Thursday, July 10, 2008

F-35 Singapura


Reuters, 7 Juli 2008

Pemerintah Singapura
mengincar 100 buah pesawat ini. Salahsatu pesawat tercanggih, dan paling mutakhir di dunia.

Ini adalah F-35.
Pesawat tempur generasi ke 5, produksi kerjasama Lockheed Martin, Northrop Grumman, dan BAE Systems. Pesawat super canggih
ini mempunyai kapabilitas "Stealth", tidak akan terlihat di radar lawan. Jumlah persenjataan dan amunisi yang bisa dibawanya pun lebih bayak dibanding pesawat-pesawat tempur generasi sebelumnya, seperti F-16 dan F-18.

F-35 Lockheed Martin Factory

Harga per-unitnya US$ 68 juta, atau sekitar Rp 598 Milyar. Segala teknologinya, radar, mesin, persenjataannya, memungkinkan pesawat ini menghabisi pesawat-pesawat tempur musuh, bahkan sebelum pesawat-pesawat itu mampu melihatnya.

Singapura mampu membeli pesawat tempur tercanggih ini dalam jumlah yang banyak, karena Singapura adalah bangsa yang maju dan makmur.


Mereka maju dan makmur, karena walaupun kecil, mereka mempunyai 4 juta sumberdaya manusia yang unggul. Unggul dalam sains, teknologi, dan juga entrepreneurship dalam skala regional dan global.

Kalau Indonesia mau mengejar Singapura dengan membeli pesawat-pesawat baru, maka Indonesia bisa mendapatkan "100 pesawat capung generasi terbaru".

Tapi, kalau kita segera fokus untuk mengakselerasikan Kualitas Sumberdaya Manusia kita dulu, menciptakan 100 juta+ Manusia Unggul, maka mungkin nanti kita akan bisa membeli 1.000 F-35, 24 Supercarrier, atau juga segala persenjataan tercanggih lainnya (yang dibutuhkan). Dan saat itu mungkin kita akan menjadi kekuatan raksasa dan sejajar dengan Amerika, China, dan India.

Kuncinya, adalah akselerasi kecerdasan 200 juta manusia Indonesia. Renaissance. Revolusi Kecerdasan.


* * *

Tahukah anda, bahwa di tahun 1965 Singapura adalah bangsa kecil yang miskin dan terbelakang?
Lihat disini.



2 comments:

Anonymous said...

Kita memang harus mengakui keunggulan Negara Singapura karena memang dari beberapa faktor; yang paling utama adalah mental dari para pemimpinnya yang jauh berbeda, pejabat dan rakyat Singapura sangat disiplin, anti korupsi, dan visi 20 tahun lebih maju kedepan. Berbeda sekali dengan Pejabat Negara Indonesia yang bermental korup, birokrasi yang berbelit-belit, sombong, congkak, dan serakah......

Syafei FU said...

sebenarnya secanggih apapun alat peratan bikinan manusia lum ada apa2nya. Sebenarnya kalau menurut Sunnah Muhammad Senjata yang paling2 ampuh adalah Qunut. tapi sayangnya Qunut2 sekarang belum fungsi . oleh krena hati2 manusia lum bersih dari segala ajaran2 selain Al Quran. Khurofat, tahayul, bidah, dll. masih dominan di otak2 mmuslim.