Wednesday, September 3, 2008

INTAN BERLIAN


INTAN, skala kekerasan mineral Mohs : 10, sempurna


Intan adalah salahsatu benda terkeras dan terindah yang ada di muka bumi. Skala kekerasannya mencapai nilai 10, sedangkan baja saja hanya 6,5 - 7. Intan, terbentuk dari atom Karbon (C).

And what about that "Carbon" ? ..
Kok bisa jadi intan ?

Ujung pinsil yang berwarna hitam juga terbentuk dari Karbon. Namanya, Graphite. Tidak seperti intan, graphite berwarna hitam dan cenderung lunak. Graphite berasal dari bahasa Yunani ”Graphein” artinya ”menulis/menggambar”.


Carbon based economy


Batubara, arang, dan minyak bumi juga terbentuk dari Karbon, plus Hidrogen (H). Mereka menjadi sumber energi utama dunia saat ini (Carbon based fossil fuel). Karbon dibakar dan diambil energi Hidrogennya. Sayangnya ini juga menghasilkan zat Karbon-dioksida yang berlebih.

Sebenarnya Karbon-dioksida (CO2) penting bagi semua tumbuhan untuk berfotosintesis. Ditambah cahaya matahari, tumbuhan berfotosintesis dan tumbuh, dan menghasilkan Oksigen serta Karbohidrat yang dipakai untuk tumbuh (gula dan tepung pati, starch).

Photosyntesis


Tapi karena jumlah CO2 terus bertambah akibat industrialisasi dan meluasnya penebangan hutan, maka akumulasinya merusak ozon. Ini nantinya akan diatasi dengan teknologi baru yang bisa mendapat energi Hidrogen dari Air dengan memecahnya, dari H2O, Hydrolisis air.

Energi Hidrogen diambil langsung dari Air, tidak lagi memakai sumber energi berbasis Karbon lagi. Ini misalnya telah digunakan untuk beberapa mobil konsep berbahan bakar Hidrogen.

Karbon, juga ada dalam tubuh manusia karena pada dasarnya Karbon adalah elemen dari semua senyawa organik.

KOK KARBON BISA JADI MACAM-MACAM ?

Atom Karbon (C) bisa jadi macam-macam bentuk karena susunan struktur atomnya berbeda-beda. Elemen atom yang sama, kalau bentuk susunannya berbeda, akan menciptakan benda yang berbeda. Istilahnya kerennya, Alotropi ( Greek ; allos, other, and tropos, manner).

Apa ada elemen lain yang penting ?

Sekarang, ilmuwan telah menemukan struktur elemen Karbon baru, yang 200 kali lebih kuat dari baja, dan lebih keras dari intan, namanya ...



KARBON, Carbon, C, Nomor atom 6.


No comments: