Sunday, December 9, 2007

PILIH TV PLASMA ATAU LCD

Ingin membeli televisi high resolution? Saat ini pilihannya ada 2, TV Plasma dan TV LCD. Ini beberapa perbedaannya yang dianggap signifikan:

PLASMA TV
Warnanya lebih kaya dan natural.
Lebih bagus buat film dan olahraga (Sepakbola!), karena plasma mampu menghadirkan gerakan cepat lebih baik (response time), dan tidak ada blur (kabur).
Plasma mempunyai pilihan ukuran layar yang lebih besar dari LCD.
Untuk sementara harganya lebih bersaing daripada LCD.

LCD TV
Gambar (resolusi) sedikit lebih tajam, lebih cerah dari plasma.
Bagus untuk video games, dihubungkan dengan komputer, atau untuk presentasi gambar/ foto.

Tapi perbedaan keduanya dari segi teknis maupun harga akan semakin kecil karena persaingan yang makin tinggi antara keduanya. Pemimpin di teknologi LCD saat ini adalah Samsung dan Sony, sedangkan di plasma adalah Panasonic.

APA ITU... PLASMA ?

Plasma awalnya adalah Gas, tapi kemudian terionisasi dengan menambahkan energi elektron sehingga komposisinya sudah berbeda dari Gas. Plasma menjadi bentuk keempat dari Materi. Jadi bentuk materi terdiri dari : benda Padat, Cair, Gas, dan Plasma.

Plasma ada di seluruh alam semesta, termasuk bumi kita. Petir adalah salahsatu bentuk energi plasma dari gas yang ada di permukaan bumi (oksigen, helium, dan hidrogen). Matahari juga adalah plasma yang diledakkan oleh fusi nuklir sehingga menyala begitu dahsyat. Lampu fluorescent (neon yang menggunakan fosfor) juga menyala berkat energi plasma.

Teknologi terbaru yang sekarang sedang ramai adalah TV Plasma. Layar TV sendiri dasarnya terdiri dari 2 lapis kaca yang mengapit ratusan ribu rangkaian sel-sel Pixel kecil di tengahnya (Lihat gambar disini). Ratusan ribu sel-sel gas kecil itu (gas Xenon dan Neon) lalu “ditembaki” elektron ("dikasih listrik") sehingga menciptakan energi plasma. Ini lalu menyalakan sinar photon ultraviolet, dan bahan fosfor yang menyelimuti sel-sel pixel tadi pun menyala-nyala. Tiap sel pixelnya sendiri terdiri dari 3 subpixel yang diselimuti fosfor warna Merah, Hijau, dan Biru.

Dari situlah muncul ratusan ribu cahaya warna-warni yang membentuk gambar di televisi plasma. Kira-kira seperti itu. Untuk sedikit lebih lengkapnya, silahkan lihat website yang menyenangkan ini, howstuffworks.com, "How Television Works".

Sekali lagi : layar di televisi terdiri dari 2 lapis kaca yang mengapit ratusan ribu sel gas kecil (pixel) yang tiap selnya diselimuti bahan fosfor.

(penjelasan lebih sederhana dari “bagaimana” cara TV plasma bekerja : tekan tombol “On” di TV-nya, dan voila!)

Untuk pengetahuan lanjutan, silakan lihat Wikipedia.

No comments: