Wednesday, October 7, 2009

Ikan Hias Laut Indonesia, dan Kekayaan Ekonomi Singapura

Singapura di waktu malam

Ikan hias laut Indonesia



Laut dan perairan Indonesia adalah yang terkaya di dunia.

Di Indonesia ada sekitar 650 jenis species ikan hias laut yang sudah diketahui, dan 200 species yang sudah diperdagangkan.

Indonesia adalah negara ketiga terbesar di dunia pengekspor ikan hias laut (7.5 %). Yang terbesar adalah Singapura (22.8%, senilai lebih dari US$ 40.000.000/tahun), dan yang kedua adalah Malaysia (7.9%).

Dari mana Singapura yang kecil itu mendapatkan ikannya dalam jumlah banyak? Dari Indonesia.. (hampir 90%).

Malaysia, juga mengekspor ikan hias laut ke Singapura. Darimana Malaysia mendapatkan ikan hias lautnya yang cantik-cantik?... dari Indonesia.

Jadi, Singapura menjadi pengekspor ikan hias terbesar di dunia, dengan ikannya adalah ikan Indonesia.

Pengimpor ikan hias terbesar di dunia adalah Amerika (US$ 39 juta), Jepang, Jerman, Inggris, dan Perancis. Kenapa kita ndak ekspor langsung ke sana aja ya?

Kenapa bisa begitu? karena Singapura dengan masyarakatnya yang cerdas mampu membangun sistem ekonomi, birokrasi, dan transportasi yang efisien. Mereka juga dengan ilmunya yang unggul, mampu "memperbaiki" ikan-ikan Indonesia (atau produk Indonesia apapun), sehingga ikan-ikan itu lebih segar, lebih sehat, dan mempunyai nilai yang tinggi di seluruh dunia.


Ilmu, ilmu, ilmu.


...




Sumber : Departemen Kelautan dan Perikanan, data 2008.

Kenapa Singapura bisa jadi bangsa yang maju?

Lihat disini : Kemajuan Singapura, Bangsa Kecil Paling Sukses di Dunia.


4 comments:

lilliperry said...

kita ngimpor ke malaysia atau mereka nyolong..?

duh, kapan negara ini paham sama 'negerinya' ya.. :)

lilliperry said...

eksport maksud saya, typo..

Eko said...

Sebagian diekspor, sebagian walaupun tidak pernah diproses secara hukum, mungkin statusnya dicolong..

kontraktor lndscape art and decorative painting said...

Sedia macam-macam ikan hias laut,batu koral laut, pasir putih pantai, air laut untuk aquarium ikan hias laut, Pembuatan aquarium air laut dan air tawar, pembuatan filter bawah kaca lengkap aquarium laut, dekorasi aquarium laut dan perawatan berkala aquarium laut. Juga menyediakan rebon ( anak udang ) beku dan hidup untuk makanan ikan hias air laut.untuk segala keperluan anda silahkan hubungi ibu Merie taman pariwisata DKI Jakarta, harga lebih terjangkau dan ikan hias laut dan tanaman ikan hias laut lebih beragam dan sehat.hubungi segera telepon/sms ibu Merie 08179170791 atau kunjungi www.merieminasamudra.indonetwork.co.id