Saturday, July 18, 2009

10 FILM TERBAIK, TERBESAR, dan 1001 Hal Paling Menarik Tentang Film



Apakah anda pencinta film?

Ini adalah satu-satunya di dunia peringkat 10 Film Terbaik Hollywood hasil kompilasi dari berbagai sumber terbaik sekaligus. Sumbernya terutama adalah Academy Awards (Oscar), Golden Globe, pujian dan inspirasi para tokoh besar Hollywood (Spielberg, Lucas, Cameron, Scorcesse), kritikus utama Hollywood Roger Ebert, dan juga peringkat populer berdasarkan survei masyarakat seperti IMDb.



10 FILM TERBAIK DI DALAM SEJARAH


1. Citizan Kane (1941).

Film terbaik no. 1 sepanjang masa versi “AFI 100” (American Film Institute), TIME, dan kritikus Roger Ebert.

2. Shawshank Redemption (1994).

Film no. 1 di IMDb dari 250 film terbesar (The Internet Movie Database). Salahsatu film terbaik pilihan Roger Ebert. Film paling inspiratif di dunia.

3. Seven Samurai (1954).

Film yang dikagumi Spielberg, George Lucas (Star Wars), dan Scorsese.

4. Schindler’s List (1993).

Pemenang 7 Oscar termasuk “Best Picture” dan “Best Director” (1993). Film terbaik Spielberg.

5. Godfather (1972).

Film terbaik sepanjang masa versi majalah ”Empire”. No.2 dalam ”AFI 100” setelah ”Citizen Kane”. No.2 dalam survei “IMDb 250”. Mendapat Oscar “Best Picture” dan “Best Actor” Marlon Brando, dan “Best Adapted Screenplay” Mario Puzo.

6. 2001 : Space Odyssey (1968).

Film sains-fiksi terbaik no. 1 AFI dan ”Online Film Critics Society”.

7. Star Wars : The Empire Strikes Back (1980).

Film terbaik dari seluruh seri Star Wars. 4 Bintang dari Roger Ebert.

8. Rocky (1976).

”Yo Adrian!!”. 10 Nominasi Oscar, dan memenangkan 3 termasuk ”Best Picture” dan ”Best Director”. Dibuat dengan biaya hanya US$ 1 Juta dan mendapat US$ 117 Juta.

9. The Lord Of The Rings : Fellowship of The Rings (2001).

Pemenang 4 Oscar 2002 termasuk ”Best Picture”. Film fantasi terbaik no.2 sepanjang masa versi AFI (no. 1 adalah Wizard of Oz, 1939). Salahsatu film tersukses secara finansial (US$ 870 juta di seluruh dunia) yang sekaligus banyak mendapat award.

10. Lawrence of Arabia (1962).

Pemenang 7 Piala Oscar. Karya besar David Lean yang dianggap “The Master” oleh Steven Spielberg.



Fun Note :
Steven Spielberg : “Sebelum aku menyutradarai sebuah film, aku akan selalu menonton 4 film : ‘Seven Samurai’, ‘Lawrance of Arabia’, ‘It’s a Wonderful Life’, dan ‘The Searchers’”.



1. Citizan Kane (1941).



"Rosebud...."

Inilah film yang dianggap paling revolusioner dalam sejarah film dunia.

”Citizen Kane” disutradarai sekaligus diperankan oleh anak muda genius bernama Orson Wells, yang baru berumur 25 tahun (dan belum pernah membuat film sebelumnya).

”Kane” menceritakan perjalanan hidup seorang konglomerat media super kaya, Charles Foster Kane. Hidup di Xanadu, istana raksasa di puncak bukit yang lebih megah dan mewah dari istana raja-raja sekalipun (lengkap dengan kebun binatang berisi gajah dan akuarium berisi gurita), tapi sesuatu serasa hilang dalam hidupnya.

Waktu kecil dia hidup miskin, tapi ia menikmati hidupnya. Apalagi saat musim salju ia bisa bermain dengan papan seluncur kesayangannya. Saat dewasa ia berjuang di industri media, dan sukses besar, bahkan ia mulai mempunyai kekuatan politik.

Tapi ada sesuatu yang sepertinya tidak pernah dan tidak akan pernah ia dapatkan, kebahagiaan sejati. Semakin ia berlari mengejarnya, semakin jauh dia darinya. Ini tidak hanya misteri besar Citizen Kane, tapi misteri hidup kita semua umat manusia.

Film ini diceritakan secara flashback, dan di awal film, Kane yang sekarat di istananya membisikkan sebuah kata dengan lirih, ”Rosebud”. Inilah kunci misteri film ini, sesuatu yang hilang dari hidup seseorang yang memiliki segala-galanya.

(Citizen Kane seperti musik klasik. Semua orang mengakuinya sebagai mahakarya, tapi tidak semua orang perlu menyukainya atau memahaminya).

2. Shawshank Redemption (1994).

Andy Dufresne

Kalau polling didasarkan murni atas pendapat penonton, inilah juaranya. Dalam poll populer ”IMDb” yang dianggap paling mewakili pendapat umum, film ini menjadi nomor satu mengalahkan 250 film-film terbaik lainnya. Nomor 2-nya adalah ”The Godfather”.

3. Seven Samurai (1954).

Karya besar Akira Kurosawa yang spektakuler bahkan mempengaruhi sutradara-sutradara terbesar lainnya, seperti Steven Spielberg, George Lucas, dan Scorsese. Dan karyanya yang terbaik adalah ”Seven Samurai”.

Ceritanya sebuah desa petani sering didatangi gerombolan perampok yang jahat. Dan mereka tidak bisa berbuat apa-apa. Lalu sang tetua desa meminta warganya mencari bantuan dari samurai-samurai di kota. Para samurai yang berani, kuat, tapi harus mau dibayar murah karena desa itu miskin. Apakah mungkin?

Ternyata, mereka malah mendapatkan 7 samurai terbaik, para ksatria sejati yang akan bertempur semata-mata demi membela kebenaran. Tujuh samurainya masing-masing mempunyai karakter spesial.

Ada Kambei sang pemimpin yang tegas, Gorobei yang jago panah, Kyuzo yang pendiam tapi mematikan, Heihachi yang selalu ceria, ada yang masih muda, dan ada yang setengah gila tapi ternyata bijaksana, namanya Kikuchiyo (diperankan Toshiro Mifune, aktor besar Jepang). Sangat seru dan menyenangkan.

4. Schindler’s List (1993).

Berlatar Perang Dunia II. Bagaimana seorang pengusaha oportunis, Oscar Schindler, yang paling tidak punya perasaan di dunia, berubah menjadi malaikat yang berjuang demi menyelamatkan sesamanya? Salahsatu tokoh antagonisnya, Amon Goth sang perwira Nazi dianggap sebagai salahsatu karakter paling mengerikan dalam sejarah film. Salahsatu film terbaik Spielberg.

5. Godfather (1972).

Film gangster terbaik dan paling brutal. Pemerasan, penipuan, pembunuhan, penculikan, apa saja dilakukan untuk mendapatkan apa yang diinginkan, Kekuasaan atas seluruh dunia kejahatan.

Inilah kisah kehidupan keluarga Mafia terkuat yang jahat dan sangat teroganisir, keluarga Corleone. Penuh intrik, tipu daya, dan mematikan. Pemeran utamanya antara lain Marlon Brando dan Al Pacino.

Akting Brando sebagai sang Godfather berhasil memenangkan Oscar dan menjadi salahsatu ikon terpenting dalam sejarah sinema.

6. 2001 : Space Odyssey (1968).



Film yang super metafisikal. Tentang manusia, kemajuan, dan apa ujung dari semuanya.

Dianggap revolusioner di zamannya dan sekarangpun anda akan menemukan adegan-adegan paling spektakuler dalam sejarah sinema.

Anda bisa melihat momen imajiner dimana kera-kera primitif pertamakalinya melihat sebuah benda yang begitu asing, seperti dari luar angkasa, yang memprovokasi mereka menjadi makhluk berkecerdasan, dan menghasilkan ”teknologi” pertama. Adegan langsung meloncat ke abad ruang angkasa, tahun 2001, dan kita ikut dalam perjalanan ruang angkasa yang menakjubkan dengan pesawat masa depan menuju Space Station 5.

Stanley Kubrik mempersembahkan khayalan masa depan yang detail dan visioner, bahkan untuk ukuran sekarang. Dan tentu juga petualangan spiritual manusia, dari zaman primitif, masa penguasaan luar angkasa, sampai akhirnya umat manusia akan ”terlahir kembali”, sebagai sebuah entitas galaktik mungkin?

7. Star Wars : The Empire Strikes Back (1980).

"Obi-Wan never told you what happened to your father"

Star Wars adalah salahsatu serial film terbaik di dunia, dan "Empire” adalah yang terbaik dan paling provokatif dari semuanya. Endingnya dianggap sebagai salahsatu ending yang paling mengejutkan dalam sejarah film ketika Darth Vader mengatakan kepada Luke Skywalker siapa jati dirinya yang sebenarnya.

8. Rocky (1976).

Film terbaik Academy Awards ini ceritanya ditulis sendiri oleh Silvester Stallone. Jadi Stallone bukan sekedar aktor laga berotot besar, tapi juga penulis cerita sekelas Oscar.

Cerita seorang underdog yang selalu menarik, seseorang yang tidak pernah diperhitungkan, dan sering disepelekan. Rocky, si petinju amatiran dari sebuah kota kecil ingin mencoba-coba mengalahkan sang juara tinju dunia? Sepertinya tidak mungkin. Tapi dia mendapat kesempatan sekali seumur hidup, dan berjuang sedemikian kerasnya sampai kekuatannya berlipat ganda.

(Naskah "Rocky" yang menjadikan si penulisnya ini menjadi bintang ditulis hanya dalam 3 hari, Empire mag. Oktober 2005)

9. The Lord of The Rings : Fellowship of The Rings (2001).

Film pertama, dan terbaik dari seri ”The Lords of The Rings”. Adegan prolognya "The Last Alliance of Elves and Men", dan ketika para ksatria berada di kedalaman Moria dan berhadapan dengan sesuatu yang mengerikan disana benar-benar menakjubkan. Film ini menjadikan Peter Jackson, yang sebelumnya nyaris tidak dikenal, menjadi salahsatu orang paling berpengaruh di Hollywood setara Spielberg, Lucas, dan Cameron.

10. Lawrence of Arabia (1962).

Steven Spielberg menyebut film ini sebagai “Miracle”. Karya besar David Lean ini adalah salahsatu film paling heroik dalam sejarah film yang juga dikagumi George Lucas dan Martin Scorsese.

Lawrence cuma tentara muda biasa, sebenarnya cerdas, tapi agak nakal, suka bertingkah seenaknya, dan malah senang melawan atasannya sendiri. Atasannya iseng menugaskannya ke Arabia untuk sebuah tugas, atau sekedar ingin mengusirnya.

Tugasnya, membujuk para kepala suku Arab untuk memberontak melawan tentara Turki yang berpersenjataan jauh lebih modern di pusat kekuatannya di Aqaba.

Karena kejujuran dan kenekatannya, Oren (baca: Lawrence) menjadi dikagumi dan dihormati orang-orang Arab itu. Ia akhirnya berhasil mempersatukan para penguasa padang pasir untuk memulai perang yang dianggap mustahil dimenangkan.

