Monday, April 5, 2010

Bapak Bangsa Bernama Sam

"Manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika ia sudah dapat memanusiakan manusia"

Sam Ratulangi, adalah salahsatu bapak bangsa kita yang super cerdas yang meraih gelar Doktor Ilmu Pasti dan Ilmu Alam (Ph.D) dari salahsatu universitas paling ternama di Eropa, University of Zurich, Swiss, di tahun 1919. University of Zurich adalah kampus tempat Albert Einstein kuliah dan meraih gelar doktornya.

i bet you did'nt know that, did you!

Sam juga adalah salahsatu orang yang paling dikagumi Sukarno. Dalam pembelaan Sukarno "Indonesia Menggugat" yang revolusioner (1929), Sukarno mengutip visi Sam Ratulangi tentang kemungkinan akan terjadi eskalasi yang akan mendorong Jepang untuk berusaha merebut sumber-sumber kekayaan alam di Asia dari imperialis Barat, thus, perang Asia Timur Raya (Indonesia Menggugat, Soal Perang Pasifik, hal 174). Sebuah visi yang akhirnya benar-benar terjadi (hebat ya?).

Jadi ketahuilah, bahwa bangsa Indonesia yang besar ini didirikan oleh manusia-manusia hebat. Manusia-manusia yang sangat cerdas, berpikiran besar, visioner, percaya diri, dan tidak pernah menyerah untuk alasan apapun.


Pelajari lebih banyak tentang kehebatan Indonesia.

7 comments:

siroel said...

tapi sayang, generasi penerusnya cuma bisa korusi doang....

Hilmy Nugraha said...

keren,

indonesia dibangun oleh orang-orang dahsyat!

Rizky said...

indonesia masih punya banyak orang hebat

kerang mutiara said...

masih banyak yang harus disyukuri dan membawa kehebatan-kehebatan berikutnya. anak muda yang kita butuhkan adalah orang-orang yang mampu memimpikan hal-hal yang tidak pernah mampu diimpikan oleh siapapun.

Eko said...

Hai kerang mutiara. anda benar, sebagai manusia kita harus selalu punya impian besar, asal juga didukung oleh pengetahuan dan wawasan yang hebat. trims ya, salam, eko.

Anonymous said...

saya sudah tahu kalau sam ratulangie itu merupakan doktor pertama di Indonesia dalam bidang matematika dari pidato pengangkatan guru besar seorang dosen matematika ITB.
dan itu menjadi salah satu kekaguman saya bahwa para founding father kita adalah orang2 yang tak kalah hebat dari bangsa lain.
dan kita juga jangan kalah hebat pula dengan para founding father kita, juga bangsa lain.

Anonymous said...

oia selain pak sam ratulangie, ernest douwes dekker (danoedirdja setiaboedi) juga pernah kuliah di universitas zurich. mendaftarkan diri dan mengisi form suku bangsa : jawa.
menjadikannya salah seorang Indonesia pertama yang kuliah di Zurich.