Wednesday, February 3, 2010

Kekuatan Raksasa Militer Indonesia 1960


Mikoyan-Gurevich MiG-21

1960-an, Era Presiden Sukarno.

Kekuatan militer Indonesia adalah salahsatu yang terbesar dan terkuat di dunia. Saat itu, bahkan kekuatan Belanda sudah tidak sebanding dengan Indonesia, dan Amerika sangat khawatir dengan perkembangan kekuatan militer kita yang didukung besar-besaran oleh teknologi terbaru Uni Sovyet.

1960, Belanda masih bercokol di Papua. Melihat kekuatan Republik Indonesia yang makin hebat, Belanda yang didukung Barat merancang muslihat untuk membentuk negara boneka yang seakan-akan merdeka, tapi masih dibawah kendali Belanda.

Presiden Sukarno segera mengambil tindakan ekstrim, tujuannya, merebut kembali Papua. Sukarno segera mengeluarkan maklumat "Trikora" di Yogyakarta, dan isinya adalah:
1. Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan kolonial Belanda.
2. Kibarkan Sang Saka Merah Putih di seluruh Irian Barat
3. Bersiaplah untuk mobilisasi umum, mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air bangsa.

Berkat kedekatan Indonesia dengan Sovyet, maka Indonesia mendapatkan bantuan besar-besaran kekuatan armada laut dan udara militer termaju di dunia dengan nilai raksasa, US$ 2.5 milyar. Saat ini, kekuatan militer Indonesia menjadi yang terkuat di seluruh belahan bumi selatan.

Kekuatan utama Indonesia di saat Trikora itu adalah salahsatu kapal perang terbesar dan tercepat di dunia buatan Sovyet dari kelas Sverdlov, dengan 12 meriam raksasa kaliber 6 inchi. Ini adalah KRI Irian, dengan bobot raksasa 16.640 ton dengan awak sebesar 1270 orang termasuk 60 perwira. Sovyet, tidak pernah sekalipun memberikan kapal sekuat ini pada bangsa lain manapun, kecuali Indonesia. (kapal-kapal terbaru Indonesia sekarang dari kelas Sigma hanya berbobot 1600 ton).

KRI Irian, bobot 16.640 ton, kapal perang terbesar
yang pernah dimiliki Indonesia


KRI Irian adalah salahsatu kapal kelas Cruiser paling berbahaya di dunia dan nyaris sebanding kekuatannya dengan kapal-kapal tempur terbaik Amerika, USS Iowa, USS Wisconsin, dan USS Missouri dari kelas Battleship yang lebih besar. Pertahanan anti serangan udaranya pun sangat kuat, karena dilengkapi 4 Buah triple gun Mk5-bis turrets kaliber 20 mm, dan 32 buah Kanon multi fungsi kaliber 3,7 cm. Sabuk lapis bajanya pun tebalnya mencapai 100 mm, yang nyaris tidak mungkin ditembus oleh kapal-kapal perang Belanda terbaik saat itu, termasuk Hr. Ms Evertsen.

Kedatangan kapal ini segera membuat Belanda mengurangi secara drastis keberadaannya di Papua. Kapal induk terbesar kebanggan Belanda, HNLMS Karel Doorman langsung diperintahkan meninggalkan Papua begitu KRI Irian bergerak meninggalkan Admiralty Yard di Leningrad menuju Surabaya, Indonesia.

HNLMS Karel Doorman, Biak, Papua

Angkatan udara Indonesia juga menjadi salahsatu armada udara paling mematikan di dunia, yang terdiri dari lebih dari 100 pesawat tercanggih saat itu. Armada ini terdiri dari :
1.
20 pesawat pemburu supersonic MiG-21 Fishbed.
2. 30 pesawat MiG-15.
3. 49 pesawat tempur high-subsonic MiG-17.
4. 10 pesawat supersonic MiG-19.


Pesawat MiG-21 Fishbed adalah salahsatu pesawat supersonic tercanggih di dunia, yang telah mampu terbang dengan kecepatan mencapai Mach 2. Pesawat ini bahkan lebih hebat dari pesawat tercanggih Amerika saat itu, pesawat supersonic F-104 Starfighter dan F-5 Tiger. Sementara Belanda masih mengandalkan pesawat-pesawat peninggalan Perang Dunia II seperti P-51 Mustang.

Sebagai catatan, kedahsyatan pesawat-pesawat MiG-21 dan MiG-17 di Perang Vietnam sampai mendorong Amerika mendirikan United States Navy Strike Fighter Tactics Instructor, pusat latihan pilot-pilot terbaik yang dikenal dengan nama TOP GUN.


Indonesia juga memiliki armada 26 pembom jarak jauh strategis Tu-16 Tupolev (Badger A dan B). Ini membuat Indonesia menjadi salahsatu dari hanya 4 bangsa di dunia yang mempunyai pembom strategis, yaitu Amerika, Rusia, dan Inggris. Pangkalannya terletak di Lapangan Udara Iswahyudi, Magetan, Jawa Timur.

Bahkan China dan Australia pun belum memiliki pesawat pembom strategis seperti ini. Pembom ini juga dilengkapi berbagai peralatan elektronik canggih dan rudal khusus anti kapal perang AS-1 Kennel, yang daya ledaknya bisa dengan mudah menenggelamkan kapal-kapal tempur Barat.

Indonesia juga memiliki 12 kapal selam kelas Whiskey, puluhan kapal tempur kelas Corvette, 9 helikopter terbesar di dunia MI-6, 41 helikopter MI-4, berbagai pesawat pengangkut termasuk pesawat pengangkut berat Antonov An-12B. Total, Indonesia mempunyai 104 unit kapal tempur. Belum lagi ribuan senapan serbu terbaik saat itu dan masih menjadi legendaris sampai saat ini, AK-47.

Ini semua membuat Indonesia menjadi salasahtu kekuatan militer laut dan udara terkuat di dunia. Begitu hebat efeknya, sehingga Amerika di bawah pimpinan John F. Kennedy memaksa Belanda untuk segera keluar dari Papua, dan menyatakan dalam forum PBB bahwa peralihan kekuasaan di Papua, dari Belanda ke Indonesia adalah sesuatu yang bisa diterima.



Operasi Trikora, Wikipedia

19 comments:

Tamba said...

Mas, infonya menarik, hanya mohon dicek ulang sedikit untuk akurasi atas beberapa data berikut:

gambar yang menampilkan kapal perang KRI Irian kelihatannya kurang cocok.
Gambar kapal dari udara menunjukkan kapal dengan 3 kubah meriam, bukan 4, sedangkan KRI Irian memrupakan kapal dengan 4 kubah meriam. Lalu gambar meriam kapal, gambar itu bukan berasal dari meriam KRI irian namun dari Battleship (di latar belakang terlihat struktur Latice tower khas battlesip era Perang dunia pertama).

Satu lagi, agak bombastis untuk menyatakan bahwa KRI Irian sekelas dengan Battleship USS Iowa. Bobot dan kelas kedua kapal tersebut jauh berbeda, KRI Irian adalah kelas Cruiser dengan meriam utama 152 mm dan sabuk baja pelindung paling tebal 150 mm. Sebagai perbandingan untuk Battleship USS Iowa meriam utama meiliki kaliber 406 mm dan sabuk baja pelindung paling tebal 500 mm. Dalam pertempuran laut 1-lawan 1 dapat diperkirakan siapa yang akan keluar sebagai pemenangnya.

Salam

Eko said...

Halo mas Tamba, terimakasih pengamatan anda jeli sekali. mungkin artikel ini agak terlalu cepat "ditayangkan", karena ini sebetulnya dibuat dari banyak sumber yang juga perlu dicek kembali akurasinya. Anda benar, KRI Irian adalah kelas Cruiser yang dibawah Battleship dan diatas Destroyer. tapi dari sebuah sumber, mungkin karena kapal tempur ini dibuat 8 tahun lebih baru dari Iowa dan Missouri, KRI Irian punya kemampuan manuver yang lebih baik dan kritikal yang mampu menandingi kemampuan senjata kapal-kapal Amerika dari kelas diatasnya. Menurut wikipedia, dari waktu ke waktu kapal yang lebih kecil, Cruiser lalu Destroyer lebih efektif dalam pertempuran dibanding Battleship yang terlalu besar. itulah sebabnya Battleship sudah tidak dibuat lagi. Mengenai gambarnya, kalau ada mungkin akan saya coba cari yang lebih cocok dan keren. Ditunggu kembali masukannya mas. Salam hangat, Eko Laksono.

indotop said...

Kekuatan militer yang hebat. Sudah saatnya kita memiliki pemimpin bangsa yang benar-benar akan memberi kejayaan bangsa.

Don DeLonge said...

Info yang menarik bro..
Saya ijin copas ya buat di share..

biro bangunan said...

Mas, setahu saya di Surabaya itu gak ada yang namanya Lapangan Udara Iswahyudi...Salam kenal dan sukses selalu :D

Eko said...

betul sekali mas, Iswahyudi itu adanya di Magetan bukan di Surabaya, terimakasih banyak untuk masukannya yang berharga. Salam, Eko Laksono.

kerang mutiara said...

Sejarah tidak mencatat semua peristiwa dan sejarah tidak pula mencatat semua nama. Hanya peristiwa-peristiwa besar, yang melibatkan orang-orang yang berfikiran besar yang kemudian dicatat oleh sejarah dunia. Semakin banyak orang-orang yang berfikir besar di negeri ini, semakin banyak sejarah akan mencatat kebesaran bangsa ini. INDONESIA perlu REVOLUSI, REVOLUSI HATI, REVOLUSI FIKIRAN, & REVOLUSI TINDAKAN. Hidup Mahasiswa... Allahhu akbar. Common people, Welcome to The FUTURE.

orangkampung said...

Itu dululah indon...sekarang dengan Malaysia pun belum tentu boleh menang....

serigalasenja said...

Nikmati pinjaman tanpa agunan/personal loan dengan persyaratan yang sangat
mudah dan variatif

bunga yang kecil dan proses hingga pencairan yang hanya membutuhkan waktu
maximal 5 hari kerja

persyaratan dokument yang sangat mudah , dapat menggunakan credit card atau
slip gaji / surat

keterangan penghasilan atau dapat juga menggunakan kwitansi/bukti angsuran
rumah,atau bukti

pembayaran personal loan dari bank lain.




PERSYARATAN DOKUMENT PENGAJUAN (DENGAN MENGGUNAKAN CREDIT CARD )

1.FOTO COPY KTP

2.FOTO COPY CREDIT CARD

3.FOTO COPY BILLING 1 BULAN TERAKHIR

4.FOTO COPY NPWP ( UNTUK PINJAMAN DIATAS Rp.50 JT )

*MINIMAL PINJAMAN Rp.10.000.000*

*MAXIMAL PINJAMAN 3 X LIMIT CREDIT CARD ATAU Rp.100.000.000*

*BUNGA PINJAMAN Rp.10.000.000 - 24.000.000 = 1,74 % /BULAN*

*BUNGA PINJAMAN Rp.25.000.000 - 100.000.000 = 1,55 % /BULAN*



PERSYARATAN DOKUMENT PENGAJUAN (DENGAN MENGGUNAKAN SLIP GAJI )

1.FOTO COPY KTP

2.FOTO COPY SECOND ID (NAME TAG )

3.SLIP GAJI ASLI/SURAT KETERANGAN PENGHASILAN

4.FOTO COPY TRANSFER GAJI 3 BULAN TERAKHIR

5.FOTO COPY NPWP (PINJAMAN DIATAS 50 JT )

* MINIMAL GAJI PER BULAN RP.10.000.000,- *

* MINIMAL PINJAMAN Rp.75.000.000 *

* MAXIMAL PINJAMAN Rp.200.000.000 *

* BUNGA 1,36 % /BULAN *



PERSYARATAN DOKUMENT PENGAJUAN (FOTO COPY ANGSURAN/CICILAN RUMAH)

1.FOTO COPY KTP

2.FOTO COPY KWITANSI/BUKTI ANGSURAN RUMAH

3.FOTO COPY NPWP (PINJAMAN DIATAS 50 JT )

*MINIMAL NILAI ANGSURAN RUMAH Rp.4.000.000,-*/bulan

*MINIMAL PINJAMAN Rp.40.000.000,- *

*MAXIMAL PINJAMAN Rp.200.000.000,-*

*BUNGA 1,36 % /BULAN *

*BESARNYA PINJAMAN BERDASARKAN BESARAN NILAI ANGSURAN RUMAH *



PERSYARATAN DOKUMENT PENGAJUAN (FOTO COPY ANGSURAN PERSONAL LOAN dr BANK
LAIN)

1.FOTO COPY KTP.