(Bahkan Steven Spielberg menganggap David Lean adalah ”The Master”).

Note:
Kalau anda sudah menonton film-film diatas, anda mungkin mau mencoba Casablanca, Gone With The Wind, Battleship Potemkin, The Searchers.



10 FILM TERBURUK DALAM SEJARAH FILM !

Ini adalah film-film terburuk dan paling amatiran yang pernah dibuat dalam sejarah. Kebanyakan disini adalah para pemenang Razzie Award (Golden Raspberry Awards), ”penghargaan” khusus buat film-film terburuk yang diberikan tiap tahun.


1. Plan 9 From Outer Space (1959).
2. Gigli (2003). J-Lo dan Ben Affleck.
3. Battlefield Earth (2000).
4. Catwoman (2004). Halle Berry.
5. From Justin to Kelly (2003). Kelly Clarkson.
6. Ballistic : Ecks Vs Sever (2002).
7. Dumb and Dumberer : When Harry Met Lloyd (2003).
8. Batman and Robin (1997).
9. Stop or My Mom Will Shoot.
10. The Hottie Vs Nottie (2008). Paris Hilton.



1. Plan 9 From Outer Space (1959).


Its soooo bad, its good!

Film tentang penyerbuan alien ke Bumi, dengan piring terbangnya yang seperti mainan, kelihatan gantungan talinya, dan goyang-goyang terus tidak karuan. Film ini begitu aneh dan noraknya, sehingga malah jadi lucu untuk ditonton. Film ini sekarang menjadi Cult Classic (apa itu Cult classic? ).

2. Gigli (2003).

Filmnya J-Lo dan Ben Affleck (waktu itu sedang hangat-hangatnya pacaran). Hanya diproduksi untuk mengambil momentumnya. Jangan nonton film ini untuk alasan apapun.

3. Battlefield Earth (2000).

Film buruk biasanya tidak mengundang perhatian, tapi yang satu ini dibintangi John Travolta (Face Off, Pulp Fiction), yang bintangnya tengah bersinar. Film ini ”sukses” memenangkan 8 piala Razzie untuk hampir semua kategori utama. Karir Travolta yang sempat bangkit praktis pudar pasca film ini.

4. Catwoman (2004).

Perempuan Kucing? (really bad translation) yang punya kekuatan super, dengan busana minim meloncat lincah dari gedung ke gedung, memakai sepatu hak tinggi! Menerima 4 Razzie Award, tapi Hale Barry (pemenang Oscar dalam Monster’s Ball), dengan besar hati dan penuh humor menerima sendiri pialanya.

5. From Justin to Kelly (2003).

Kelly Clarkson, si “American Idol” pernah bikin film. Dibuat terburu-buru demi memanfaatkan ke-ngetopan namanya. Epic failure.

6. Ballistic : Ecks Vs Sever (2002).

Sutradaranya orang Thailand (tapi minimal sudah ada orang Thailand yang masuk Hollywood).

7. Dumb and Dumberer : When Harry Met Lloyd (2003).

Nggak perlu dibahas. Hanya sayang saja karena “Dumb and Dumber” yang original, yang dibintangi Jim Carrey adalah salahsatu film paling lucu dan menyenangkan yang pernah saya tonton.

8. Batman and Robin (1997).

George Clooney (“Siriana”, “Good Night, and Good Luck”) menjadi Batman. Arnold Schwarzenegger jadi Mr. Freeze. Film ini sebenarnya menjadi Box Office dan mengumpulkan US$ 238 juta di seluruh dunia. Tapi saking buruknya, Warner Brothers sampai tidak mau lagi meneruskan film ini. Filmnya terlihat seperti dunia mainan super norak berwarna-warni yang terlihat mahal sekaligus murahan.

9. Stop or My Mom Will Shoot!

Sang Rambo yang ganas berperan sebagai polisi, berpasangan dengan nenek-nenek tua? Kedengarannya ide yang lucu untuk film komedi. Sayangnya tidak lucu dan tidak ada yang tertawa.

10. The Hottie Vs Nottie (2008)

Filmnya Paris Hilton. No further comment. Trims.



10 FILM DENGAN REKOR BOX OFFICE TERTINGGI


1. Titanic ................................................. $ 1,842,879,955
2. The Lord of The Rings : The Return of the King .. $ 1,119,110,941
3. Pirates of the Caribbean : Dead Man’s Chest ..... $ 1,066,179,725
4. The Dark Knight ...................................... $ 1,001,921,825
5. Harry Potter and the Philosopher's Stone ............ $ 974,733,550
6. Pirates of the Caribbean: At World's End ............ $ 960,996,492
7. Harry Potter and the Order of the Phoenix .......... $ 938,212,738
8. The Lord of the Rings: The Two Towers ............. $ 925,282,504
9. Star Wars Episode I: The Phantom Menace .......... $ 924,317,558
10. Shrek 2 ................................................. $ 919,838,758

Berdasarkan Box Office Mojo, 9 Juli 2009


1. Titanic.

Salahsatu peraih Oscar terbanyak dalam sejarah film, 11 Oscar sekaligus (“Ben Hur” dan ”The Lord of The Rings : The Return of The King”, juga dapat 11 Oscar).

Proses produksi awalnya seperti “bencana” betulan. Budgetnya membengkak sampai US$ 200 juta, waktu pembuatannya molor terus, dan ini adalah film tentang tenggelamnya sebuah kapal, No happy ending. Plus, jagoannya juga akan mati di akhirnya. Tapi hasil akhirnya seperti anda sudah ketahui sendiri. Sejak Titanic, James Cameron (Aliens, Terminator, T2) resmi jadi sutradara kelas A Hollywood.

Fun Facts :
(Waktu umur 15 tahun, James Cameron menonton "2001: Space Odyssey" dan seketika ingin jadi pembuat film).

2. The Lord of The Rings : The Return of the King

Puncak epik “Lord of the Rings”. Frodo dan sahabatnya Sam sampai di kaki Mount Doom. Dan sang raja kegelapan Sauron telah mengumpulkan seluruh pasukannya dan sudah hampir hidup kembali.Salahsatu peraih Oscar terbanyak, 11 Oscar termasuk ”Best Picture” dan ”Best Director”.

Sutradara Peter Jackson pernah hampir putus asa karena ditolak begitu banyak studio besar. Tapi dia akhirnya berhasil meyakinkan New Line Cinema bahwa mereka mampu membuat sebuah film yang dahsyat dengan biaya yang jauh lebih murah dengan memfilmkan 3 film sekaligus di Selandia Baru.

3. Pirates of the Caribbean : Dead Man’s Chest.

Film kedua dari trilogi “Pirates of The Carribean”. Film ini menjadi lumayan menarik karena Johnny Depp memainkan perannya dengan sangat menawan. Tapi tidak sesegar film pertamanya, “The Curse of Black Pearl”.

4. The Dark Knight.

Heath Ledger, The Joker

Salahatu film superhero terbaik. Sejajar dengan Superman II dan Spiderman 2. Penampilan Heath Ledger sebagai ”The Joker” benar-benar spektakuler, hampir seseram penampilan Hanibal Lecter dalam “The Silence of the Lambs”. Memenangkan Oscar sebagai “Best Supporting Actor”. And, Why so seriouss?!

5. Harry Potter and the Philosopher's Stone.

Film pertama “Harry Potter”. Disutradarai Chris Columbus, yang terkenal dengan “Home Alone” (MacCaulay Caulkin), “Mrs. Doubtfire”, dan “Nine Months” (Hugh Grant). Kritikus Roger Ebert menyatakan film ini bernilai klasik.

Harry, anak biasa yang tinggal di kota Surrey Inggris, tahu-tahu masuk ke dalam dunia lain yang ajaib, penuh misteri, sihir, monster, unicorn dan hal-hal mistikal lainnya. Atmosfernya lumayan menyeramkan dan gelap buat anak-anak, tapi petualangan Harry, Hermione, dan Ron sangat seru dan menegangkan.

6. Pirates of the Caribbean: At World's End.

Seri terakhir dari Pirates of The Caribbean. Film pertama lebih fresh.

7. Harry Potter and the Order of the Phoenix.

Maaf belum nonton..

8. The Lord of the Rings: The Two Towers.

Pertempuran terakhir saat bangsa manusia dan Elves mempertahankan benteng Helms Deep, dan ”bangsa pohon" raksasa Ent yang membanjiri Isengard benar-benar tak terlupakan.

Pertempuran ”Helm’s Deep” disebut CNN.com sebagai salahsatu adegan pertempuran terdahsyat dalam film (CNN.com, The Best, And Worst Movie Battle Scenes). Dan tentu saja… "They ssstole it from us... my precioussss. Curse them! They're filthy little thieves!”.
Gollum, yang menjadi “hidup” di film kedua ini.

9. Star Wars Episode I: The Phantom Menace.

Hate it, seperti film fantasi anak-anak (dan Jar-jar Binks!). Trilogi aslinya (episode IV-VI) adalah yang terbaik, seriously saya berharap prequelnya tidak pernah dibuat.
Messin’ up with my most cool memories!

10. Shrek 2.

Film dengan penjualan tertinggi tahun 2004 mengalahkan Spider-Man 2. Shrek yang pertama lebih seru dan imaginatif.



10 FILM SAINS FIKSI TERBAIK

Sambil nonton, sekalian terbuka wawasan sains dan futuristiknya.

1. 2001 : Space Odyssey (1968).
2. Trilogi Star Wars : A New Hope, The Empire Strikes Back, Return of The Jedi.
3. E.T : The Extra Terrestrial (1977).
4. Alien (1979)/Aliens (1986).
5. Blade Runner (1982).
6. Dark City (1998).
7. Contact (1997).
8. The Matrix (1999).
9. Close Encounters of The Third Kind (1977).
10. Terminator 2: Judgement Day (1991).



1. 2001 : Space Odyssey (1968).

2. Trilogi Star Wars : A New Hope, The Empire Strikes Back, Return of The Jedi.

Inilah serial fantasi terbesar dalam sejarah film.

Darth Vader : Luke, I, am your….

Luke Skywalker: NOOOOOOOOOOO!!&@%$#!!!! NOOOOOO!!!!!!!!

Trilogi Star Wars yang asli (The original trilogy) adalah film petualangan ruang angkasa berskala epik, masif, heroik, filosofis, dan begitu kaya imajinasi untuk orang dewasa. Darth Vader dan Storm Troopers (yang meniru pasukan Nazi Jerman, Sturmtruppen) adalah musuh yang brutal, kejam, dengan ambisi raksasa untuk menguasai seluruh galaksi. Dan Luke Skywalker hanyalah seorang anak petani dari planet Tatooine.

Tapi Luke ditakdirkan menjatuhkan seluruh kekuasaan Imperium Galaktik, The Empire, dan sang penguasa Darth Vader. Dan Luke tidak pernah tahu siapa sebenarnya Darth Vader yang harus ia hadapi.

3. E.T : The Extra Terrestrial (1977).

Film ini saya tonton waktu masih kecil, nonton bareng di video malam-malam bersama semua saudara-saudara dengan lampu dimatikan. Benar-benar seru dan menyenangkan mengikuti petualangannya.

Kalau anda melihat film Steven Spielberg, anda akan menyaksikan keajaiban, sense of wonder.

Ketika anda melihat E.T, anda akan percaya kalau itu makhluk angkasa betulan. Kalau melihatnya hanya sekilas, anda mungkin membayangkan orang kecil memakai kostum. Tapi kalau anda benar-benar perhatikan, anatominya benar-benar tidak memungkinkan. Kakinya terlalu pendek, tangannya terlalu kurus dan panjang. Sampai akhirnya anda melihat leher E.T tiba-tiba bisa menjulur panjang! Pastilah itu makhluk ruang angkasa betulan. Itulah movie magic dari Spielberg.

Dan dalam film Spielberg (seperti dalam E.T), kotanya bukan hanya sebuah kota, tapi sebuah kota yang hidup, anak-anak yang bermain dan berangkat sekolah, tukang antar pizza di malam hari, pesta Halloween yang meriah di jalan-jalan, semuanya benar-benar ramai dan menyenangkan.

Spielberg dan sutradara-sutradara terbesar lainnya selalu menggunakan teknologi termaju yang membuat ceritanya jadi hidup dan magical. Anda bisa melihatnya di film James Cameron ”Terminator 2” dan “Aliens”, George Lucas dalam “Star Wars”, dan Peter Jackson “The Lord of The Rings”. Kalau anda sudah melihatnya sebelumnya, maka keajaibannya hilang seperti kerupuk yang basi kena angin.

Fun Fact :

Untuk membuat E.T, Spielberg menggunakan sistem yang rumit yang menghabiskan biaya US$ 1,5 juta (Lihat Wikipedia, E.T: The Extra Terrestrial).

Tapi teknologi hanya bagus kalau ceritanya juga bagus dan magical. Elliot hanya anak biasa yang tinggal di sebuah daerah di pinggir kota California. Dia punya masalah-masalah biasa dengan teman-temannya, ibunya yang sudah cerai dengan ayahnya, dan kakaknya yang tidak memperhatikannya. Elliot merasa kesepian dan mendambakan seorang teman.

Sampai suatu malam di berjalan ke gudang belakang rumahnya dan menemukan sesuatu, sesosok makhluk aneh yang ternyata datang jauh dari luar angkasa. Dia mendapat sahabat, yang berasal dari planet lain. Tapi ternyata E.T sudah diincar oleh agen-agen pemerintah, dan mereka ingin menangkapnya untuk dijadikan eksperimen. Dan keajaiban berubah menjadi petualangan yang menegangkan.

4. Alien (1979) / Aliens (1986).

"Alien" dibuat oleh Ridley Scott (Gladiator, Kingdom of Heaven). "Aliens" dibuat oleh James Cameron, sutradara film Titanic.Di film "Alien" para awak pesawat antariksa raksasa Nostromo harus menghadapi sesosok makhluk asing yang mulai menghabisi mereka satu persatu.

Hey Vasquez, have you ever been mistaken for a man?”



Di film "Aliens" milik James Cameron, Ripley dan sepasukan marinir bersenjata berat harus berangkat menyelamatkan 70 keluarga karyawan perusahaan kontraktor Wayland-Yutani di planet lain yang telah kehilangan kontak. Sesampainya disana, ternyata tidak ada orang samasekali. Plotnya menggambarkan bagaimana para karakternya bersikap menghadapi kematian yang brutal dalam wujud ratusan makhluk-makhluk mengerikan.

Anda bisa melihat kontras karakternya diantaranya antara Hudson (Bill Paxton) si marinir yang sok jago tapi lalu jadi suka mengeluh, dengan Newt, gadis kecil yang tetap tenang walaupun sempat tertinggal sendirian di planet penuh monster itu.

5. Blade Runner (1982).

Pernah nonton dulu waktu kecil. Yang teringat cuma gambaran kota masa depannya yang futuritis, visioner, dan sangat muram (dan selalu hujan). Bercerita tentang seorang polisi yang diharuskan memburu 4 manusia robot yang kabur ke Bumi dan sedang mencari penciptanya. Salahsatu film terbaik Ridley Scott (Alien, Gladiator, Kingdom of Heaven).

Di 2007, disebut sebagai film no.2 dengan visual paling berpengaruh oleh Visual Effects Society, VES (No.1 adalah…. Star Wars, 1977).

6. Dark City (1998).

Kritikus film Roger Ebert menyatakan ini adalah film terbaik di tahun 1998 yang khayalannya nyaris menyamai ”2001”.

John Murdoch tiba-tiba terbangun dalam sebuah bak mandi. Masih setengah sadar, dia tiba-tiba diburu polisi, dan dituduh berhubungan dengan serangkaian pembunuhan ritual yang mengerikan di kota itu.

Lalu dia juga menyadari sesuatu yang aneh. Kota itu terlihat selalu gelap, dan malam seperti tidak pernah berakhir. Dan setiap tepat tengah malam, dia melihat semua orang-orang di kota itu tiba-tiba jatuh tertidur, serentak, dan seluruh kota tiba-tiba berubah bentuk secara ajaib. Apa ini cuma mimpi buruk? Semua tertidur kecuali dia, sampai dia menyadari ada orang-orang lain yang tidak tertidur dan membayangi dia. Manusia-manusia berwajah pucat. Dan ternyata mereka bukan manusia, dan Murdoch, tidak berada di kota seperti yang dia kira.

Disutradari Alex Proyas yang juga menyutradarai ”The Crow” (1994, film dimana pemeran utamanya Brandon Lee terbunuh).

7. Contact (1997).

Apakah mungkin di luar angkasa nun jauh disana ada kehidupan lain? Jauh diantara bermilyar-milyar bintang dan galaksi? Atau apakah kita sendirian? Dan kenapa Tuhan menciptakan alam semesta yang begitu luasnya kalau hanya ada kita disini?

Sebuah film yang mengajukan pertanyaan penting dan menarik tentang keberadaan kita di alam semesta. Dibintangi Jodie Foster (The Silence of The Lambs).

8. The Matrix (1999).

Pernah merasa kalau hidup kita ini seperti mimpi yang kita tidak bisa bangun? Kenapa ngga minum pil biru saja? Karena kalau anda mengambil pil merah anda akan terbangun, tapi di dunia yang tidak terlalu menyenangkan juga..

9. Close Encounters of The Third Kind (1977).


10. Terminator 2: Judgement Day (1991).

James Cameron bertanya, bagaimana kalau anda sudah mengetahui masa depan, dan di masa depan, seluruh Bumi sudah dikuasai mesin-mesin yang mematikan? Bagaimana kalau hanya anda sendiri yang mengetahuinya, dan hanya anda sendiri yang bisa mengubahnya? Bagaimana mungkin kita mengubah masa depan, yang sudah terjadi?

Sarah Connor : No fate..




10 Film Action Paling Dahsyat.

1. Die Hard / Die Hard 2.

Film action terbaik sepanjang masa versi ”Entertaiment Weekly” dan MTV2.

2. Star Wars episode VI : Return of the Jedi.

3. Terminator 2: Judgement Day.
4. Independence Day.
5. The Matrix.
6. Braveheart.
7. The Lords of The Rings, Return of The King
8. Aliens.
9. Speed.
10. Indiana Jones, Raiders of the Lost Ark.

Film Action klasik lain : Lethal Weapon, Predator, Rambo, Spiderman 2, Gladiator, Robocop, Dark Knight (bagus tapi sedikit overrated, kecuali untuk penampilan Heath), Seven Samurai, Road Warrior (Mad Max 2).

Fun Note :

Dalam syuting “Road Warrior”, Mel Gibson kedinginan sampai menggigil selama syuting malam dan pagi hari di padang pasir Australia. Tapi begitu sang sutradara berkata “action”, Mel langsung berakting seakan-akan tidak ada apa-apa sedikitpun. Dan begitu sutradara berteriak ”cut”, dia akan kembali menggigil sampai para krew harus mengambilkannya selimut. Moral of the story-nya adalah, bahkan aktor sebesar Mel Gibson pun bekerja sedemikian disiplinnya untuk membuat sebuah film. (1)


1. Die Hard / Die Hard 2.

John McClane cuma polisi biasa.

Dia hanya ingin menjemput istrinya Holly yang bekerja di Nakatomi Plaza. Tapi kebetulan, ternyata gedung itu akan dikuasai para teroris genius dan bersenjata berat yang akan membobol simpanan salahsatu perusahaan multinasional terbesar di seluruh dunia.

McClane harus bertempur nyaris sendirian dengan para teroris itu. Dan ratusan polisi, tim SWAT dan FBI yang sudah mengepung gedung pencakar langit itu nyaris tidak bisa berbuat apa-apa.

Dalam Die Hard 2, McCLane berhadapan dengan teroris yang lebih sadis. Mereka menguasai komunikasi lapangan terbang, dan mengancam akan menjatuhkan satu-persatu semua pesawat-pesawat yang mengudara di atas bandara internasional Dulles. Idenya benar-benar mengerikan. Mampukah polisi McClane menyelamatkan mereka semua?

2. Star Wars episode VI : Return of the Jedi.


”Jedi” tidak cuma punya satu akhir klimaks yang dahsyat, tapi 3 sekaligus secara bersamaan.


Pertempuran diatas Endor Moon


Pertempuran angkasa yang melibatkan ratusan pesawat X-wing dan Tie Fighters, puluhan kapal induk Star Destroyers dan Super Star Destroyer, pertempuran darat antara pasukan Rebel/Ewoks dengan Imperial Stormtroopers di Endor, dan pertarungan terakhir antara Luke Skywalker dan Darth Vader/Emperor. Salahsatu momen aksi paling spektakuler dalam sejarah film.

3. Terminator 2: Judgement Day.

Perbedaan antara Terminator model T-800 (Arnold) dengan T-1000 (liquid metal Terminator) adalah seperti "Tank Panser" dengan "Porsche". Terminator 1 nyaris tidak bisa dihentikan, tapi T-1000 jauh lebih canggih dan berbahaya. Itulah visi Cameron. Walaupun robot, mereka harus punya karakter spesifik yang keren dan mematikan.

Efek spesial perubahan bentuk T-1000, morphing, saat itu sangat revolusioner dan belum pernah terlihat sebelumnya. Kita juga bisa melihat Sarah Connor (Linda Hamilton) menjadi jagoan wanita yang sangat dominan seperti Ripley dalam film ”Alien”.

4. The Matrix.

Salahsatu point penting dalam film aksi, selain ceritanya yang penuh aksi dramatis adalah penggunaan teknologi cutting edge (Star Wars, Terminator 2, Independence Day). Di The Matrix kita melihat pertamakalinya teknologi Bullet Time, yang menggunakan adegan super slow-motion dan memutar mengelilingi obyek (sang tokoh utamanya). Teknologi ini memperkuat visual karakter Neo yang digambarkan memiliki kekuatan superhuman dan bisa menghindari tembakan peluru.

5. Independence Day.




Menjelang Hari Kemerdekaan Amerika, 4 Juli. NASA mendeteksi sebuah benda angkasa yang luar biasa besar, yang ternyata adalah sebuah pesawat luar angkasa. Besarnya hampir seperempat Bulan. Dan pertempuran udara besar-besaran antara pasukan angkatan udara Bumi dengan armada pesawat Alien segera terjadi. Film paling ditunggu-tunggu di tahun 1996.

6. The Lords of The Rings, Return of The King.

Sauron telah mengumpulkan ratusan ribu pengikutnya, pasukan Orcs, gajah-gajah raksasa Mumakil, The Witch King, monster Nazgul, semuanya akan menuju pertempuran akhir di Pelenonr, padang luas di depan Minas Tirith, The White City, Kota para raja-raja. Para ksatria manusia dan the Fellowship akan mempertahankan kota raksasa ini untuk terakhir kalinya. Salahsatu pertempuran berskala terbesar dalam sejarah.

7. Braveheart.

Bagus, wajib tonton. Salahsatu film epik terbesar dari Mel Gibson. Seperti kata William Wallace, Apa artinya hidup kalau harus hidup dalam belenggu seumur hidup? Dan perang besar antara orang-orang Skotlandia dengan kerajaan Inggris yang berkekuatan besar pun dimulai. FREEDOOOOMMMMM!!#&!$

8. Speed (1994)

This bus... Is going way too fast."


Seorang teroris, Payne (Dennis Hopper) meletakkan sebuah bom diatas sebuah bis. Kalau kecepatannya mencapai 80 (50 mil/jam), bom itu akan menyala, dan kalau saja sempat turun dari 80, bom itu akan langsung meledak dan menghancurkan bis itu dan seluruh penumpangnya termasuk si cantik Annie (Sandra Bullock). Anggota tim SWAT Jack Traven (Keanu Reeves) harus berburu dengan waktu untuk menyelamatkan mereka.

Tidak cuma aksi jalan rayanya yang spektakuler, tapi adu pintar yang intens antara Jack dengan si teroris Payne sangat menegangkan. Disutradari Jan De Bont.

9. Aliens.

James Cameron ingin membuat film perang Vietnam yang brutal di ruang angkasa, dengan tentara-tentara terlatih berpersenjataan super canggih, tapi akan dikepung dan dihabisi oleh musuh-musuh yang paling primitif tapi sangat mematikan, binatang-binatang Alien. Tidak seperti kebanyakan film action yang jagoannya laki-laki berotot, tokoh utama di "Aliens" adalah Ellen Ripley (Sigourney Weaver), perempuan yang bertempur lebih hebat dari para marinir Amerika.

10. Indiana Jones, Raiders of the Lost Ark.

Mau ikut berpetualang ke tempat-tempat eksotik dan misterius? Indiana Jones harus berkeliling dunia memburu sebuah benda mistikal yang dikatakan berisi kekuatan gaib yang mengerikan. Kotak magis dari jaman Nabi Musa, yang berisi 10 perintah Tuhan, The Ark of Covenant.

Jones mengembara ke hutan rimba di pedalaman Peru, pergi ke pegunungan salju di Nepal, lalu ke Kairo, sebuah tempat mistikal di Mesir, dan masih berlanjut lagi. Dan dia berhadapan dengan suku terasing yang haus darah, diburu pasukan Nazi, dan ular, beratus-ratus ular yang sangat dibencinya.

Diproduksi oleh George Lucas dan Spielberg.

Fun note :

Walau idenya dari Lucas dan Spielberg, tapi hampir semua studio-studio besar awalnya menolak membiayainya karena dianggap akan terlalu mahal. Paramount akhirnya nekat membiayainya.

Naskah film “Star Wars” (1977) dari George Lucas juga ditolak United Artists dan Universal, dan betul-betul diragukan oleh 20th Century Fox yang setengah hati membiayainya.



My Other Highly Recommended Movies :

1. Crimson Tide (1995).

The three most powerful men in the world: the President of the United States of America; the President of the Russian Republic; and the Captain of a United States ballistic missile submarine.

2. The Negotiator (1998).
3. Air Force One (1997).
4. Good Will Hunting (1997).
5. Gandhi (1982)
6. Spartacus (1960, Stanley Kubrick).
7. Erin Brockovich (2000, Steven Soderbergh).
8. Kingdom of Heaven (2005).
9. Mississippi Burning (1988).
10. Ocean's Eleven (2001, Steven Soderbergh).
11. Things to Come (1936).
Ceritanya yang fantastis ditulis sendiri oleh H.G Wells.




10 Film Indonesia Terbaik

1. Naga Bonar Jadi 2.
Kalau anda sudah lama tidak merasa sebagai orang Indonesia, anda perlu menonton film ini. Sangat menyentuh.
2. Laskar Pelangi.
3. Naga Bonar.
4. Petualangan Sherina.
5. Ateng Mata Keranjang/Ateng Bikin Pusing. At-ng3...

6. Dongkrak Antik, Warkop.
Film Warkop paling lucu. HAHAHAHA!! ”Siapaa yang pesen minuman pake obat perangsang???#%$$!!!”. Lucu banget dan kreatif.
7. Bing Slamet Dukun Palsu.
8. Tjoet Nja’ Dhien (1986).
Kape-kape Belanda! Perang Aceh adalah perang terlama dan terpanjang dalam sejarah kolonial Belanda. Perlawanan para pejuang Aceh itu benar-benar dahsyat dan anda bisa melihatnya disini.
9. Gie.
10. Manis-manis Sombong (Pancaran Sinar Petromak).

Sorry, ini sebenarnya bukan benar-benar daftar film terbaik, tapi yang lebih penting, ini film-film yang paling aku suka.


10 Film Animasi Terbaik.

1. A Bug’s Life.
2. Princess Mononoke. Hayao Miyazaki.
3. The Incredibles. Brad Bird.
4. Iron Giant.
5. Mulan.
6. Aladdin.
7. The Emperor’s New Groove.
8. The Lion King.
9. Shrek.
10. Monster’s Inc.

1. A Bug’s Life.

"First rule of leadership: everything is your fault. It's a bug-eat-bug world out there, Princess".
Hopper (Kevin Spacey).

Flick adalah semut kecil yang kreatif. Seringkali dia dianggap remeh oleh semua semut lainnya yang hanya ingin hidup normal. Normal berarti termasuk harus hidup menjadi pelayan gerombolan belalang jahat selama-lamanya. Flick, semut kecil itu karena sebuah kecelakaan harus berhadapan dengan para belalang ganas itu, dan menemukan cara mengalahkan mereka. Film animasi yang lucu dan heroik.

2. Princess Mononoke.


Film animasi yang legendaris.
New York Post menyebutnya ”’The Star Wars’ of Animated Features”. Dan ini juga salahsatu film paling favorit kritikus Roger Ebert.

Dunia Hayao Miyazaki adalah dunia yang mistikal, indah, dan penuh keajaiban. Di Princess Mononoke, Hayao bercerita tentang peperangan besar antara alam dengan manusia. Dan ribuan tahun yang lalu, ”Alam” adalah para dewa-dewa penghuni hutan yang misterius dan monster-monster seram yang hidup dalam damai.

Tapi para manusia ingin menguasai hutan untuk diri mereka sendiri. Ini tentu membuat para penghuni hutan marah. Sekilas manusia terkesan jahat betul, tapi cerita Hayao Miyazaki tidak pernah sesederhana itu. Sang pemimpin, Lady Eboshi, harus menghidupi rakyatnya, dan sebagai pemimpin ia rela melakukan apapun, termasuk bertempur melawan para Dewa hutan, agar rakyatnya bisa makan.

Cerita dan karakter-karakternya kompleks, dan gambar-gambarnya, pemandangan hutannya, para penghuninya, semuanya sangat indah dan fantastis.

3. The Incredibles. Brad Bird.

Entertaiment Weekly memasukkan film animasi ini ke dalam daftar ”25 Film Action Terbesar”. Ada keluarga jagoan berkekuatan super, musuh yang ingin menguasai dunia dari markas di dalam gunung berapi, gadget yang fantastik, robot raksasa, pertempuran di laut, hutan, dan pusat kota dan sebagainya. Actionnya seru, kreatif, dan menegangkan.

Film ini dibuat oleh Brad Bird yang juga membuat ”Iron Giant”.

BRAD BIRD: ''The best action heroes are more often than not the ones who show a little fear. He's not gonna die, but it's gonna hurt.''

4. Iron Giant.

“You are, what you choose to be”.



Hogarth, seorang anak yang tinggal di pinggir kota, suatu malam mencurigai ada sesuatu terjadi di hutan gelap di dekat rumahnya. Dan dia menemukan sesuatu. Sebuah robot raksasa yang jatuh dari planet lain. Anak-anak lain mendapat mainan robot, dan Hogarth mendapat robot raksasa betulan.

Dan dari sana dia mendapat banyak petualangan seru, sampai akhirnya robot itu diburu oleh militer Amerika lengkap dengan tank, pesawat tempur, dan USS Nautilus yang bersenjata nuklir.

Nuansa perang dingin sangat terasa di film kartun ini dan menambah bobotnya. Lewat cerita ini diperlihatkan bagaimana robot itu belajar dari Hogarth bagaimana menjadi "manusia", dan menjadi "manusia" yang baik. Bahwa kita tidak harus melawan kekerasan dengan kekerasan walaupun kita bisa, tapi justru dengan kebaikan dan pengorbanan.

Suara robot raksasanya diperankan Vin Diesel, sebelum jadi bintang di ”Fast and Furious”.

5. Mulan.

Kerajaan China diserbu musuh yang paling menakutkan dari bangsa Han. Sang kaisar memangil para ksatria-ksatria terbaik untuk mempertahankan China. Ayah Mulan yang sudah tua dan sakit-sakitan juga dipanggil. Mulan yang tidak tega melihat ayahnya maju ke medan perang nekat menyamar sebagai laki-laki. Banyak kelucuan terjadi karena penyamarannya, dan ia bahkan akan berhadapan dengan sang pemimpin bangsa Han.

6. Aladdin.

Robin Williams! Robin yang sangat lucu berperan sebagai jin botol dari padang pasir yang bisa mengabulkan segala permintaan.

7. The Emperor’s New Groove.

8. The Lion King.

9. Shrek.

10. Monster’s Inc.

Lucu, idenya kreatif. Tentang dua sahabat monster juara mengumpulkan teriakan anak-anak.



That's it for now folks, thanks.

8 comments:

Rizky said...

mas, bisa bantu carikan film 80an judulnya :kereta api terakhir?" pemainnya gito rolies...

Eko said...

wah, kereta api terakhir aku belum pernah lihat tuh filmnya. baguskah? kalau film Tjoet Nyak Dien ada tuh di Youtube.

btw mas Rizky, terimakasih u undangannya ke purwokerto. saya saya ingin kesana. tapi dalam 3-4 bulan ini saya masih harus menyempurnakan buku dan ilmu saya. setelah itu baru saya akan berkeliling termasuk (dan terutama) ke purwokerto. ditunggu ya.

trims, anda adalah teman yang baik. EL.

lelaki said...

thanks bro.
jadi tau dhe film ap aj yg bgus.

oy.
prnah liad film fireproof?
bgus bnget filmnya.

ekoiex said...

wah keren mas...ijin tak masukin blog-ku yaa...thanks

hello it's rara! said...

wah, keren nih postingannya. minta ijin copy ke blog aku ya mas, ku tulis link nya dari blog ini kok hehe

FitraDarlian said...

bang minta izin copy ye hahaha....

FitraDarlian said...

mantappppp suka banget blog nya

elrahmat said...

MAKASIH INFO FILMNYA GAN