Thursday, April 9, 2009

Makhluk Hidup yang Bisa Hidup Selamanya Ditemukan


Ubur-ubur Turritopsis Nutricula


Anda tidak percaya suatu makhluk hidup bisa hidup, selama-lamanya? Anda mungkin harus berpikir ulang.

Para ilmuwan menemukan suatu jenis ubur-ubur laut, yang ternyata bisa hidup selama-lamanya. Ubur-ubur bernama Turritopsis Nutricula.

Awalnya para ilmuwan meneliti penyebab terjadinya ledakan populasi ubur-ubur kecil ini baru-baru ini. Turritopsis Nutricula aslinya berasal dari lautan Karibia yang hangat, tapi sekarang telah menyebar ke seluruh dunia, sampai Amerika, Italia, dan Jepang. Sampai akhirnya para ilmuwan menemukan sebabnya. Ubur-ubur ini, secara biologis, tidak bisa mati.


Ubur-ubur ini ternyata setelah dewasa dan kawin, bisa memutar ulang kondisi biologisnya, meregenerasi seluruh selnya, menjadi muda lagi. Proses regenerasi sel ini dalam sains disebut transdiferensiasi (transdifferentiation). Dan ini bisa mereka lakukan terus menerus. Artinya, mereka tidak akan menjadi tua, tetap muda terus, dan tidak akan mati secara biologis.

Transdiferensiasi berarti sel yang mencapai tahap tertentu, bisa berubah menjadi sel lain, yang lebih baru dan muda. Sama seperti Salamander atau cecak yang bisa mengganti bagian tubuhnya yang rusak, ubur-ubur ini mampu meregenerasi seluruh sel-sel tubuhnya menjadi muda kembali.



Note :
Tidak bisa mati secara biologis artinya tubuh dan sel-sel mereka bisa meregenerasi ulang kembali fungsi-fungsi biologisnya sehingga struktur biologis mereka tidak mengalami penuaan. Tapi mereka bisa tetap mati karena faktor-faktor eksternal, seperti dimangsa binatang lainnya, kerusakan lingkungan ekologis, dan seterusnya.





6 comments:

infoGue said...

Hi salam kenal, ayo gabung bersama kami dan promosikan artikelmu di infoGue.com. Telah tersedia widget shareGue dan pilihan widget lainnya serta nikmati fitur musikgue.infogue.com, game online & kamus online untuk kamu para netter Indonesia. Salam!

Wiwied said...

Masa sih?
Mungkin tubuh nya aja yang tetep utuh, tapi jiwa nya bisa mati.
Mungkin :D

Eko said...

Halo mas Wiwied, judulnya believe it or not. tapi sains sih cuma akan bisa membuktikan fisiknya aja kayaknya. kalau jiwa, urusan malaikat mungkin..

Anonymous said...

Kalau memang ada mahluk seperti itu (Ubur-ubur)yang hidup sepanjang masa karena regenerasi Sel dalam tubuh secara biologis, berarti akhirnya terbukti teori-teori tentang regenerasi sel alami. saya curiga manusia pun bisa meregenerasi sel nya sendiri tanpa bantuan teknologi atau IPTEK. setuju bro info nya bagus banget..

Eko said...

trims banget. saya kira penelitiannya memang sedang dilakukan. salam el.

Anonymous said...

kepada komentator yang ada disini anda keliru jika makhluk ini tak bisa mati. maksudnya immortal disini adalah makhluk ini tidak bisa mati karena penuaan, artinya mahkluk ini tak bisa menjadi tua. tapi dia tetap bisa mati akibat dibunuh dimangsa oleh predator atau mati karena penyakit. coba anda bayangkan apa jadinya kalau anda tidak bisa menjadi tua bahkan dapat menjadi muda kembali.

JADI singkat nya ubur2 ini bisa berguna bagi yg mendambakan usia panjang.

saya berani bayar berapa pun jika bisa hidup seperti highlander