Tuesday, December 25, 2007

Bagaimana Cara Menciptakan Peradaban Super


(for educational and creative purpose only. for now)



ADVANCED CIVILIZATION 101


1. Kalau kita pelajari semua sejarah negara-negara termaju dunia sekarang, para Superpowers, dari Amerika, Jepang, Imperium Inggris yang menguasai seluruh dunia, Jerman (dari masa sebelum Perang Dunia II sampai sekarang), juga Singapura (negara kecil tersukses di dunia), dapatkah kita juga menjadi, Negara Termaju di Dunia ?

2. Kalau kita mempelajari semua peradaban terbesar dalam sejarah dunia, dari jaman keemasan Yunani-Romawi, Cina, peradaban Islam abad 8-13, dan Renaisans Eropa, mungkinkah kita bisa menciptakan, Peradaban Besar Baru ?

3. Seandainya kita gabungkan semua keunggulan mereka, keunggulan dari semua bangsa terunggul itu, mungkinkah kita menciptakan sebuah bangsa yang bahkan jauh lebih unggul lagi ?
A Super Superpower, A Super Civilization ?


Bagaimana caranya ?


Baca juga : "The Superpowers I"


Mempelajari semua peradaban dari semua aspeknya memerlukan waktu panjang. Dari jumlah peradabannya, sejarah masing-masing peradabannya, aspek hidupnya dari sosial, ekonomi, politik, kepemimpinan sampai tingkat kemajuan sains dan teknologinya. Lalu ada juga pandangan-pandangan berbeda dari tiap pemikir.

Tapi, ini satu cara menyenangkan untuk memulainya. Kapan peradaban itu mulai bangkit ? Apa penyebabnya, siapa "pendorongnya", dan apa yang dilakukannya. Anda bisa memulainya dari sini, Renaissance.

Imperium III dibuat lebih dari 10 tahun. Tapi anda bisa membacanya dalam waktu 30 hari.


No comments: