Thursday, April 21, 2011

INDONESIA SPACE FORCE COMMAND CENTER (News 1)


Presiden Sukarno, Kosmonot Yuri Gagarin, Kruschev, dan Brezhnev



Warta Sovyet, 7 Desember 1963


Presiden Sukarno menganjurkan kepada para pemuda dan pemudi Indonesia agar meneladani kosmonot-kosmonot Sovyet yang bercita-cita tinggi, berpengetahuan, dan mengabdikan diri sepenuhnya pada kebesaran bangsa dan negaranya.

Bung Karno juga mengundang mereka ke acara resepsi besar di stadion Senayan—yang dibangun mirip Stadion Luzhniki di Rusia, dibangun kontraktor Soviet dan dibuka pada 1962. Saat itu, Bung Karno memperkenalkan para tamunya dan berpidato mengenai persahabatan Indonesia—Rusia dan tentang masa depan Indonesia.

"Acara itu benar-benar spektakuler dan dihadiri banyak orang. Sebagian datang bersama anak mereka yang masih bayi. Soekarno terkenal dengan pidatoya yang terkadang pribadi dan sangat sensitive di hadapan para audience yang mendemonstrasikan sikap paternal terhadap rakyatnya,” kenang Profesor Alexey Drugov, cendekiawan kajian oriental, doktor ilmu politik dan salah satu pakar sejarah Indonesia asal Rusia “Ketiga kosmonot Soviet itu juga berpidato pada acara itu dan diterima dengan penghormatan.”

Saat itu, puluhan ribu warga turun ke jalan untuk menyambut para pionir antariksa Rusia itu, mereka bahkan menepuk bahu ketiga orang itu ketika melintas dengan mobil terbuka.




Di saat yang tepat nanti, impian-impian besar bangsa Indonesia akan bangkit kembali. Imperium III.




5 comments:

Hilmy Nugraha said...

itu kenapa banyak insiyur2 kita belajarnya di Russia ya mas? Karena Bung Karno bersahabat baik dengan pemimpin Russia saat itu.

Hehe, pertanyaannya tak jawab sendiri.

muda berani dan berbahaya said...

kalau saya anak sma di indonesia dan bercita-cita jadi astronot, saya harus kuliah dimana mas? saya, teman-teman saya, bahkan anak-anak sma sekarang juga sama sekali belum tahu bagaimana caranya,

bayu de oranje said...

IMPERIUM III kuwi buku ora umum mas apik`e......
tak woco peng 100 gak waleh2 mas....

W. A. Yanpareri said...

hallo om eko, bukunya bagus, sangat suka,...

aku ikut blogmu juga, . . .terima kasih, aku banyak menggali ilmu darimu om,....semangka

Kaos Penggugah Patriotisme! said...

kalo diliat dari perkembangan skrg, sy yakin estafet antariksa ini akan dpegang putra-putri papua. bnyak dr mreka yg berprestasi dbidang sains