Friday, October 7, 2011

BEAUTIFUL MACHINES : Concorde !

1

2

Bisakah sebuah mesin terbang melebihi kecepatan suara?
Bisa, kecepatannya dikenal sebagai kecepatan Supersonic, Mach 1, 1235 km/jam.

Inilah Concorde, pesawat komersial tercepat dalam sejarah manusia, dan mungkin juga pesawat yang paling cantik yang pernah dibuat. Concorde adalah pesawat komersial yang pernah terbang dari tahun 1976-2003. Sementara Boeing 787 Dreamliner (2009) hanya berkecepatan 900 km/jam (Mach 0.85), Concorde memiliki kecepatan Supersonic, Mach 2, dua kali kecepatan suara, mencapai 2170 km/jam. Pesawat biasa terbang dari Paris ke New York dalam waktu 8 jam, waktu yang sangat panjang. Dengan Concorde, waktu yang ditempuh hanya setengahnya, 3,5 jam.

Di masa pembuatannya, Inggris dan Prancis bercita-cita menciptakan pesawat terhebat di dunia, pesawat yang kecepatannya begitu tinggi dan revolusioner sehingga pesawat ini akan menjadi pesawat yang digunakan semua orang untuk berkeliling dunia. Dan kemudian lahirlah Concorde dengan segala kecanggihan teknologinya. Tanggal 2 Januari 1976, Concorde secara resmi diperkenalkan ke seluruh dunia.




Saat ini, pesawat-pesawat yang terbang dengan kecepatan Supersonic hanya pesawat-pesawat tempur canggih. Pesawat ini sama cepat dengan pesawat tempur siluman F-22 raptor, bahkan lebih cepat dari pesawat tempur F/A-18E/F Super Hornet (Mach 1,8).

Pencapaian teknologinya begitu hebat, karena pesawat ini kecepatannya nyaris menyamai kecepatan peluru (Mach 2,5-3), tapi harus membuat penumpangnya merasa nyaman dan aman selama perjalanan. Pesawat ini memang dibuat untuk menunjukkan superioritas teknologi industri penerbangan Inggris dan Prancis, terutama atas pesaing terbesarnya, Amerika. Dan selama bertahun-tahun, Concorde menjadi kebanggaan dari British Airways dan Air France.

Ini memang benar-benar pesawat warisan masa lalu yang legendaris. Penerbangan eksperimental pertamanya tahun 1969 disaksikan seluruh dunia di televisi hitam putih. Concorde sama menakjubkannya dengan pendaratan manusia di bulan, sebuah pencapaian besar manusia yang pernah dicapai di masa lalu, tapi saat ini sepertinya sulit dicapai kembali di masa kini. Concorde berhenti terbang karena biaya relatif mahal dan keuntungannya belum bisa diraih. Suaranya yang kencang juga menimbulkan masalah.

Tapi ribuan orang di dunia sudah sempat merasakan keajaiban Concorde. Tapi mungkin, dengan kemajuan teknologi manusia yang makin pesat, mungkin suatu hari nanti kita bisa melihat pesawat seperti Concorde terbang kembali.




5 comments:

Just My Life said...

om, update terus dong blognya, bermanfaat banget ini blognya om.. :)

Astro Physics Boy said...

asalam. mas eko, saya seorang mahasiswa pendidikan fisika, calon guru, alhamdulilah saya telah membeli buku, mas terima kasih inspiratif sekali, bolehkan tulisan2 mas saya adaptasi di blog saya? terima kasih ya mas eko salam kenal, kalau ada waktu mampir ke UPI bandung.

Eko said...

Just my Life, Astro Physics Boy, terimakasih sudah berkunjung. Silakan kalau ingin mengutip artikel di blog saya. dan kapan-kapan saya akan mampir ke UPI Bandung ya, Tq. Eko Laksono.

salman said...

greetings of friendship, success belongs to everyone,, may still be successful in the dream and what can be happy people are in love ...

orang indonesia said...

tulisan anda sangat inspiratif, nakasih