Monday, February 22, 2010

Lapisan Luar Bintang Neutron, 10 Milyar Kali Lebih Keras dari Baja !


Benar-benar menakjubkan.
Para peneliti di Indiana University dan Los Alamos National Laboratory di New Mexico, Amerika, Mei 2009 lalu menganalisis bintang-bintang neutron, dan menemukan kesimpulan mengejutkan.

Lapisan luar bintang neutron, the crust, kerasnya ternyata setara dengan 10 Milyar (10.000.000.000) kali kekuatan besi baja! Ini adalah salahsatu material terkeras yang diketahui manusia yang ada di alam semesta.
Mungkin yang belum kita ketahui ada yang jauh lebih keras lagi.

Apa itu bintang neutron ? Bintang neutron adalah bintang raksasa yang telah mati energi fusi nuklirnya, meledak dalam skala Supernovae, dan kolaps menjadi sebuah benda yang jauh lebih kecil, hanya beberapa puluh kilometer, dengan kepadatan yang ekstrim. Kepadatannya hanya bisa dikalahkan oleh Lubang Hitam (Black Hole). Seberapa kepadatannya? 1 sendok teh material bintang neutron, beratnya 100 juta ton! Bayangkan saja.

Manusia telah menemukan cara menciptakan fusi nuklir, energi yang membakar bintang-bintang raksasa di alam semesta. Mungkinkah manusia nantinya juga akan bisa menciptakan material super yang sekeras 10.000.000.000 baja ? Apa saja yang bisa dibuat dari itu? Sendok stainless steel yang tidak bisa bengkok? Kerangka bangunan super kokoh? Atau mungkin pesawat ruang angkasa yang tidak mempan ditabrak meteor? Apa lagi menurut Anda?



Me learn more please :
Star Crust Is Ten Billion Times Stronger Than Steel , National Geographic.
Star Crust 10 Billion Times Stronger Than Steel, Physicist Finds, Sciencedaily.
Neutron star crust is stronger than steel, MSNBC.