Wednesday, July 9, 2008

Memelihara Ikan Hias Air Laut I


Memelihara ikan hias laut

Memelihara ikan hias air laut
sebenarnya cukup mudah. Paling hanya dibutuhkan sedikit pengetahuan dan proses belajar untuk bisa benar-benar menikmati dunia bawah laut yang indah dan penuh warna-warni ini. Ini beberapa tips sederhana supaya akuarium laut anda bisa tetap indah untuk jangka waktu yang lama.

1. Jangan pernah, don’t, never, ever, langsung memasukkan ikan hias ke dalam akuarium yang baru di-setup.
Agar kondisi akuarium mendekati aslinya maka harus tercipta ”Siklus Nitrogen”. Air akuarium yang bersirkulasi akan menumbuhkan bakteri-bakteri pendukung kehidupan laut (aerob dan anaerob). Bakteri ini baru muncul sekitar 4 minggu.
Tips : Untuk awal anda bisa memasukkan beberapa ikan Green/blue Chromis (betok hijau) yang lumayan kuat dalam kualitas air yang belum baik. Jangan gunakan betok lain (biru atau biru ekor kuning) karena ikan ini agresif.

2. Ikan dibatasi sedikit saja.
Ikan terlalu banyak membuat ikan mudah stress dan mati. Pemberian makanan pun harus banyak dan kotoran cepat menumpuk. Kualitas air akan cepat turun, dan ikan laut pun mudah mati. Ikan yang banyak, hanya untuk akuarium yang canggih dan akuaris yang berpengalaman.
Tips : Pilih saja beberapa ikan yang paling cantik yang paling anda sukai.

3. Ikan baru wajib ”diaklimatisasi”.
Ikan yang baru dibeli dalam kantung plastik harus disesuaikan dulu suhunya dengan suhu akuarium.
Ambangkan ikan dalam plastiknya di akuarium 20 menit. Setelah itu buka plastiknya, masukkan sedikit air akurium ke plastik ikan baru, diamkan 10 menit. Setelah itu, ikan dapat dimasukkan ke akuarium. Matikan dulu lampunya agar tidak stress.


4. Berikan makan cukup 1 kali sehari saja.
Untuk ikan laut, lebih baik kurang daripada lebih. 1 kali saja sudah cukup. Makanan yang berlebih akan menurunkan kualitas air laut.

5. Live Rock !
Inilah senjata utama para aquaris berpengalaman dunia. Gunakan "Karang Hidup" sebanyak mungkin untuk menjaga kualitas air secara alami. Karang Hidup adalah karang yang ada banyak bagiannya berwarna ungu. Gunakan minimal 1/3 dari volume akuariumnya. Harganya cuma Rp 20.000-an per batu.

6. Tumbuhan, juga sangat bagus untuk menjaga kualitas air.
Utamanya Rumput Asam (Caulerpa Sertularioides), Rumput Jarum (Chaetomorpha) atau Anggur Hijau. Tumbuh-tumbuhan ini akan mengurangi kadar Nitrat secara signifikan dan membuat air lebih menyenangkan buat ikan.

7. Ganti air 20 % tiap 2 minggu sekali. Separuh, 1 bulan sekali. Air laut harganya tidak mahal, hanya Rp 5.000 per galon. Luangkan waktu 1-2 jam per 2 minggu untuk merawat akuarium anda.


8. Cek Ph dan Kadar Garamnya.
Kalau Ph-nya rendah, gunakan obat Kalkwasser (banyak dijual).
Mengecek Ph mudah sekali, hanya masukkan air akuariumnya sedikit ke alat tesnya, lalu ditetesi cairan pengukurnya. Lalu bandingkan warna airnya dengan kertas ukuran Ph berwarnanya. Harganya alat test Ph-nya lumayan mahal, (Rp 80.000 – 85.000), tapi hanya dipakai sekali-sekali saja.
Mengecek kadar garam gunakan Hydrometer. Harganya cuma Rp 20.000. Kadar garam yang normal ada penunjukknya di alatnya.

9. Akuarium Laut wajib memiliki Protein Skimmer.
Ini adalah alat yang paling signifikan dalam menjaga kualitas air laut. Harganya sekitar Rp 250.000-an. Semua akuarium laut, baik di toko ikan hias (Sumenep) maupun di Seaworld semua memakai Protein Skimmer.

10. Beli udang pelet 5 ekor (Lysmata amboinensis). Udang pelet sangat bermanfaat karena senang memakan bakteri Whitespot (bintik putih) yang kadang muncul pada ikan.

11. Pelihara ikan jabing 1 ekor kecil. Salahsatu masalah paling merepotkan dalam memelihara akuarium laut adalah pasir yang biasanya akan ditumbuhi lumut coklat. Ini membuat akuarium terlihat kotor, dan biasanya pembersihannya agak sulit. Solusinya sederhana. Ikan jabing (lawnmower blenny) akan membersihkan dasar pasir dari lumut kecoklatan karena dia senang memakan lumut itu. Ikan ini sekarang populer di kalangan hobiis karena tingkahnya yang unik dan menarik. Pilih yang kecil, karena kalau besar akan membuat pasir berantakan. Harganya sekitar Rp 15.000.

12. Suhu Terbaik adalah untuk ikan dibawah 28 derajat Celcius, dan coral 25 Celcius (dengan Chiller).

Thor Amboinensis


Memelihara ikan laut sedikit lebih sulit dari air tawar. Ikan laut sangat sensitif terhadap lingkungannya. Terutama kualitas air, dan sesama penghuni akuarium. Tapi yang penting adalah pengetahuan yang cukup, maka anda akan bisa menikmati keindahan laut dan penghuninya di dalam rumah anda.

Selamat mencoba, and be nice to the fish.

Tips seru :

1. Kalau anda mengisi akuarium anda dengan ikan-ikan kecil, akuarium anda akan terlihat lebih luas. Kalau diisi dengan ikan-ikan besar, akuarium akan terlihat lebih sempit.


Learn more..
Wiki, Marine Aquarium.


"The benefit of using live rock is fourfold: First, live rock acts as a biological filter, adding beneficial bacteria. Secondly, it introduces an abundance of marine life into the aquarium that many fish, invertebrates and corals use for food. Thirdly, it provides a natural reef appearance with ample places to locate corals. Lastly, live rock will also help balance and stabilize PH in the aquarium".

Berlin Method, Wikipedia

Wow, Akuarium raksasa Churaumi, Okinawa Jepang
Lihat videonya,
disini


ULTIMATE ANGEL AQUARIUM

146 comments:

ZelL said...

alowww..
mau tanya ne..
kalau air laut di aquariumnya berkurang kita tamba air tawarkan?
itu tambah berpa banyak ya?
hmm

Eko Laksono said...

heloww.
air yang berkurang karena penguapan (karena lampunya panas dan menguap), airnya diganti air tawar. tapi air tawarnya yang sudah diinapkan semalam ya, jangan langsung air baru..
dan jangan lupa mengganti air lautnya 20% tiap 2 minggu.
mudah-mudahan bermanfaat.

ary said...

kalo misalnya ikannya di kasih makan plankton bisa ga?

Dedy Witjayanto said...

Hi....
kalo airnya tdak diganti air lautnya 20% tiap 2 minggu tapi cuman ditambahin aja kalo menguap aja gimana?
trus biasanya pakan ikan selain rebon beku ama pelet (product:sera) ada ga?
kalo pakan buat tanamannya apa bro?
Thanks B4

Dedy Witjayanto said...

Masalahnya gw baru kemaren aja beli dan belum begitu paham bener, kalo bissa minta bimbingannya.
Thanks B4

Dedy Witjayanto said...

Sementara perawatan sekarang baru pake Aqumarin product dari Sera.
Thanks B4

Eko Laksono said...

Halo mas Dedy, sebenarnya memang agak sedikit merepotkan, tapi air ikan hias, baik air tawar, air laut, atau ikan koi di kolam, pastilah secara berkala mesti diganti. Ini untuk menjaga kualitas airnya agar tetap fresh bagi ikannya. Bila air laut tidak diganti dengan air laut juga secara berkala, pasti kualitas airnya akan berkurang dan ikan tidak bertahan lama. Bila terlalu merepotkan, air akan bisa bertahan lebih lama kalau ikannya tidak terlalu banyak (pilih saja beberapa yang paling bagus), live rocknya cukup banyak, dan tambah tanaman seperti rumput asam diatas. Pakan ikan selain diatas biasanya sawi putih yang ditenggelamkan.

Pemeliharaan untuk tanaman laut anemon biasanya hanya dianjurkan untuk yang sudah ahli dan berpengalaman, karena lebih rumit (pengaturan arus, kedalaman, lampu khusus, pemilihan tanaman yang sesuai) dan biaya peralatannya lebih mahal (spt chiller). untuk pemula sistemnya biasanya ikan saja plus karang hidup, FOWLR (Fish Only with Live Rock). Saya sendiri kebetulan masih belum memelihara anemon.

Terimakasih sudah mampir dan selamat mencoba mas Dedy.

Dicky said...

kalo untuk anak kozan bisa juga gak yah jadi hobis ikan laut????he hehe

Eko said...

bisa aja kayaknya kalo akuariumnya kecil mas Dicky, hehe.

Razaq's said...

Haloow mas

saya ingin memelihara ikan hias laut.
bagaimana cara membuat siklus nitragen?, fungsi skimmer apa ya mas?, apa bisa di gantikan dengan membuat alat yang lain?, kalau ingin membuat live rock apa suhu air menjadi pertimbangan juga mas?, jika ya, menggunakan apa ya agar suhu air tetap terjaga?

Eko said...

Halo mas Razaq, siklus nitrogen dengan mengisi akuarium dengan sedikit ikan yang lumayan kuat (sedikit, tidak boleh banyak), lalu kotorannya akan menimbulkan bakteri-bakteri bermanfaat di biobal atau batu-batu saringannya. prosesnya memakan waktu 1 bulan. itulah kenapa akuarium baru, tidak boleh diisi ikan sembarangan selama 1 bulan. skimmer utamanya u membuat air menjadi lebih sehat dan ikannya jadi lebih bahagia.. live rock yang penting suhunya tidak boleh terlalu panas. gunakan kipas angin atau cooler.

Razaq's said...

terima kasih mas atas jawabannya
jika airnya mulai keruh, karena mungkin filtrasi yang lama karena di pengaruhi besarnya aquarium (170 60 50)
jadi beningnya air lama, sehingga mengakibatkan air menjadi kotor.
kira2 solusinya gimna ya mas?
apakah bisa kira menetralkan hanya dengan ph saja?

thanks atas infonya mas

Razaq's said...

terima kasih mas atas jawabannya
jika airnya mulai keruh, karena mungkin filtrasi yang lama karena di pengaruhi besarnya aquarium (170 60 50)
kondisi ini mengakibatkan beningnya air lama, sehingga mengakibatkan air menjadi kotor.
kira2 solusinya gimna ya mas?
apakah bisa kira menetralkan hanya dengan ph saja?

Eko said...

silakan dilihat mas apakah saringannya sudah berfungsi benar, seperti apakah ada kapas yang benar-benar menyaring kotoran kasar. dan biasanya akuarium laut diganti airnya setiap 2-4 minggu sekali. kalau ada skimmer bisa lebih lama. Thx, El.

sugianto said...

Hallo Saya mo tanya nih,ada gak ikan laut yang ga cocok makan baby shrimp yang hanya cocok makan pelet saja?

Eko said...

halo juga mas Sugianto, kebanyakan bisa makan baby shrimp karena itu makanan aslinya di laut. beberapa akan lebih memilih daun-daunan, selada putih seperti tang, karena mereka herbivora. Trims. El.

Anonymous said...

Halo mas saya mau tanya lagi nih kalau kita membeli air harus yang sudah didiamkan berhari2 dulu atau air yang baru menurut anda yang mana yang lebih bagus

sugianto said...

Mas saya mo tanya Kira kira untuk mati lampu itu ikan bisa tahan berapa jam dan ada tidak alat yang untuk membantu ikan tersebut?

Eko said...

To mas Sugianto, pake aerator yang pake batere aja mas, banyak kok. To Anonymous, air lama biasanya untuk akuarium air tawar saja, untuk air laut, tidak perlu diinapkan dulu. trims.

rio said...

untuk aqurium laut ukuran 60x30x40 lampu yang cocok mgunakan berapa watt yah??

rio said...

terus untuk aquarium ukuran segitu apa perlu alat skimer??

Eko said...

helo Rio, skimmer menjaga supaya air lautnya kualitasnya tetap tinggi. kalau ikannya banyak skimmer diperlukan, kalau ikan yang dipelihara sedikit tidak terlalu perlu. lampu yang dipakai yang standar saja, yang cahayanya cukup terang.

Joshua said...

halo pak..
mau tanya..

klo seumpama hydromete menunjukkan kurangnya kadar garam, apa saya haru smengganti air lautnya atau menambah dengan garam biasa? seperti garam untuk makanan gitu?

Eko said...

hai joshua, kalau kadarnya sudah berkurang, harus diganti air laut, karena garam dapur adalah garam laut yang sudah diproses, jadi berbeda kandungannya. thx. el.

Joshua said...

tanya lagi om.. hehe..

punya rekomendasi tanaman yang gampang meliharanya ga? sekedar buat hiasan aja gitu yg warna-warni ;)

brapa kali coba tapi klo ga rontok, trus mati..

tips melihara tanaman laut gimana ya?

sebelumnya makasi banyak tuk penjelasannya ya..
sangat membantu ;)

Eko said...

buat joshua, dalam hobi akuarium laut dikenal istilah FOWLER, fish only with live rock, artinya ikan saja dengan karang hidup. itu karena pemeliharaan tanaman/anemon lumayan perlu penanganan profesional dan agak mahal (perlu chiller juga). kalau untuk hiasan, bisa gunakana rumput-rumputan laut yang juga berfungsi meningkatkan kualitas air. banyak yang bagus kok. mudah-mudahan sukses. el.

Joshua said...

pak, kenapa ya setiap beli ikan baru lalu ikan yg lama ko mati ya?

saya baru beli jenis ikan dokter, damsel, balon, dan pinguin 2 hari yang lalu..

hari ini saya beli ikan buntel, anggur hijau, dan rumput asem.. lalu beberapa jam kemudian yang damsel 2 dan dokter 2 mati semua..

kmarin" juga sering kasus begitu, selang brapa hari masukin ikan baru trus yang lama pasti mati..

itu kenapa ya pak? dan solusinya gimana?

Makasi..

Eko said...

bisa karena kualitas airnya masih harus ditingkatkan (skimmer), ikannya terlalu banyak (perbandingan luas akuarium dengan jumlah ikan terlalu padat), atau ikannya kurang cocok/agresif. lihat ikannya agresif apa tidak. coba deh pelajari juga di liveaquaria.com. salam El.

Joshua said...

o ya pak.. klo buntel yg badannya ada duri itu makannya apa ya? saya kasih rebon beku ko cuek aja ya?

punya rekomendasi makanan yg mungkin semua ikan lahap ga?

Eko said...

coba saja diberikan udang yang masih hidup, biasanya kalau di tokonya kan suka dikasih yang hidup.

Anonymous said...

Thx y mas eko,sblm saya pelihara ikan laut,saya bnyk baca2 bt nambah pengetahuan.Tulisan mas eko membantu bgd.Saya ank kost,jd ukuran akuarium saya 45x35x35.Fowlr,isinya 2 live rock yg besar2,1 deadrock bsr,pasir 5 cm,ada rumput asam dan anggur.Ikannya nemo 2,cicit 1,balong 1.Filter atas dgn busa biasa.. Kira2 udah ideal blm untk ukuran segitu?Mksh.. Saya pgn tambah kuda laut 1,kira2 kebanyakan gk ya?

Eko said...

trims juga. udah bagus kok. mungkin di filternya bisa ditambah batu-batu filter aja supaya nanti jadi tempat biofilter. mudah-mudahan tambah bagus akuariumnya. salam El.

Rafly said...

mas klw ikn kepe monyong biasa, makannya apa ya ? ,saya ksh cacing kering ko' g' mw ?

Eko said...

halo Rafly, ikan kepe kebanyakan a herbivora, makan daun-daunan/sawi putih. selain itu juga makan udang beku. salam, eko.

Anonymous said...

klw cara yg tepat menghilangkn white spot gmn ya ? apa bisa hanya dgn blue methyl ?

Anonymous said...

mas di aquarium (60x30x40) saya ada ikan nemo 2,cantik 1,butana kasur 1,dokter 1,kepe monyong biasa 1 + anemon clown ,,, klw saya mau nambah letter six dan angel blustun apa g kebanyakan ?,, tapi di aquarium saya sudh ada skimmerx

Eko said...

coba saja diletakkan di air tawar selama 30 detik. katanya bisa mengurangi whitespotnya. lalu coba diberikan heater, agar temperaturnya naik sedikit dan mengobati sakitnya. coba juga pake pengobatan copper based (tembaga) tanya aja di tokonya. Untuk pertanyaan 2, tergantung ukuran ikannya juga, tapi makin banyak ikannya, makin rumit perngaturan biologinya. Mungkin airnya juga akan perlu lebih sering diganti. jangan lupa liverocknya ya. trims.

Anonymous said...

tanya lg om...
klw di aquarium sdh trcemar whitespot , ikan yg baru apa bisa tertular juga ? mohon bantuannya ya om ! he... he...

Anonymous said...

selamat malam bang eko....

saya punya akuarium ukuran 1 meter x 50 cm x 40 cm yang berisi : 3 live rock, 2 dead rock, 7 nemo kecil, 3 capung kecil, 2 burung laut, 3 dacocan, 1 bintang laut naga, 1 kuda laut naga item ( kata penjualnya ini kuda laut naga dan harganya cuman 45 ribu, padahal kalo saya baca di literatur yang ada harga kuda laut ini harganya sampe 20 juta 1 ekor dan dilindungi ), 1 mandarin bali, 1 mandarin ( saya lupa namanya ), 2 mandarin kecil ( saya juga lupa namanya, 1 ikan yang badannya kayak baju batik, 2 angel, 1 anemon ujung pandang ukuran jumbo, 1 anemon pantat merah, dan beberapa enoman yang ada di cabang cabang ( saya lupa namanya ).....apa itu kebanyakan isinya untuk ukuran akuarium saya ya bang eko....saat ini baru 1 bulan umurnya...karena sebelum ini pernah coba dengan saringan atas gagal dengan sukses..padahal udah habis uang 1 juta tapi namanya hobi..masih di ciba lagi...saya tunggu sarannya..terima kasih

Stevanus

Eko said...

Halo mas Stevanus, memang setiap akuaris baru terutama laut senang sekali kalau punya ikan laut yang banyak dan warna-warni, selain itu harganya juga murah. mungkin anda nikmati saja dulu. tapi nanti anda akan belajar bahwa ikan akan butuh ruang yang nyaman untuk hidup. untuk itu, nantinya batasi ikan, pilih saja yang paling bagus2 dan unik. kedua, tambahkan live rocknya, kalau perlu sampai sepertiga akuarium. ketiga, semua akuarium, baik di toko-toko ikan laut, maupun aquarium seperti di seaworld memakai protein skimmer. pakailah protein skimmer, wajib, murah kok harganya cuma 250.000 (jebo). mudah-mudahan membantu.
salam, Eko.

Anonymous said...

sebenarnya saya sudah punya protein skimmer tapi yang ukuran kecil ( kalo gak salah harganya gak sampe 50 ribu )...sudah saya pasang lalu saya lepas..karena kalo saya liat akuariumnya yang menjual ikan laut itu gak pake protein skimmer pun tampaknya ikannya oke oke aja..gak ada masalah....dan saat saya menulis ini, saya barusan dari gramedia untuk beli buku judulnya " Akuarium Laut " dan yang nulis Eko Budi Kuncoro..pada halaman 29 mengatakan " skimmer saat ini masih menjadi kontroversi..perlu apa tidak......nah saya bingungnya disitu....tapi menurut saya kayaknya perlu juga tuch skimmer...cuman saya bingung untuk mengatur gelembungnya...saya minta saran untuk pengaturan skimmer dari bang eko..terima kasih..

salam
Stevanus

Eko said...

Wah anda surveinya bagus mas Stevanus. Kalau di Sumenep Jakarta, saya perhatikan mereka semua pake skimmer, dan saya survei di internet, ahli-ahli akuarium laut dunia semua memakai skimmer. saya sendiri menyarankan skimmer, tapi anda mungkin mau mempertimbangkannya dulu. Untuk pengaturan gelembungnya, saya juga masih mencari yang optimal. kalau sudah dapat, nanti saya posting deh. salam, Eko.

Anonymous said...

terima kasih atas saran dari bang eko....kemaren saya liat liat di penjual peralatan skimmer yang mereknya jebo harganya 165 ribu..mungkin hari ini saya beli..saya tunggu juga kabar dari bang eko mengenai ukuran gelembungnya

saya juga mau nanya...apa bagus kalo di akuarium kita memelihara mandarin lebih dari 3....saya punya mandarin bali 1, mandarin kecil 3 ( kayak baju batik modelnya ) dan 2 mandarin karang ( saya namakans endiri karena suka nempel di karang )

satu lagi bang..katanya udang pelet bagus ya untuk membersihkan sisa sisa kotoran dari ikan...

terima kasih

stevanus

Eko said...

mas Stevanus, kalau menurut saya adalah ikan mandarin itu agak sulit dipelihara, jadi akan lebih bagus kalau hanya 1 dan kalau akuariumnya sudah benar-benar stabil dan baik.

Muhamad Ramlan said...

Pak Eko yang baik..
salam kenal dan langsung aja dah..

saya di rumah menggunakan aquarium filter samping ukuran 80x60x35 (pxtxl), pertama saya pelihara ikan suka mati sampai sekarang sudah tidak masalah dengan beberapa jenis ikan nemo2an, saya coba tambah karang laut (lupa namanya) yang warna warni, tapi semuanya mati (saya sudah coba 3x), tapi masih belum sukses nih.. saya juga sudah tambah skimmer, cuman belum sukses juga. Ada saran Pak?

Salam
Alan

Eko said...

pak Alan yang baik, salam kenal juga. memang dalam dunia pemeliharaan ikan hias laut memelihara koral memang dikenal lebih sulit dibanding hanya memelihara ikan hiasnya saja. makanya lebih banyak orang memakai sistem FOLWR fish only with live rock. memelihara koral memerlukan chiller yang disini masih mahal. lampu juga harus memiliki daya sinar matahari yang pas. selain itu posisi koral yang sesuai arus juga harus diperhatikan. koral memang indah, tapi saran saya, pelajari saja dulu sebanyak-banyaknya tentang pemeliharaan koral, tapi intinya adalah 3 hal diatas. trims, eko.

Anonymous said...

selamat siang pak eko...

saat ini akuarium saya sudah aman terkendali karena saya mengurangi beberapa ikan jenis kepe, malah saya buang semuanya karena saat ini di akuarium saya, hanya memelihara ikan yang bersahabat dengan tanaman laut seperti jamur dan donat.
Mungkin pak Eko sudah tau kalo ikan jenis kepe kepe pasti memakan tanaman laut malah saya sudah habis 25 ekor nemo yang berkorban hidup di akuarium karena selama ini nemo yang saya masukkan pasti diserang sama ikan polimas tp untungnya sekarang sudah aman terkendali dan sudah ada nemo yang baikan dengan polimas.
Dan yang mau saya tanyakan, ukuran akuarium saya 1 meter x 50 cm x 40 cm itu baiknya pake lampu ukuran berapa ya, karena selama ini saya pake lampu TL Philips daylight 18 watt dan TL khusus lampu akuarium warna biru 20 watt....apa itu sudah mencukupi ya mas

terima kasih

Salam
Stevanus

eko said...

pak Stevanus, kalau bapak hanya memelihara ikan dan karang hidup saja, maka lampunya sudah cukup. tapi kalau memelihara koral, maka diperlukan lampu khusus yaitu metal halide. trims, eko.

Anonymous said...

terima kasih atas tanggapannya...

untuk lampu metal halide..butuh lampu yang berapa watt / ukurannya berapa untuk akuarium seukuran 1 meter gitu ya mas..dan juga yang warna putih apa biru

terima kasih

stevanus

eko said...

sepertinya memakai warna yang biru pak stevanus. untuk ukurannya silakan ditanyakan langsung saja pada penjualnya pak. salam, eko.

smiledevils said...

wah..
blog yang bagus dan bermanfaat..

saya mau tanya, kalo ikan nemo termasuk ikan yang sulit dirawat ga? kalo dalam 1 aquarium ada 5 nemo gapapa? kalo lampu ultraviolet itu untuk semua ukuran aquarium ya? aku newbie nih, mohon bantuannya...

terima kasih..

Eko said...

helo smiledevils, sebenarnya nemo termasuk yang mudah dipelihara. tapi biasanya nemo memerlukan coral untuk tempat tinggal mereka, sedangkan coralnya sendiri agak sulit dipelihara karena memerlukan chiller. ultraviolet memang dibutuhkan untuk ikan dan akuarium u semua ukuran. salam, eko.

Anonymous said...

1.sy mau nanya apakah perawatan akuarium laut yang tidak menggunakan skimmer dan chiller bisa bertahan.
tp cman menggunakan saringan atas.
2.klo saringan atasnya selain di kasi spon ap perlu dikasi batu2an.
3.klo masala pasir,ap bisa ya klo tebalnya cman 3cm..
4.trus lampunya bisa g' pakai yang biasa aj bkan yang blue.
mohon bantuannya

Eko said...

halo, trims sudah mampir dan membaca artikel ini. skimmer wajib tapi chiller hanya wajib untuk koral. saringan harus ada bioball. pasir oke. lampu mesti ada yang biru sbg ganti sinar matahari (bukan cuma terang. trims, salam.

Anonymous said...

bos klo buat mutihin batu karang yg mati caranya bagaimana yaa...
mohon bantuannyaa...makasi sebelum.y

Anonymous said...

mas kalau membuat skimmer dari botol bekas , apakah sama efektifnya ?

Rafly

eko said...

Halo mas Rafly,saya kira yang paling penting adalah bisa menghasilkan gelembung dalam ukuran yang terkecil dan banyak sehingga juga menghasilkan busa yang banyak, selamat mencoba. Eko.

RAFLY PRAYOGO said...

mas kuda laut makannya apa ? thanks

Eko said...

kuda laut makanannya adalah udang kecil.

Anonymous said...

Salam kenal mas..
aku Nur di Sby, newbie yg pengen mulai set up AQ laut...
Aqku ukr 100x45x50(pxlxt) dgn filter atas ukr 100x20x25 (pxlxt) yg terdiri dari 5 bak, rencanaku main tanknya tak kasih pasir laut setebal 5cm + live rock tanpa koral.
filternya tuk bak 1 bioball yg mengambang lalu dibawahnya batu zeolit, bak 2 bioball penuh, bak 3 karang jahe penuh dan bak 4 karang jahe penuh lagi serta bak terakhir air bersih siap tuk masuk main tank..
kira2 gimana mnurut mas setting Aqku ini, kira2 apanya yg kurang? oh ya mas aku pake lampu TL Jebo 30watt ukr 90cm warna putih aja..
Mohon pencerahannya mas,
Trims sbelumnya

Eko said...

Halo Nur di surabaya, mungkin hanya tinggal ditambahkan protein skimmer saja mas, yang lain sudah bagus. dan ikan mungkin jangan terlalu banyak. trims, eko.

Anonymous said...

Mas , cara membedakan kuda laut jantan dan betina gimana ya ?, mohon bantuannya ! thx

Anonymous said...

bang saya sudah dua minggu ni punya aquarium air laut,ikan ikan saya pada mati,gejala awalnya sih ikan terlihat gatal2,apa ada obatnya?.hmm

Anonymous said...

Trims mas eko atas komentnya...
maaf baru balas krn hbis sakit nih...
mas eko kira2 PS yg cocok tuk aquaku mrek apa ya?? kira2 klo DIY PS mas eko tau gak diagram lngkapnya? klo tau boleh donk dikirim ke emailku...
oy ya mas karang jahe klo kubaca2 ada yg bilang kurang baik tuk jangka panjang krn penghasil nitrat, kira2 gimana dgn filtrasi aquaku yg pake karang jahe?
Trims mas eko atas pencerahannya..

Anonymous said...

Mas,aq newby d pemeliHARAaN Ikn hias lauT ini. Aq mw tanya. Kalo aquariumku cm ada poMpa penyaring kotoran yg bAk NYa cma berisi kapas bwt penyaring kotoran kasar dan aerator doang ckup g mas? Trus aquarium aq t brisi ikan nemO 1 ekor dn ikan yg badanNya mirip nemO cuma warnanya item puTiH, kuning d sirip ma ekornya. O y,si nemO ini kok galak y sama ikan yg satUnya lagi? Pdhl d tempat penjualnya mereka akur2 aja? Makasih y mas.

wilzzz said...

mlam pak,, mw tny ne ,, sya dgr merawat live rock itu agak susah , dan jka live rock itu mati air mnjdi tercemar ,, apkah bnar ?,
sya memiliki peralatan spt skimmer,hidrometer, blm memliki ph tst , apkah sdh ckup utk merawat live rock ,,
mhon bntuanny mzh pemula ,, :)

wilzzz said...

mlam pak,, mw tny ne ,, sya dgr merawat live rock itu agak susah , dan jka live rock itu mati air mnjdi tercemar ,, apkah bnar ?,
sya memiliki peralatan spt skimmer,hidrometer, blm memliki ph tst , apkah sdh ckup utk merawat live rock ,,
mhon bntuanny mzh pemula ,, :)

Eko said...

halo, liverock yang penting lampu sinar mataharinya, yang berwarna biru cukup. Thx ya. eko.

wilzzzz said...

kl brwrna violet/ungu itu ,bz gx y pak ??

Eko said...

hai wilzzzz, yang penting adalah sinarnya menggantikan sinar matahari dan mengandung sinar UV ultraviolet.

Anonymous said...

pencahayaan k live rock hruz d lkukan 24 jam pd proses cycling, ato bgaimana

Anonymous said...

blh gx dilakukan penambahan liverock , ketika ikan sudah brada di dalam, atau stlh proses cycling slesai ?

Eko said...

liverock setelah cycling, cahayanya seperti matahari aja, setengah hari.

ovret said...

blh gx ikan blue chromis ny d gnti dgn clown fish pd wktu cycling ?
kt ny clown kuat jg twuh

Eko said...

waktu cycling, clown bisa saja kuat, tapi belum tentu juga mas. yang pasti kalo chromis sudah pasti kuat.

ovret said...

blue choromis ssah cri ny,, kr'' d kartini ad jual gx y

maman said...

live rock bz hdup gx y kl tidak kna arus,,

agus said...

akuarium saya sudh berjalan 2 bulan,, apkah bleh dilakukan pnmbhan live rock ?, tkut ny ikan'' mlh pd mati

Anonymous said...

bang..

ak mw tanya neh..
klo penyaringan akuarium nya di pake pam biasa + busa nya aj apa cukup kah??
thx

Anonymous said...

saya berencana memelihara ikan hias air laut, jd saya mau tanya :
1. apakah harga skimmer (baru msh dlm kotak )Rp. 25.000,- itu harga yg normal? atau memang skimmer mempunyai harga yang bermacam2 variasi? menurut saya itu terlalu murah karna googling saya di internet harganya jauh dr itu..dan meragukan, tolong penjelasannya...
2. apakah skimmer termasuk kategori filter? karna sifatnya sama dapat memberishkan air yg keruh...dan apa itu skimmer berprotein..?
3. aquarium saya rencana akan di letakkan di dalam kamar yang ber AC, tetapi AC hanya dinyalakan pada malam hari (19.00 s/d 07.00) suhu nyala AC 26 drjt Celcius, apakah dengan AC malam hidup, siang mati, dapat membahayakan ikan2 saya...?

Eko said...

halo, biasanya memang skimmer harganya diatas 100rb. tapi yg penting skimmer itu bisa menghasilkan gelembung udara yang banyak dan sangat kecil dan menghasilkan busa. skimmer itu termasuk salahsatu bentuk filter. mengenai suhu, yg penting adalah tidak terlalu panas di siang hari. kalau terlalu panas, minimal ada kipas angin, trims ya.

Anonymous said...

selamat sore mas eko...
sy newbie di aquarium laut. aquarium sy uk 95x60x18(sbg partisi ruang tamu) kmrn sy beli ikan 3 hari udh pd mati semua, sy pake filter di dlm (beli di ACE, merk boyu, ktnya bs buat air laut). sy pake pasir 10cm, 4 batu karang yg mati, liverock itu hidup apa mati ya mas? airnya bekas ikan yg pd mati musti dibuang gk ya? sy bingung, musti diapain, apa sy musti setup dr awal lg? airnya dibuang,ganti air baru.
mas, ada saran dgn uk aquarium sy?
apa perlu pake skimmer?
liverock itu apa?
kalo ikan aja pd mati, apalagi sy melihara tanamannya ya?
thx banget ya mas.

Eko said...

halo, biasanya akuarium baru tidak diisi ikan dulu sampai sktr 3 minggu. ikan mati biasanya ada beberapa sebab, misalnya air lautnya kurang bagus atau ikannya memang lemah, (lihat daftar ikan yang kuat di link kuning atas). airnya juga diganti aja 20%. liverock adalah batu karang hidup yang biasanya berwarna unggu (lihat jg link kuning diatas). thx.

Anonymous said...

mas thx ya atas penjelasannya.
aq pakenya liverocks yg mati gk apa2?
memang kmrn kebanyakan ikannya, ruang gerak kecil, filternya jg tdk memadai. aq perlu tmbh skimmer gk ya?
thx mas eko

fariz said...

broo.. numpang tanya ya..!
1. knp ya..!pertama aku beli skimmer glembung busanya banyak banget tp dipenampungannya isinya cm air. setau saya bukan air tp busa. dan lama kelamaan butiran busanya ilang..!knp ya..??
2. klo whitespot saya baca diinternet (bnyk tembaganya)katanya orang dikasih supradyn. tp bkn yang effervescence. cm bingung yang kyk pa..!trus cr gunainnya gmana? n dosisnya brp..??
3. tumbuhan klo ada yg pk sponge ktya klo mati bisa bikin racun jg ya buat ikan..! ada ga yg ga tanaman yang ga pk sponge slain yg disebutin mas diatas..

trims..

fariz

truly said...

bisa tlg beritau harga semua jenis ikan berikut fotonya?

Anonymous said...

hallo..mas eko!!
mau tanya ne..
knp ya air di aquarium saya berbusa dan keruh setelah saya kasih mkanan cacing beku ama mkanan khusus tanaman dan anemon??
akibatnya ikan dan anemon saya bnyak yg mati!!
memang sie blm ada protein skimernya, tp apa filter biasa aja blm cukup ya??

thx b4..

Rendy said...

hallo mas eko ...
saya mau mulai pelihara ikan air laut ni ...
mau nanya ni
1. karna keterbatasan tempat dan dana anak kost, apa cukup pke aquarium 50x30x??? ?? Min berapa sih ??
2. Apa pengaruh besar aquarium dengan kehidupan di dalamnya ??
3. Dari pemeliharaan kita butuh ngasi makan apa aja y ?? Temen pernah bilang pke plankton,kalsium ... Apa iya ?? yg wajib apa aja ya ??
4. Terima kasih ...

eko laksono said...

Hai Rendy, ikan laut kan memang hidupnya di laut, dan laut itu luas sekali. jadi kalau ditaruh di akuarium yang sempit, mereka memang bisa agak stres. jadi kalau nanti bisa beli akuarium baru, lebih baik dapatkan yang agak besar. kalau memang kecil, penghuninya dibatasi saja, mungkin sekitar 3-4 ekor saja yang kecil. ikan laut biasa diberi makan udang rebon beku. trims juga ya. Eko.

Rendy said...

oh gt ya mas ...
kira2 kalo 50x30x?? tu bisa di isi apa aja ya mas ??
aku pengen pelihara ikan ama tumbuhan jg ...
ada saran tempat bagus buat beli2 gak di bandung mas ??
aku liat di karapitan bandung, dy jual skimer 45rb ama mesinnya 11rb ??
filter 85 ...
apa bener tu mas ??
Makasi ....

Anonymous said...

mas,,,
apa saja alat yang di perlukan untuk memelihara tanaman laut saja dan tidak memakai ikan...???
dan bagai mana cara memelihara tanaman laut yang bisa bertahan lama...???

mohon jawabannya karena saya baru pemula...!

ray di sukabumi

Anonymous said...

Bos mau tny efek kalo membuat aquarium air laut tanpa di setup apa?aku kmrn airnya cm aku endapkan selama 1 hari langsung aku masukin ikan tp sampai 2 hari ikan tetep sehat...sebenernya efek buruknya kl langsung di masukin ikan apa ya?makasih

Anonymous said...

kk mw tnya nech..
q pnya aquarium laut dhumz..
tp ikanny brantem truz..
pdhal sejenis..
crany biar ikan ma terumbu krang tetep fresh gmn???

Rey said...

mau nanya dong katanya air lautnya bisa diganti dengan air garam biasa saja ya? apakah betul?

Darwin - Medan said...

Mas Eko, saya mau tanya,
Aquarium saya u/k 69x30x30 hanya memakai filter atas yg diisi karang jahe, tanpa protein skimmer krn tdk ada sump/refugium.

Skrg sdh ada 2 amphiprion ocellaris, 1 dragon wrasse, 1 jabing pasir, 1 ekor Lysmata amboinensis. Rencana mau tambah 1 landmower blenny, 1 powder blue tang,dan 1 atau 2 nemateleotris decora.
Bagaimana pendapat Mas Eko, apakah bisa terlalu overstock?
Thx atas infonya

Eko said...

Halo mas Darwin, sepertinya agak crowded tuh. biasanya setiap penambahan ikan maka juga makin rumit menjaga kualitas airnya. makin besar luas akuarium dan makin sedikit ikannya akan makin mudah pemeliharaannya. saran saya ikannya pilih saja yang paling bagus, jangan terlalu penuh, tambahkan busa untuk saringannya, dan coba pertimbangkan protein skimmer. trims, Eko.

Anonymous said...

haloo mas eko
mau tanya neh, dulu saya pernah pelihara ikan hias laut serta karang2 hidup, setiap pagi dan sore disarankan untuk memasukan air kalsium serta vitamin untuk karang2 hidup, nah apa itu berlaku juga untuk live rock?

Rey - Pamulang, Tangerang said...

mas eko aku mau tanya nih, aku baru melihara ikan laut jadi belum terlalu ngerti, katanya kalo terpaksa air lautnya bisa diganti dgn air garam biasa ya? trus ikan2 yg cantik2 dan bagus untuk pemula apa ya? makasih :D

Rey - Pamulang, Tangerang Selatan. said...

mas eko aku mau tanya nih, aku baru melihara ikan laut jadi belum terlalu ngerti, katanya kalo terpaksa air lautnya bisa diganti dgn air garam biasa ya? trus ikan2 yg cantik2 dan bagus untuk pemula apa ya? makasih :D

Anonymous said...

haloo mas...saya mau tanya,kalau memelihara ikan laut tanpa skimmer & chiller bisa tidak?apabila saya hanya memelihara sedikit ikan dan 1anemon,apa ikannya bisa bertahan hidup lama...aquarium saya panjangnya sekitar 90cm...Terima kasih.

diki said...

hai mas rendy
klo d daerah bandung ad tuh tempat jual ikan laut d jalan kopo deket terminal leuwi panjang klo ngk salah jl.peta, banyak koleksi y tuh.klo mw hub aku, kita barengan beli y sambil share, aku masih newbie
maaf numpang post mas eko :)

Anonymous said...

Mas sy mau konsultasi , aquarium sy 60x40x30 berisi 3 live rock besar dan 2 dead rock dgn filter samping krg jahe, ikannya Blustun asli 1 , nemo 2 , bot kuning 1 , capung lrs 1 , klng kuning 2 , dan blue devil 2 . Dan ikan2 ini sdh brtahan sekitar 1 thn , tapi pada 10 sep 2010 (idul fitri) aqrm sy bocor , dan paginya sy gnti dg aqrm ukuran 80x35x45 dgn filter atas menggunakan saringan serat fiber . Dan alhamdulillah ikannya sehat dan lincah dan juga bertahan sekitar 1 bln , tetapi semuanya mati dgn massal setelah saya menambah botana kasur dan udg MP, dan juga filter sy ganti dgn krg jahe bekas aqrm lama. Mata ikan sperti busuk dan berjamur . Lalu saya ganti air dan menambah dokter ,bot kapsul , krnjang bali , udg pelet ,angl bk ,dan angl abu . Stlh 1 hari ikan mati semua tnp sebab dan udg plt pun menghilang . Saya bingung hrs melakukan apa lagi . Dan sebab yg sy curiga'i adalah krg jahe yg busuk , dan beberapa kepiting tak di undang . Kalau boleh sy minta saran dari bang eko , tentang apa yg hrs sy lakukan utk aqrm sy , agar bisa tahan lama dgn ikan yg bagus2 . Tolong bantuan scptnya ya mas . Trimz

Anonymous said...

Mas sy mau konsultasi , aquarium sy 60x40x30 berisi 3 live rock besar dan 2 dead rock dgn filter samping krg jahe, ikannya Blustun asli 1 , nemo 2 , bot kuning 1 , capung lrs 1 , klng kuning 2 , dan blue devil 2 . Dan ikan2 ini sdh brtahan sekitar 1 thn , tapi pada 10 sep 2010 (idul fitri) aqrm sy bocor , dan paginya sy gnti dg aqrm ukuran 80x35x45 dgn filter atas menggunakan saringan serat fiber . Dan alhamdulillah ikannya sehat dan lincah dan juga bertahan sekitar 1 bln , tetapi semuanya mati dgn massal setelah saya menambah botana kasur dan udg MP, dan juga filter sy ganti dgn krg jahe bekas aqrm lama. Mata ikan sperti busuk dan berjamur . Lalu saya ganti air dan menambah dokter ,bot kapsul , krnjang bali , udg pelet ,angl bk ,dan angl abu . Stlh 1 hari ikan mati semua tnp sebab dan udg plt pun menghilang . Saya bingung hrs melakukan apa lagi . Dan sebab yg sy curiga'i adalah krg jahe yg busuk , dan beberapa kepiting tak di undang . Kalau boleh sy minta saran dari bang eko , tentang apa yg hrs sy lakukan utk aqrm sy , agar bisa tahan lama dgn ikan yg bagus2 . Tolong bantuan scptnya ya mas . Trimz

Anonymous said...

ngiringan gabung ah....
mau tany ni pa eko..
ak br piara ikan laut,n kyny nitratny kelebihan..hehe
cara mudah ngilangin nitrat yg brlbh gmn y?
soalny d bdg g ad yg jual rumput asam..

Dray said...

mas ukuran aqua saya 30x30 maklum anak kost... hehe
rencana saya mw beli live rock tp apa live rock itu emang perlu UV atw pke lampu aqua biasa jg udah bs ???
terus klo nemo g pake anemon bs ga ???
rencana sy mw beli 4 ikan aja + live rock + anemon + udang pelet... apa itu harus pke skimmer ???
ini lg proses cyling bru 1 minggu air nya..hihi
tolong di bnatu mas.. maaf nih newbie.. heheheheheh

Anonymous said...

hulaww...
pa eko mu nanya nih..
sy pk sera marin calcium component 2,
kira2 bgs ga bwd aquarium sy???
bgsny pemberiany segimana n takarany brp?? main tank 60*30*30

Dray said...

mas eko nya kmn ya ini... :(

Anonymous said...

ni ma vey pa eko,lam knl...:)
huy..huy..
betul bung dray..
pa eko kmn y?hiks..hiks
moga pa eko cpt2 ngbls yg tntng "sera marine calcium component 2" ny...

Anonymous said...

bwd bung dray ni vey..
sy pny dkt info nech,sapa tau bs ngbantu..hehehe
lampu n skimer kyny untk marine tank hukumny wajib ad,ikan jgn trlalu bnyk,rutin ganti air min 10% sminggu sekali..

Anonymous said...

aloww mas eko...salam kenal...saya egin....mau nanya mas kan akuarium saya kecil sekali ukurannya 36x22x36 (pxlxt)...
saya mw minta saran apakah bisa dijadikan akuarium air laut????
kalo bisa,,,sebaiknya di dalamnya diisi apa saja??
saya pemula bgt ....
mohon bantuanya suhuu....

Helen said...

siang mas, mw tanya nih...ikan angel marmut and ikan burung lautnya kena white spot...gimana cara menyelamatkan hidupnya yah??thx mas ^^

dhe_greenisme said...

hay, pak eko... saya mau nanya..
sudah hampir 3-4 bulan saya punya aquarium air laut, awalnya saya beli 2 ekor ikan zebra, terus beli lagi 1 ikan yang warnanya biru, terus 2 nemo, dan 2 ikan dokter, tapi beberapa waktu kemuudian ikan dokternya hilang, dan tidak di temukan. terus saya beli lagi 2 ikan hitam. nah tiba-tiba sebulan yang lalu ikannya mati satu, dan karena melihat aquariumnya kotor dengan lumut, jadi dibersihin deh sama ayah saya, termasuk lumut-lumut di batu karang hidupnya. sejak itu semua ikannya mati. sampai saat ini aquarium saya kosong.. kira-kira itu kenapa ya? padahal sudah cukup lama, tapi kok bertahannya hidupnya cuman sebentar. saya sempat bertanya ke penjual ikan, katanya memang ikan seperti itu tidak sanggup hidup bertahan lama, tapi saya sedikit tidak percaya. jadi kira-kira gimana ya solusinya?
terima kasih.

nb: pak, bisa dibalas ke email saya tidak? bocahmanja@gmail.com makasih sebelumnya..

Anonymous said...

Pak,saya mau tanya. Apakah perlu dasar aquarium memakai pasir atau karang yg kecil2 ?
Kalo dasar aquarium tidak pakai apa2 bisa ngak ?
thx

riyad.nasihin said...

bang saya mo tanya apa kah da tip-tips tertentu untuk mengirim karang dan ikan keluar propinsi

tilong bantuanya ya bang

soal nya pamann saya minta di kirimmin karang dan ikan ke sumatra
dengan jarak tempuh kurang lebih 13 jam

sebelum nya makasi

Nancy said...

Ingin juga punya aquarium air laut tapi belum paham sementara air memelihara ikan air tawar dulu :)

Anonymous said...

mas eko yg baik,
saya mau nyoba pelihara ikan laut lagi.,.,dulu udah pernah tapi mati smua, trus saya baca d blog anda, ternyata kemungkinan ikan saya mati krna kebanyakan.,.,.,.jadi saya mau tanya komposisi yg sederhana (tolong dikasih tau ikan & material nya) buat pelihara ikan LAUT tuh apa aja..,.,.trus boleh gak kalo peliharanya ikan nemo n ikan yg item putih gitu aja,.,.,.oiya akuarium saya 100x50x40

sekian mas eko,, blognya bagus bgt, bermanfaat,.,
tolong beri pencerahan ya,.,.PLISSS

salam kenal,
iqbal

rizkiempty said...

allow mas eko..
saya barusan baca blog mas eko,,bagus dan komplit blognya yah..hehe
saya mau tanya dong knp yah setiap saya beli nemo selalu ga mau makan?pdhl ikan2 yang lain baik2 saja..
tks sebelumnya..

xamthone plus said...

ijin print ya , makasih banyak

Anonymous said...

adam said

saya mau bertanya..
saya baru memelihara aquarium air laut 2 minggu yg lalu . saya memelihara ikan dokter 1, keling hijau 1, damsel loreng dan ekor kuning 1, tapi tiba2 ikan damsel lorengnya mati serndiri.. dan ikan lainya ikut2tan mati. itu karna apa ya mas??

Obat Penyakit Jantung said...

wooow indah nya tuh aqua rium nya, aku akan coba deh pasang ikan lautnya nih,, hehe

RizQ said...

Thanx mas eko wat artikel tnya jwb'e,,trnyata solusinya ad dblog mas eko nih...hehe lam knal mas..

satria afandi said...

kalo beli ikan" hias dimana yah yang banyak ???

Anonymous said...

Halo mas,saya septria...
mau nanya nih,kalo akuarium ukiuran 80x20x40 itu juga harus pake skimmer dll nggak?masih newbie nih..tolong segera dibalas ya,trims :)

Arthur said...

mas kalo filter nya make arang bisa atau gk?dan kalo cara bersiin aquarium nya apakah di rendam make airtawar selama beberapa waktu apa gitu ya?thx

Arthur said...

mas kalo filternya narohin arang(bekas pembakaran kayu)bisa gk?

Anonymous said...

mas eko salam kenal..saya dhani
langsung saja saya mau tanya..
akuarium sAya cm pnya volume 30 literan,,kira2 brapa ya jumlah ikan yang ideal??
trus apakah clownfish bs pake liverock saja??
makasi sebelumnya mas...

Eko said...

halo Dhani, terus terang saya tidak terlalu paham hitungannya, tapi perhatikan yang penting ikan bisa berenang bebas, terkesan lega, dan tidak terlihat padat dan ramai. kalau ikan sering mati, itu salahsatu akibat dari akuarium terlalu padat. Clownfish bisa pakai liverock saja. tq.

Anonymous said...

makasi mas jawabnya sangat membantu..

klo misal di kasi oksigen dan filter saja dengan penyaring kapas kira2 bgaimana mas???
thanks..
dhani

MANDIRI BALON said...

sdh 2 minggu melihara ikan laut,tp ngga pake skimer...ikan2nya sich kelihatan sehat2 aja,masalah ngga ya?

Anonymous said...

halo mas eko, salam kenal ya? saya fitri..saya mau tanya..saudara saya kan punya aquarium air laut beserta ikannya tapi masalahnya sekarang ikannya pada jamuran..dan malah udah pada celeng jalannya..penanggulangannya apa ya mas yang cepat? bisa kasih solusi..tolong ya mas..terima kasih

Eko said...

dear mbak Fitri, biasanya ikan sakit itu karena kualitas airnya kurang baik. coba perhatikan tips-tips diatas. kalau sudah jamuran, sepertinya sudah harus dikasih obat khusus jamur mbak. juga jangan memelihara ikannya terlalu banyak. Tq mbak.

noris said...

mas broo, aqu sudah bertahun tahun merawat aquarium air laut? biasanya saya beli 'air laut' di toko penjual ikan hias air laut tersebut, nah, sekarang toko itu pindah sampe sekarang belum tau pindah kemana, masalahnya saya tidak bisa beli air lagi, kalau saya ambil airnya langsung di pinggir laut bisa nggak ya, apa harus ambil air di tengah laut??

yayan said...

Setelah membaca blog Anda, saya jadi lebih tertarik memelihara ikan hias laut. Tapi sepertinya kok sulit untuk memulai ya? Terlalu banyak alat dan perlengkapannya.

Jadi saya mohon saran, apa saja minimal barang yang harus saya beli untuk 3-5 ikan hias laut.
Sekedar info, saya punya akuarium dengan ukuran kurang lebih 120 x 50 x 50 cm.
Terima kasih.

Pukulan Nabi Gundul said...

Super sekali.thx

jerry wicaksono said...

Web Bisnis Online Yang Menjadikan Facebook Sebagai
Media/Sarana Penghasil Uang Dengan System Terbaru
Komisi 100% Untuk Anda ,sangat mudah dijalankan
www.bisnisfacebooker.com/?id=xtshop30

Gada Bina Usaha said...

Terimakasih Infonya....mau coba2 pelihara ikan hias laut

jR SandY said...
This comment has been removed by the author.
jR SandY said...

saya newbie mas... eko.. mau tanya.. kalau karang merah itu termasuk live rock apa dead rock ya?? ini lagi nunggu masa sirkulasi baru satu minggu.. semisal nunggu ini ditambah atau mengurangi karang bisa ngaruh ke kualitas airnya ga ya mas??mohon bantuan nya,,,

Anonymous said...

ada yang mau usaha dengan saya lokasi di jaka mulya perumahan mas naga raya ,saya ada lahan seitar kur/leb 600m2 /yg kta pasarin ikan laut dan air tawar dll ok tks hub 0817 6868599

Anonymous said...

Ass , mas eko, sya riski,
Sya mau nanya ni mas, sya kan bru beli akuarium ukuran sekitar 40x20an kecil mas, yang sya mau tanyakan
Apakah bisa ikannya bertahan, trus klo sya menambahkan live rock dan tanaman laut bisa gak mas,
Apakah ada solusi dari mas eko tentang akuarium sya ???
Maksih mas, di tunggu jawabannya,

Anonymous said...

Arang tidak diperbolehkan untuk air laut

panthink thepunkoor said...

misi mo numpang tanya nih..
ane ada aquarium baru uk 60x30x40 (pxlxt)
tp msh binggung utk perlengkapanya.
rncna mau pake air laut.
mohon bimbinganya dong
thnks

Anonymous said...

Hi mas eko yang baik salam Kenal, Saya Kubil Dari Ciputat Mau Numpang tanya donk, Saya Sudah 3 Bulan Miara akuarium air Laut, Alhamdulillah 6 kali gagal!
perlengkapan akuarium saya cuma pake under driver + filter yang pake gerojokan aer doang. tiap airnya butek gara2 ada jenazah ikan yang tewas saya tungguin sampe bening lagi (Biasanya dari butek sampe Kinclong Cuma Butuh waktu 2 Hari doang), setelah aer bening lagi saya isi ikan lagi, trus mati lagi, butek lagi, bening lagi, Isi Ikan lagi, gitu aja terus ampe 6 kali. Riwayat Hidup ikan yang mencoba menghuni akuarium saya alhamdulillah mencapai sekitar 2-3 mingguan. Yang bikin saya heran cuma 1 mas, saya punya bintang laut 2 biji dari pertama kali nyemplung ke akuairum 3 bln yang lalu ampe sekarang masih Idup aja ntu mahluk(kuat bener ya), padahal udah 6 kali ganti musim, trus di batu karang yang mati juga numbuh sesuatu mirip bunga2 kecil Nan indah yang bisa mekar dan kuncup sendiri kalo di sentuh, trus jadi banyak cacing sutranya pula di bawah batu karang yg mati.
Menurut Mas Eko Ntu Akuarium mengapa bisa begono ya Trus Kira2 Enaknya di Apain ya mas?
Ganti Aer nya kah?
Tambah Peralatannya lagi kah?
setup ulang kah?
atau mungkin ada masukan lain dari mas eko atau dari para pengunjung blog ini kah?
Mohon Bimbingannya ya para Aquaholic Mania!
Sekarang Air Akuarium saya udah kinclong Bening Bener dan baru saya masukin ikan zebra 2 biji sama betok biru kuning 3 biji baru berjalan 3 hari. Dan Kemungkinan Akan Menjadi Kegagalan Saya Yang Ke 7. (Hadeeeh)

Eko said...

halo kubil dari ciputat. ikan yang mati harus cepat diangkat kalau ngga ya jadi racun. air bening bukan berarti tidak beracun. akuarium juga tidak boleh terlalu sempit, atau terlalu banyak ikannya supaya tidak cepat kotor. kalau cepat kotor, air harus makin sering diganti. jadi ikannya sedikit aja, juga coba pake ikan yang lebih kuat spt damsel biru. dan makin lama makin banyak belajar pasti ikannya tambah lama tahannya. semoga lebih sukses! Eko.

Anonymous said...

Alhamdulillah bang eko, Ternyata Setelah Beberapa Kali Gagal Mencoba Akhirnya Ketemu Juga Lobang Nya (I've brought The Ocean Into my room, Yeah) ikan2 saya sehat2 semua sekarang, Pake Under Driver Ga Perlu Ganti Air Aquarium dijamin Kinclongnya permanen kaga perlu pake nguras2, malah sekarang kalo ngempanin ikan ane pake udang air tawar yang idup. bangke ikan atawa bangke udang didiemin ampe busuk juga ga bikin aer jadi butek, justru katanya malah bagus buat umpan bakteri.
ikan2 yg mati sekarang bukan karna air, tp gara2 bertengkar dengan yg laen.
Intinya Thanks Bgt Buat Semua Masukanya Ya!
Salam Sukses
-- KubiL ---

Ciy Kubil said...

Aquarium inyonk tanpa chiller, skimmer, dll cukup filter gerojokan bae ama under driver, Aer kinclong Terus, Ikan seger2, Bisa Muat Banyak + Murah meriah Euy :P
Monggo Di intip Dikit
https://www.facebook.com/video.php?v=10203231422651578&set=vb.1389177340&type=2&theater