Sunday, December 23, 2007

ASIMO, The Next Generation

12 Desember 2007

Perkenalkan, ini ASIMO.

Asimo adalah robot berbentuk manusia yang dibuat oleh perusahaan Honda. ASIMO (Advanced Step in Innovative Mobility) muncul pertamakali tahun 1986. ASIMO sekarang, 2007, sudah memiliki lebih banyak kemampuan.

Pada awalnya dia bisa berjalan seperti manusia dan melakukan beberapa gerakan seperti melambaikan tangan. Langkah selanjutnya yang lebih kompleks bagi robot adalah berlari. Dapatkan robot berlari ? Dapatkah ASIMO berlari ?

Sebelumnya ini beberapa hal lain yang bisa dilakukan ASIMO :

1. Recognition of Moving Objects

Dengan data yang masuk dari kameranya dia bisa menganalisis dan merespons gerakan. Dia bisa mengamati gerakan manusia, mengikuti manusia berjalan (tidak hanya lurus, tapi juga mengikuti orang itu waktu berjalan ke kiri atau kanan), atau memberi salam saat seseorang mendekati.

2. Recognition of Postures and Gestures

Asimo bisa mengulurkan tangannya ketika ada yang mengajaknya bersalaman atau membalas lambaian tangan seseorang.

3. Environment Recognition

Dia juga bisa menganalisis lingkungan sekitarnya. Dia bisa menghindari benda-benda di jalan, menganalisis tangga, lalu menaikinya, dan tentu menghindari manusia ketika berjalan.

4. Sounds Recognition

ASIMO juga bisa mengenali suara. Dan bisa diprogram untuk merespons perintah-perintah suara yang diberikan manusia. ASIMO akan bereaksi dan mendatangi kita ketika namanya dipanggil. Sangat menyenangkan! ASIMO juga bisa berdansa ketika dia mendengar musik! Dan makin lama gerakannya sudah semakin mirip manusia berdansa.

5. Facial Recognition

Dia juga memiliki sensor untuk mengenali wajah manusia. Ini dilakukan dengan menganalisis kontur/warna wajah manusia yang unik, memperosesnya dengan database yang dimilikinya, dan bereaksi. Jadi dia bisa melihat wajah seseorang, mengenalinya, dan menyapanya dengan namanya.

6. Network Integration

ASIMO juga bisa mengakses informasi, termasuk dari internet, dan memberikannya kepada yang memerlukan. Jadi kita bisa bertanya banyak hal, dan ASIMO akan memberikan jawabannya.




... Tahukah Anda, bahwa Robot yang bisa diprogram ternyata sudah diciptakan sejak ratusan tahun lalu, sejak awal abad 13 ? Bukan oleh Leonardo da Vinci, tapi oleh seorang insinyur jenius dari bangsa Islam bernama Al-Jazari ? Lihat Wikipedia, "
Robot".

Robot yang menyerupai manusia juga sering disebut "Android", but, Do Androids Dream of Electric Sheep?

No comments: