Tuesday, January 1, 2013

SUPER JAKARTA 2015 !


Oleh Eko Laksono, penulis buku Imperium III



Apa impian anda untuk Jakarta masa depan? 
Bagaimana kita bisa mengubah kota yang sesak, kotor, dan kumuh menjadi kota masa depan yang menyenangkan, mencerahkan, dan membahagiakan? Bagaimana Jakarta, bisa sejajar dengan kota-kota besar lain di dunia? Mungkin Jakarta bisa menjadi sebuah utopia, dimana terdapat taman-taman besar yang indah dan hijau dimana anda bisa bersenang-senang dengan keluarga. Mungkin jalan-jalan keliling Jakarta akan menyenangkan karena transportasinya modern dan menyenangkan seperti di negara maju. Mungkin disana ada perpustakaan yang menyenangkan dimana kita bisa membaca apapun yang kita senangi, tanpa harus membayar mahal. Mungkin di Jakarta akan ada banyak tempat-tempat kuliner baru, yang tidak saja enak tapi juga tidak mahal.

T A M A N   J A K A R T A   1

Taman Tribeca, Central Park Mal, Jakarta

Taman Jakarta akan diinspirasi oleh Central Park New York. Taman raksasa ini akan menjadi taman Jakarta berkelas internasional, dirancang arsitek landscape terkemuka, dan indahnya akan jauh melebihi taman-taman di pemukiman-pemukiman termewah se-Jabodetabek. Konsep taman yang super eksklusif akan berubah menjadi taman super inklusif dimana akan menciptakan utopia bagi jutaan warga Jakarta dari semua kalangan. Mereka akan bisa menikmati taman yang indah, piknik atau berolahraga, membaca di bawah pohon sambil minum cappuccino, bahkan menikmati konser di taman.

Jakarta bisa punya taman besar seperti ini.
Kebun Raya Cibodas, luas 125 ha, Foto : Mardibros 


Malam hari di Bryant Park, New York.
Di weekend sering diadakan pertunjukan musik dan nonton bareng.

Taman ini juga akan memicu Urban Regeneration dan akselerasi ekonomi kawasan, seperti Central Park yang merubah rawa-rawa kumuh di pinggiran kota menjadi kawasan paling eksklusif di dunia. Taman ini juga akan dilengkapi danau yang cantik, food court berkelas high class mall tapi terjangkau, dan open air library.

J A K A R T A   S U P E R   L I B R A R Y

Perpustakaan UI Depok, dan Starbucks Coffee

Ini adalah bagian dari strategi besar Jakarta Renaissance City. Kebangkitan Bangsa dipicu oleh ledakan kecerdasan. Seperti keluarga Medici di Florence membangkitkan kecerdasan seluruh Eropa dengan mendorong seni dan membangun Laurentian Library yang memicu pembelajaran besar-besaran ilmu-ilmu Yunani. Masalisasi pengetahuan yang masif ini kemudian diperbesar lagi magnitudenya dengan penemuan Mesin Cetak Gutenberg. Seluruh Eropa membaca, dan mereka bangkit menjadi peradaban cerdas. Renaisans

Semua tokoh-tokoh besar, pemimpin-pemimpin besar, orang-orang paling jenius seperti Einstein dan Newton, bahkan manusia-manusia terkaya di dunia seperti Bill Gates dibentuk di perpustakaan. Semua tokoh besar mempunyai hobi yang sama, yaitu membaca buku, dan mereka senang menghabiskan banyak waktunya di perpustakaan. Jakarta Super Library akan menjadi perpustakaan terbesar di Indonesia, jauh lebih besar dari Perpustakaan Universitas Indonesia, dimana jutaan warga Jakarta dan Indonesia akan menyerap seluruh ilmu pengetahuan terbaik dan terhebat di dunia. Jakarta, bisa seperti Florence, Athena, dan Paris di masa Enlightment, kota yang begitu sarat dengan aura kecerdasan. Jakarta, akan menjadi kota yang akan mendatangkan jaman Pencerahan bagi seluruh Indonesia.



Waalse Krook Urban Library Concept, Gent, Belgia

Konsepnya akan berbeda dari perpustakaan yang sepi dan membosankan, menjadi seperti toko buku yang meriah, modern, dan menyenangkan. Bayangkan jutaan anak-anak sekolah Indonesia yang tidak mampu, akan belajar tentang Einstein, Newton, atau Bill Gates, Steve Jobs, dan semua tokoh-tokoh besar di dunia dengan penuh semangat karena tidak harus keluar biaya sedikitpun. Jutaan warga yang tercerahkan akan segera tercipta. Renaisans!

JAKARTA SMART TRANSPORT


Bayangkan keliling kota Jakarta dalam bis dingin ber-AC, sambil santai memainkan iPad. Transportasi Jakarta tidak lagi hanya murah, efisien, dan menyenangkan, tapi juga memicu produktifitas dan kreatifitas. Disini akan disediakan wifi berkecepatan tinggi, dimana kita bisa bekerja, belajar, atau mendapat hiburan gratis untuk refreshing.

JAKARTA WORLD-CLASS CULINARY CITY

Cinnamon Restaurant,
Mandarin Oriental, Jakarta

Para pedagang dan pengusaha makanan di seluruh Jakarta, dari kaki lima pinggir jalan, warteg, sampai restoran besar akan mendapat pelatihan rutin dari chef-chef ternama Indonesia, bahkan sampai kelas internasional seperti para Chef berkelas Michelin, koki terbaik dari Singapura, China, dan Taiwan, dan Superchef seperti Heston Blumenthal dan Jamie Oliver.




Para pemilik usaha makanan juga akan mendapat video-video pelatihan, bisa melihat proses memasak berkelas internasional dari Youtube dengan bahasa Indonesia, dan mendapat berbagai buku, majalah, atau selebaran ringkas memasak berkualitas internasional. Seluruh Mie Ayam, Soto, Rujak, sampai Steak dan Dim Sum di Jakarta akan memiliki standar internasional, tidak kalah dari Singapura.


Video Heston Blumenthal, Superchef dunia

PUSAT SAINS DAN TEKNOLOGI JAKARTA

Tujuan Pusat Sains dan Teknologi ini adalah menciptakan jutaan manusia Indonesia yang memiliki pengetahuan teknologi yang sangat tinggi. Keunggulan dan kemakmuran sebuah bangsa, seperti di Barat, akan ditentukan oleh level teknologinya. Di pusat sains ultra-modern ini jutaan warga Jakarta, termasuk anak-anak sekolahnya akan bisa belajar semua teknologi terbaik di dunia, dari teknologi pesawat terbang (dengan video yang dijelaskan langsung oleh pak Habibie), mobil supercanggih masa depan, cara membuat barang-barang elektronik tercanggih seperti iPad/Tab, LCD TV, 3D TV, teknologi antariksa, nanoteknologi, bioteknologi, sampai semua teknologi yang didasari fisika kuantum seperti Komputer Kuantum.

BMW i8 dengan mesin hybrid tercanggih 
yang bisa menghemat bensin sampai 30km/1 liter.

Konsep Science Center ini akan meniru Epcot Center, yang menggabungkan teknologi masa depan dengan hiburan, dan menjadi salahsatu pusat hiburan yang paling banyak dikunjungi orang di seluruh dunia setelah Disneyland.

JAKARTA SUPER FESTIVALS



Jakarta akan menjadi salahsatu kota paling menyenangkan dan meriah di dunia. Selalu akan ada karnaval, petunjukan musik dari band-band ternama dalam negeri sampai band dan penyanyi terkenal dunia, dari dangdut, campursari, sampai musik jazz.



Dan itulah sebagian impian Jakarta kita untuk saat ini. Mungkin anda punya impian lain?


2 comments:

borescope said...

keren kali ya kalo jakarta seperti itu

timbangan said...

tamannya cakep2 banget yak