Sunday, January 1, 2012

Obama Hadiri Langsung Penandatanganan Kontrak Milyaran Dollar antara Boeing dan Lion Air

Presiden Barack Obama, Direktur Utama Lion Air Rusdy Kirana,
Wakil Direktur Senior Boeing Ray Conner



Ini adalah berita besar bahkan di Amerika. Diberitakan di CNN, Fox, Bloomberg, sampai China Post. Kontraknya begitu besar pengaruhnya pada industri pesawat dan ekonomi Amerika secara umum sehingga Presiden Obama sendiri menghadiri penandatangan kontraknya.

Kontrak pembelian pesawat itu bernilai fantastis, US$ 21,7 Milyar, bahkan jauh melebihi apa yang pernah dibeli Singapore Airlines, perusahaan-perusahaan penerbangan China, Emirates (Dubai), atau perusahaan manapun di dunia. Dan penjualan terbesar sepanjang sejarah perusahaan raksasa Boeing itu dilakukan kepada perusahaan penerbangan Indonesia, Lion Air. White House juga menyatakan bahwa ini adalah salahsatu transaksi perdagangan terbesar sepanjang sejarah hubungan Indonesia-Amerika.

Lion Air memesan 201 Boeing 737 MAX single-aisle jet, dan 29 "extended-range" 737-900ERs dengan total 230 pesawat jet.

Berita ini tentu tidak saja membuat kita bangga sebagai bangsa Indonesia, tapi juga menimbulkan optimisme akan kemajuan Indonesia di masa datang. Seperti yang diberitakan dalam website CNN, "While the developed world has been pummeled with recession, stagnant growth and rising debt burdens in the wake of the 2007-2008 Financial Crisis, developing powerhouses like Indonesia have continued to rise."

Ketika negara-negara maju terbelit dalam krisis, kekuatan ekonomi baru seperti Indonesia terus maju dan bangkit. Selamat buat Lion Air.


Ref :
Wall Street Journal, Boeing Scores $21.7 Billion Order in Indonesia.
Bloomberg, Boeing Wins Lion Air Agreement to Purchase Record $21.7 Billion in Jets
CNN, Lion who? What record Boeing-Indonesia deal means
Video Youtube, President Obama Speaks on Agreement Between Boeing and Lion Air

No comments: