Thursday, May 1, 2008

KEMAJUAN EKONOMI KOREA SELATAN

Samsung 40 Inch Full-HDTV Lcd TV, LG PRADA
Simbol-simbol Keunggulan Teknologi Korea Selatan

Kiri : LCD Samsung, high-definition television.
Samsung sekarang adalah perusahaan elektronik terbesar di dunia, melebihi Sony. Tahun 2005, Samsung dinobatkan oleh Interbrand sebagai merek terpopuler di dunia, mengalahkan Sony.

Kanan : LG ”Prada”.
Pemenang berbagai penghargaan desain paling bergengsi dunia, International Forum Design 2007, dan Red Dot Design Award, ”Best of the Best”. Menurut banyak pihak,”iPhone” dari Apple yang sangat terkenal itu semata-mata tiruan dari produk ini. LG bahkan sekarang dikenal sebagai ”The New Apple”, dan ”The New Sony”.


Dalam waktu tidak terlalu lama,
Korea mungkin akan jadi lebih hebat dari Jepang dan Amerika.



Anyong haseyo? (Halo!)

1950. KOREA SELATAN adalah salahsatu negara termiskin di dunia. Sama miskinnya dengan negara-negara termiskin di Afrika dan Asia. Di tahun 1960-an, bahkan Korea Utara masih lebih baik keadaannya dari Korsel. Ekonominya hanya bersandar pada pertanian, belum lagi sempat hancur gara-gara pendudukan Jepang dan Perang Korea. Tapi itu dulu.

Dalam 4 dekade, Korea Selatan berubah cepat dari negara termiskin, menjadi salahsatu Negara paling kaya dan tercanggih di dunia dengan nilai ekonomi Trilyunan dollar.

Tahun 1963, GDP perkapitanya cuma $100. Tahun 1995 sudah $10.000. 2007 kemarin, $25.000. Goldman Sachs meramalkan Korea tahun 2050 nanti akan jadi negara terkaya nomor 2 di dunia, mengalahkan semua bangsa lainnya kecuali Amerika dengan pendapatan perkapita $81.000. Korea, juga tercatat sebagai bangsa dengan kecepatan pertumbuhan ekonomi tercepat sepanjang sejarah. (Buat bangsa yang ingin cepat maju, silakan belajar).

Goldman Sachs, Korea 2050.

Produk-produk elektronik Korea, Samsung dan LG, telah menguasai dunia. Dari ponsel canggih, televisi plasma, LCD, sampai semikonduktor. LG sendiri sekarang adalah perusahaan pembuat panel plasma terbesar di dunia. Samsung, adalah konglomerat terbesar di dunia, yang hanya kalah oleh General Electric.

Industri pembuatan kapal Korea, Hyundai dan Samsung Heavy Industries, adalah yang terbesar di dunia dan mengalahkan Jepang tahun 2004. Hyundai, juga menjadi perusahaan otomotif ke 5 terbesar di dunia.

Korea juga telah jadi negara termaju di dunia dalam hal infrastruktur teknologi. Sejak tahun 2000, seluruh masyarakat Korea telah menikmati jaringan internet 100 Mbit/detik, siaran televisi interaktif high-definition, teknologi komunikasi 4G.


Seoul, Ibukota Korea Selatan.

Awalnya biasa saja.
Ekonomi dibangun dengan membangun industri-industri standar negara berkembang, tekstil, sepatu, yang mudah dan ringan. Tapi pemerintah sudah sekaligus mempersiapkan segalanya, infrastruktur, sumberdaya, dan pengetahuan untuk level industri selanjutnya. Industri berat dan strategis, baja, otomotif, perkapalan. Bukan untuk dimajukan, tapi untuk mengusai dunia.

Sejak awal, strategi besar Korea adalah export oriented. Mereka harus mempersiapkan diri dan berjuang untuk merebut pasar dunia! Ini akibat dari keadaan yang sama seperti Jepang, sumberdaya alam yang sangat terbatas dan pasar dalam negeri yang kecil. Export Oriented! Berjuang keras sejak dini untuk merebut pasar dunia.

Pemerintah memberikan dukungan yang kuat untuk dunia usaha. Infrastruktur, modal yang murah, pajak rendah untuk industri unggulan, dan, sumberdaya manusia berkualitas tinggi. Birokrasi dibuat super efisien dan berkualitas tinggi. Para birokrat dididik dengan proses belajar dan disiplin kelas dunia. Hanya yang terbaik yang ada dalam birokrasi. Yang tidak efisien, langsung dipotong. Tidak ada waktu untuk birokrasi korup.

Para konglomeratnya, Hyundai, Samsung, dan LG juga adalah pejuang yang sangat nasionalis. Mereka pada dasarnya akan berjuang mati-matian menembus pasar dunia demi kemajuan bangsa Korea. Dengan, atau tanpa bantuan dari pemerintah.

Para pemimpin Korea juga punya visi yang sangat maju dalam penyerapan dan pengembangan teknologi. Inilah kunci dari semua bangsa-bangsa termaju. Tahun 1959, pemerintah Korea sudah mendirikan Korean Atomic Energy Commision. Pertengahan tahun 1960, Kementerian Sains dan Teknologi dibentuk. Lalu Korea Institute of Science and Technology yang dibentuk untuk riset industrial.

Dan setelah itu, proses pembelajaran sains dan teknologi dilakukan secara besar-besaran. Para ilmuwan asing dan segala macam teknologi terbaru dari Barat diserap habis-habisan. Persis seperti Jepang. Riset dan penelitian digalakkan, orang-orang serta badan-badan riset yang unggul diberi dana yang sangat besar oleh pemerintah. Industri-industri dengan potensi pasar masa depan yang besar dianalisis dan dikejar habis-habisan, baik oleh pemerintahnya maupun swasta.

Industri-industri utama Korea Selatan sekarang adalah otomotif, semikonduktor, elektronik, pembuatan kapal, dan baja. Korea juga dengan intens mengembangkan industri-industri strategis masa depan, seperti Nanoteknologi, Bioteknologi, Teknologi Informasi, Robotika, dan teknologi ruang angkasa.

Korea
mempunyai robot humanoid ke 2 di dunia, HUBO, robot berkepala Einstein. (Robot humanoid pertama dunia adalah Asimo dari Jepang). Korea juga berambisi menjadi "World's Number 1 Robotics Nation”, bangsa pengguna robot terbesar dunia, 2025 nanti.

"THE KOREAN BIG SECRET!"

Dan bagaimana cara agar bangsa Korea punya kemampuan yang tinggi untuk menyerap sains dan teknologi ? Kuncinya adalah ....

Pembangunan manusia-manusia unggul!
Manusia-manusia unggul yang punya kemampuan tinggi dalam menyerap ilmu dan teknologi. Pembangunan manusia-manusia unggul, lewat pendidikan unggul. Pendidikan terbaik di dunia.


Sejak lama, pemerintah telah berjuang agar anak-anak Korea memiliki nilai matematika dan sains yang tinggi. Tidak dalam ukuran Korea sendiri, tapi dalam skala global. Jadi sistem pendidikan terbaik di dunia harus dibentuk.

Ahli-ahli pendidikan terbaik di dunia, pakar-pakar sains dan teknologi termaju didatangkan untuk membentuk sistem pendidikan Korea. Berbagai usaha dilakukan agar universitas-universitas di Korea bisa sejajar, dengan Harvard dan MIT, terutama dalam advanced science dan technology.

Sejak awal 70-an, walaupun sangat berat, pemerintah telah memberikan lebih dari 20% anggarannya untuk mengakselerasikan proses belajar bangsa itu. Untuk menciptakan generasi super cerdas. Anak-anak Korea juga didorong untuk belajar ke kampus-kampus paling terkemuka dunia, Harvard, Princeton, MIT.

Dan Korea telah berhasil. Tingkat IQ Korea secara nasional adalah yang tertinggi di dunia. Dan anak-anak Korea juga memiliki ranking teratas dalam kemampuan matematika, sains, problem solving, dan membaca dalam peringkat OECD, Organisation for Economic Co-operation and Development.

Awal tahun 2008, Alia Sabur, gadis Amerika berusia 19 tahun keturunan Iran dinyatakan sebagai Profesor termuda dunia. Ia sekarang mengajar di Universitas Konkuk, Seoul, Korea Selatan.





Burj Dubai, Gedung Tertinggi di dunia.
Dibangun oleh Samsung Engineering & Construction
.







Wikipedia, South Korea
Gateway to Korea, Korea.net

"Some 103,000 Korean students study at American schools of all levels, more than from any other country, according to American government statistics. In higher education, only India and China, with populations more than 20 times as large, send more students than South Korea.
'Preparing to get to the best American universities has become something of a national obsession in Korea,' said Alexander Vershbow, the American ambassador to South Korea."
S. Korean schools push students for Ivy League results,
Sam Dillon, The New York Times.

The new Sony? It's a Samsung
2009 North American Car of the Year, Hyundai Genesis

Orang-orang muda Korea yang Ngetop di dunia.

Joe Hahn, anggota band Linkin Park. Amerika keturunan Korea.
Joseph Kahn, pembuat video klip paling ngetop di Amerika, menyutradarai video U2 (Elevation), Mariah Carey, Britney Spears, Eminem, Gwen Stefani, dan banyak lagi. Amerika keturunan Korea.
Hee Ah Lee, The four fingered pianist. Gadis yang bisa memainkan piano klasik hanya dengan 4 jarinya.
Hero Ha, populer di Youtube, balita umur 4 tahun yang lancar menyanyi lagu-lagu The Beatles!
Sungha Jung, juga sangat populer di Youtube, anak 11 tahun yang sudah bisa main gitar klasik dan lagu-lagu populer seperti para profesional.
Park Ji-Sung, 27 tahun, pemain di Manchaster United!



Jadi kenapa ?
Kenapa Korea bisa menjadi bangsa yang sangat kaya raya dan paling maju di dunia ?
Kenapa sebuah bangsa bisa maju ?

7 comments:

Jonathan Haryanto said...

Ada lagi sebuah fakta yang harus kita cermati tentang korea, yaitu tentang perindustriannya.Produk korea mendapat perhatian begitu luas karena bermutu dan murah jika dibandingkan dengan produk Jepang, AS, dan Eropa. Teknologi Korea sebanding dengan teknologi negara tersebut. Produk Korea mendapat pengakuan dunia sehingga mendorong Malaysia memperoleh keahlian negara tersebut untuk membangun jembatan terpanjang ketiga di dunia, yaitu di Pulau Pinang.

indoneter said...

terimaksih infonya,
sangat membantu.

Eko said...

Trims juga sudah berkunjung Indoneter.

Anonymous said...

keren .... info-nya sangat berguna

fhixsappletehattus said...

tetapi, nampaknya blog anda terlalu meninggi-kan korea selatan. menurut pandangan saya yang bersumber dari situs-situs utama dunia dan tayangan tv, korea selatan belumlah semaju yang dikira. PRODUK korea selatan dgn mudah ditrima di luar negeri karena seiring dengann K-POP yg trus berkembang.
produk korsel yang bermutu dan murah, hal ini tidak mutlak benar. produk jepang bahkn sampai barang canggih skalipun brharga lumayn murah

Anonymous said...

Kemajuan korea tidak diikuti pengembangan jmlh populasi mereka....semakin banyak yg tidak menikah n jmlh anak dari hasil perkawinan jmlhnya sedikit....makanya mereka masukan pekerja asing di pabrik2 mereka..

Ronald Cahya said...

dari info yang disampaikan berkaitan dengan kemajuan dari perekonomian Korsel,kita semua sebagai bangsa Indonesia mengambil hal positif dari bangsa Korsel adalah etos Kerja keras,Ulet,berintegritas dan tekun,khususnya nih bagi Pemerintah Negara kita tolong belajar dari Pemerintah Korsel,betapa perhatiannya mereka terhadap rakyatnya sekaligus pembayar Pajak