Tuesday, July 14, 2009

Avatar, Revolusi Dunia Film Masa Depan


Film Avatar, gambar awal, budget US$ 300 juta


Bahkan Steven Spielberg
meramalkan bahwa film ini akan menjadi film aksi 3 dimensi paling dahsyat. Steven Soderbergh berkata dengan antusiasme yang nyaris tidak terkendali, ”Potongan film yang sudah saya lihat...film ini akan benar-benar gila!”. (Soderbergh, sutradara peraih Oscar ”Erin Brokovich” dan ”Traffic”)

Avatar adalah film aksi laga sains-fiksi luar angkasa yang disutradarai oleh James Cameron, salahsatu sutradara terbesar Hollywood yang dikenal revolusioner. Dialah sutradara ”Aliens”, ”Terminator” dan ”Terminator 2”, dan ”Titanic” salahsatu peraih Oscar terbanyak dalam sejarah film, 11 Oscar termasuk ”Best Picture”. Dan ”Avatar” akan menjadi karya revolusionernya yang terbaru, Desember tahun 2009 ini, setelah ia vakum selama 12 tahun.

Avatar bercerita tentang seorang marinir, Jake Sully, yang bertugas di sebuah Bulan di orbit sebuah planet gas raksasa. Bulan itu dipenuhi hutan dan tanaman yang sangat indah, dan sekaligus sangat berbahaya dan mematikan. Penghuni lokalnya adalah para makhluk yang dinamakan Na’vi yang hidup dalam damai. Tapi manusia dan militer Bumi perlahan-lahan ingin menguasai sumberdaya Bulan itu.

Film ini akan menjadi film 3 Dimensi tercanggih yang akan dibuat dengan teknologi 3-D terbaru dan dibuat khusus, Stereoscopic 3-D. Difilmkan dengan menggunakan 197 kamera sekaligus secara bersamaan, dan real-time. Spesial efeknya juga akan dibuat bekerjasama dengan perusahaan Peter Jackson WETA Digital (The Lord of The Rings), dan perusahaan George Lucas, Industrial Light and Magic (Star Wars). Ini akan menjadi hibrid antara CGI, Motion capture, dan live action.

”Animasinya” tidak akan samasekali terlihat seperti animasi, tapi benar-benar seperti dunia nyata yang asli tapi penuh keajaiban. Kalau kita melihat animasi Gollum dalam ”The Lord of The Rings”, atau ”Hulk”, maka karakter dalam ”Avatar” akan jauh lebih maju.


Dunia Pandora, gambar awal


Desember 2009, akan menjadi waktu yang benar-benar ditunggu-tunggu semua orang, terutama industri film dan para pencinta film. ”Avatar” adalah sebuah revolusi besar terbaru, kedatangan masa depan industri film dari James Cameron. Ini akan menjadi Movie Event yang setara dengan “Star Wars” dan “The Lord of The Rings”. Desember 2009.

Great Expectations, Entertaiment Weekly

No comments: