Tuesday, January 8, 2008

BARACK OBAMA MENANG KAUKUS IOWA!

"OBA-MA, OBA-MA, OBA-MA!!!"

Ribuan orang, tua muda, laki-laki dan perempuan, kulit putih maupun kulit hitam bergemuruh meneriakkan nama Barack Obama pada pidato kemenangannya pada Kaukus Iowa awal Januari ini (2008).

Obama, calon presiden muda yang penuh harapan. Sebelumnya ia selalu dianggap kalah pamor dengan “seniornya” Hillary Clinton. Bahwa Obama, “masih hijau”, “belum waktunya”, “terlalu muda”, intinya, Obama belum pantas jadi pemimpin Amerika. Tapi ia ternyata mampu melakukan hal yang dianggap mustahil. Ia mengalahkan Hillary dengan telak. Dan banyak orang Amerika yang bangkit harapannya, Amerika yang baru akan segera datang.

Barack Obama dianggap bisa menang karena dianggap lebih mampu membawa perubahan berarti dibanding Hillary Clinton. Obama dilihat sebagai pemimpin muda yang fresh, dengan pemikiran dan semangat yang lebih segar dari saingannya yang lebih “senior”. Ia nyaris seperti John F. Kennedy dan Bobby Kennedy. Sedangkan Hillary mungkin mulai dianggap sebagai “a great politician”, politisi yang sangat bagus, tapi kadang kurang bisa dipegang perkataannya. Hillary bahkan juga dilihat sebagai “Status Quo”, “the Old America”, Amerika yang lama, seperti dipimpin George Bush.

Lanjutan Video Pidato Kemenangan Barack Obama di Iowa. (Part 2)


WHY OBAMA ?

Barack Obama ( yang pernah tinggal di Indonesia itu ), sejak muda adalah seorang aktivis yang telah berhasil berbuat banyak untuk masyarakat. Bahkan banyak berkorban. Sebagai anak muda yang sangat cerdas, ia banyak mendapat tawaran pekerjaan bergaji besar dari perusahaan-perusahaan paling bergengsi. Tapi ia menolaknya, karena ingin bekerja membantu orang-orang miskin di Chicago. Ia ingin berbuat sesuatu yang penting, bagi saudara-saudaranya, dan suatu hari nanti, bagi bangsanya. Di Altgeld Gardens, Chicago, sejak 1980-an ia telah mempunyai banyak prestasi misalnya :

1. Ia bekerja membantu mencarikan pekerjaan bagi orang-orang yang menganggur.
2. Ia “memaksa” pemerintah setempat untuk menyediakan lebih banyak pekerjaan musim panas untuk anak-anak mudanya.
3. Ia juga berhasil meminta perbaikan fasilitas perumahan rakyat, dari jalan raya, sampai selokan, toilet, sampah, bahkan pembongkaran asbestos yang merusak kesehatan warga.
4. Ia berhasil membangun pusat-pusat kegiatan remaja agar mereka mempunyai banyak ketrampilan positif, dari ketrampilan teknis sampai politik.
5. Ia juga menulis di berbagai media masa saat terjadi kecurangan di pemerintahan setempat.

Obama berjuang keras, berkorban, nyaris tanpa keuntungan materi. Waktu bukunya menjadi best-seller, ia baru bisa membayar beasiswa kuliahnya. Begitu muda, tapi sudah begitu banyak manfaatnya bagi orang lain.

Dan sekarang ia sudah menjadi calon terkuat Presiden Amerika. Amerika sudah mengenal Obama, dan kualitasnya sebagai pemimpin yang bisa membawa perubahan besar bagi Amerika. OBAMA!!! Harapan baru Amerika akan segera datang. Hope he wins.

Baca juga perbandingan profil antara Barack Obama dan Hillary Clinton.

No comments: