Friday, September 4, 2009

Mobil Masa Depan Yang Sudah Mulai Dijual Di Indonesia, Toyota Prius


Toyota Prius, Mobil Hibrid Terlaris di dunia


Inilah mobil masa depan berteknologi canggih, Toyota Prius.
Toyota Prius adalah Mobil Hibrid, artinya mobil yang sudah bisa memakai 2 tenaga penggerak sekaligus, mesin bensin dan mesin listrik yang memakai baterai. Dan mobil masa depan ini telah mulai dijual di Indonesia sejak Juli 2009 ini.

Dengan teknologi hibrid, Toyota Prius menjadi mobil yang sangat irit bensin juga ramah lingkungan. Penggunaan bensinya bisa mencapai 21 km/liter bensin, nyaris 2 kali lebih irit dari mobil biasa yang hanya 10-11 km/liter! (Seandainya Kijang Innova bisa kayak gini..)

Mobil ini bahkan telah dinyatakan secara resmi oleh EPA, ”United States Environmental Protection Agency” dan “United States Department of Energy”, lembaga resmi pemerintah Amerika sebagai "Mobil Paling Irit di Amerika" (Most Fuel Efficient Vehicles 2009).

Karena iritnya Toyota Prius telah terjual 1.200.000 unit di seluruh dunia dan Amerika, dan menjadi salahsatu mobil terlaris di dunia. Bermacam penghargaan bergengsi juga telah diraih mobil ini, mobil terbaik Amerika, Eropa, bahkan di tahun 2003 pernah mendapat penghargaan dari ”Scientific American” karena Toyota sukses dalam memasarkan mobil berteknologi baru ini secara masal.

Harga Prius di Indonesia saat ini berkisar sama seperti Camry, sekitar Rp 600.000.000 (on the road). Tapi pihak Toyota mengharapkan harganya nanti bisa turun, sampai sekitar Rp 350-400.000.000, sedikit diatas Altis. Ini juga karena Prius mendapat saingan berat dari mobil hibrid lain, Honda Insight, yang harganya lebih murah.

Toyota Prius mempunyai 3 alternatif mode.
Pertama adalah Electric Mode (EV Mode), dimana mobil hanya akan menggunakan tenaga listrik dari baterai saja, dan tidak memakai mesin bensin. Ini terutama dipakai dalam kecepatan rendah.
Kedua, Eco Mode, economy mode, untuk keseimbangan terbaik antara efisiensi dan kecepatan. Akselerasi dan pemakaian AC akan sedikit dikurangi, tapi mobil akan bertambah irit 10-20%.
Ketiga, Power Mode (PWR), untuk akselerasi dan kecepatan.

1 comment:

mobil bekas said...

mobil impian setiap orang, sayang muahal. Huff.., kapan kebelinya ya?daripada bermimpi, saya ada alternatif nih bagi yang memimpikan punya mobil.Info untuk para bloger yang butuh info tentang harga mobil bekas dapat visit ke web iklan mobil, Mobil Bekas Indonesia. Siapapun juga bisa jual mobil bekas di sana