Thursday, March 5, 2009

Intan Termahal di Dunia


Wittelsbach Diamond, Desember 2008


Inilah Wittelsbach Diamond,

intan termahal dalam sejarah dunia. Pada Desember 2008 batu ini terjual dengan harga US$ 23.4 Juta di Christie's London, menjadikannya berlian termahal di dunia.

Total karatnya memang benar-benar istimewa, 35 karat, dan warnanya biru keabu-abuan. Intan sangat bersejarah ini telah dimiliki raja Spanyol Philip IV sejak tahun 1664, masa dimana kerajaan Spanyol menguasai dunia.

Intan yang sempurna dinilai berdasarkan 4C : Carat, Clarity, Color, Cut. Nama Inggris intan, Diamond, berasal dari bahasa Yunani, Adamas, yang artinya tidak dapat dihancurkan, karena kekerasannya yang sempurna.

Intan dianggap sebagai material terkeras di dunia, dengan skala kekerasan Mohs 10, alias sempurna. Jadi tidak ada material yang lebih keras di dunia daripada intan.

Or is it?

Well, para ilmuwan telah lama menemukan material yang 58% lebih keras dari intan. Material super bernama mineral Lonsdaleite. Material ini bisa terbentuk alami maupun dibuat di laboratorium khusus.

Di alam, material super keras ini terbentuk akibat tumbukan meteor yang dahsyat yang jatuh ke bumi seperti di Antartika, Meteor Crater di Arizona dan lokasi kejatuhan meteor raksasa di Tunguska Rusia.

Dan pada Februari 2009 ini, para ilmuwan dari Universitas Nevada dan Universitas Shanghai berhasil menciptakan material Lonsdaleite yang mencapai 80% lebih keras dari intan.



Tunguska Event, Wikipedia

3 comments:

Teguh Rakhmat Mulyawan said...

terima kasih untuk imperiumindonesia.blogspot.com tentang artikel-nya ya yang menarik untuk dibaca. boleh 'kan aku meng-copy artikel-artikelnya untuk sekedar baca2 (balas di blog teguhrakhmat.blogspot.com)

Eko said...

Halo mas Teguh dan Co2.
Terimakasih sudah mampir ke blog ini. Seandainya anda ingin membantu menyebarluaskan berita-berita yang ada di blog ini tentu boleh sekali. Mudah-mudahan akan semakin banyak orang yang bisa belajar dari blog ini dan blog anda. Dan saya kira mungkin akan makin berkualitas seandainya kita juga mengembangkan informasi yang kita peroleh dengan ide dan gagasan kita sendiri yang kreatif dan orisinil. Ini akan membantu mengembangkan kemampuan kita, tidak saja dalam mengolah informasi, tetapi yang lebih penting, kemampuan kita untuk menginspirasi orang banyak. Mudah-mudahan bermanfaat dan semoga sukses. Salam hangat, El.

bayu usahawan said...

salam sejahtera imperiumindonesia.blogspot.com
numpang baca artikelnya,di Indonesia pun sebenarnya ada intan Diamond tersebut, karena kurang memadainya perekonomian keuangan dalam pembelian intan, pemrosesan intan selalu terhambat,karena selama ini kami juga memegang sekecil intan diamond tetapi kadar tidak sebanyak itu, alias rendah.dulu sempat saya kami proses dilab pembuatan terkadar rendah, itupun para pembeli intan tidak sangup membayar, walaupun kadar rendah biaya juga rendah. terima kasih