2.FOTO COPY BUKTI PEMBAYARAN PERSONAL LOAN

3.FOTO COPY NPWP (PINJAMAN DIATAS 50 JT )


*MINIMAL BUKTI ANGSURAN PERSONAL LOAN DARI BANK LAIN Rp.1 JT*

*MAXIMAL PINJAMAN 15X NILAI ANGSURAN PERSONAL LOAN DARI BANK LAIN *

INFO : CHAIRUL SARTO UTOMO

NO : 085859467928 DAN 081225773175

Rocky said...

miris dengernya mas, tentara kita udah mati2an membebaskan papua, eh slh 1 asetnya, yaitu freeport yg merupakan tambang emas terbesar di dunia malah dijual ke kebo bule.

Teguh Rakhmat Mulyawan said...

gooodddd job. i like indonesia dari kekuatan pertahanan tersebut

riki said...

tapi sayang, sekarang ntah dimana keberadaan si KRI Irian yg "melegenda" tersebut?? kabarnya sudah ditarik kembali oleh negara pembuatnya...*SungguhBangsaYgTdkBisaMenghargaiBukti2SejarahnyaSendiri*

Kaos Penggugah Patriotisme! said...

dan skrg kondisi alutsista kita bgmn? ayo pemerintah bruan sadar. di zaman apaun, kekuatan alutsista itu penting.
ada ungkapan:
"untuk damai, kita jg harus bersiap untuk perang"

kata2 siapa ya?

sugianto harisantoso said...

Roket Ruang angkasa kita sdh ada wadah hukumnya tinggal kapan menggenjot dana yg ada utk spy cepat roket kita klar 2015, anak2 bangsa hrs terus mengingatkan pemerintah termasuk DPR dan kapan kita masuk bangsa2 yg ke 4 ? bisa berjalan2 di ruangangkasa. Indonesia hrs bisa.....Salam NKRI........

Roswendah Sitorus said...

saya gak nyangka indonesia dulu negara yang sangat kuat di masa pemerintahan Pak Soekarno.

Makasih mas atas postingannya

Dims Cholis said...

Kapal kri irian itu ditarik kembali ke uni soviet dan di dinas militer uni soviet sampai negara it terpecah pecah/runtuh sayangnya kapal kri irian pada zaman memasuki kekuasaan rusia mulai dibesi tuakan/atau dihancurkan untuk diambil bajanya atau besinya,kemudian mig mig kita sudah pada dipensiunkan sebenarnya kalau semua pesawat tempur masa lalu kita dioperasionalkan kembali dgn sedikit pembeharuan pada mesinnya kita menjadi negara dgn angkatan udara terstrategis ke 3dunia(maksudnya walaupun pesawat sedikit dan tergolong tua namun teknologi supersonicnya yg bikin strategis)kita mengetahui bahwa dijaman sekarang supersonic sudah jarang dibuat,kemudian apabila kita rajin aja bisa kita kembangkan supersonic menjadi hipersonic ataupun kecepatan cahaya, dan bomber strategis kita itu dijual ke india dan italia karena biaya perawatan yg mahal,dan kapal selam pesanan kita itu kelas kilo kayaknya gk ada gunanya untuk di ToT karena sudah di curi teknologinya oleh australia dan usa pada saat mata matai indonesia,perlu diketahui bahwa nanti kapal selam dari rusia itu teknologinya tak 100% ditempelkan oleh rusia karena rusia tak mau kapal selam kembanggaannya itu di sadap lagi pada saat sudah dirusia,yah kata pengamat sih thn 2020 indonesia menjadi negara terkuat ke 4 didunia melewati inggris,perancis,bahkan jerman semantara no 1rusia no2china no3usa

Waluyo Jatinom said...

Meskipun 8 tahun lebih baru, KRI Irian tetep tidak bisa menandingi persenjataan USS Iowa Class Battleship.

Anonymous said...

Mas, beltnya iowa 300mm sts steel mas, sama kri irian(sverdlov class itu 127mm

Faris Muhammad said...

Maaf, itu kok ada turret uss arizona di gambarnya ya?