!

Apa saja gunanya?
Ini beberapa contoh dahsyatnya yang mirip science fiction itu:

Menghancurkan sel-sel kanker menggunakan robot super kecil yang bisa masuk tubuh manusia.
Quantum Computer. Pengembangan komputer super yang kecepatannya ratusan kali komputer tercepat sekarang, dan mampu melakukan komputasi yang jauh lebih kompleks.
Penyimpanan data super besar. Ribuan gigabit data, atau data seluruh perpustakaan besar akan disimpan dalam wahana sebesar seujung kuku.
Pemanfaatan energi super efisien sekaligus ramah lingkungan (lebih hebat dari energi nuklir, jadi tolong jangan bikin PLTN, sudah hampir ketinggalan zaman).
Lubang ozon di angkasa yang mengancam kelangsungan hidup bumi? Beberapa ilmuwan berpendapat lubang itu bisa ditutup dengan teknologi nano.
The Super Soldiers, penciptaan tentara-tentara super dengan baju pelindung anti peluru, ledakan, dan kalaupun terjadi cedera, langsung bisa menyembuhkannya secara otomatis, rapid self healing (kecuali kalau pelurunya nanti juga menggunakan teknologi nano?). Teknologi nano juga memungkinkan si tentara lari lebih cepat dan lompat lebih tinggi. Sekali lagi, ini bukan science fiction. Teknologinya sudah dikembangkan militer Amerika.
Memperpanjang umur manusia. Degenerasi sel bisa diperlambat, racun-racun bisa dihilangkan, penyerapan nutrisi akan menjadi maksimal.
Baju yang tidak bisa kusut, anti noda, anti bau (bahkan walau ketumpahan semur jengkol. Ini ilmiah!).
Mobil anti penyok, anti gores.
Merubah material yang tidak berharga menjadi emas atau berlian. Ini dilakukan dengan memanipulasi atom-atomnya yang sebelumnya tidak bisa dilakukan.

Ini hanya beberapa contoh saja. Aplikasinya benar-benar nyaris tak terbatas. Di masa depan, dunia, dan ekonomi dunia akan ditentukan oleh teknologi nano. Selamat belajar.

Catatan:

Tentu saja untuk mulai menganalisis material berukuran Nano anda harus bisa melihatnya lebih dahulu. Untuk melihat material ukuran sekecil itu, anda menggunakan mikroskop khusus bernama Atomic Force Microscope (AFM, Mikroskop Daya Atom).


SUPER LEARNING

Bayangkan bila sebuah konsep yang sangat canggih, cutting edge seperti Nano technology tidak cuma dikenal para pakar teknologi, profesor, tapi bahkan bisa mulai dikenal oleh anak-anak Sekolah Dasar. Jutaan anak-anak di seluruh Indonesia.

Keunggulan peradaban tidak bisa ditentukan oleh beberapa orang pintar saja, tapi orang-orang pintar yang mampu menginspirasi seluruh bangsanya dan akhirnya menciptakan jutaan manusia-manusia unggul. Seperti Thomas A. Edison, Einstein, Carl Sagan (
Cosmos: A Personal Voyage, Contact). Semua orang bisa membuat masalah menjadi rumit dan kompleks. Tapi manusia-manusia terbesar membuat sesuatu yang kompleks menjadi sederhana, dan diterima semua orang. Bayangkan spiritualitas Nabi Muhammad, nasionalisme Sukarno, Relativitas Einstein (E = mc²).

“Any intelligent fool can make things bigger, more complex, and more violent. It takes a touch of genius – and a lot of courage – to move in the opposite direction”
(maaf ini katanya Einstein lho).

Simple, Inspiring.

2 comments:

Moch.Rasyid said...

nano technologi ini bagus sekali untuk menunjang kemajuan teknologi...namun, bisa nano technologi bisa mengubah sesuatu yang tidak berharga ( misalnya besi ) menjadi barang berharga ( emas ), maka barang berharga tersebut akan kehilangan nilainya..itu kalo menurut pendapat saya... :D

Eko said...

betul pak, kalau dari sisi harga mungkin akan turun, dan saya kira itu tidak masalah. tapi dari sisi nilai guna, material-material nano potensinya sangat hebat. bayangkan kalau kita bisa membuat intan imitasi dalam jumlah berlimpah, atau bahkan material yang lebih kuat dari intan, dst. seluruh dunia akan berubah besar-besaran, dari elektronik jenis baru, alat transportasi yang super efisien, bahkan teknologi yang memungkinkan dimulainya abad ruang angkasa. trims sudah berkunjung Pak Rasyid.