Friday, April 2, 2010

SEBUAH PLANET DENGAN LAUTAN LUAS, DARI INTAN CAIR!





Di suatu tempat di tata surya, sebuah planet raksasa yang besarnya 17 kali Bumi memiliki sesuatu yang sangat menakjubkan di permukaannya. Mungkin, lebih menakjubkan dari mineral Unobtainium yang ada di planet khayalan Pandora di film Avatar (James Cameron).

Planet itu adalah Neptunus. Akibat tekanan atmosfer di seluruh planetnya yang super tinggi, Neptunus bisa merubah mineral-mineral karbon yang banyak terdapat disana (sekitar 10%) menjadi sesuatu yang sangat didambakan di Bumi.




Di Neptunus, terdapat lautan-lautan yang terbentuk tidak dari air, tapi dari intan cair! Itulah yang dihasilkan dari tekanan super tinggi atmosfer planet itu. Dan disana, terapung gunung-gunung es, kecuali bahwa gunung esnya yang sangat besar, terbentuk dari bongkahan intan-intan raksasa!

Para peneliti di Planet Bumi (!) di Livermore National Laboratory dan Sandia National Laboratories Amerika, menyadari bahwa intan adalah benda terkeras yang tentu saja sulit dilelehkan. Bahkan, bila intan itu dilelehkan, maka intan itu akan berubah bentuk tidak lagi sebagai intan, tapi menjadi graphite.

Setelah melakukan berbagai penelitian, para ilmuwan bisa melelehkan intan menjadi cair dan mempertahankan bentuknya dengan cara memberikannya tekanan dan temperatur ekstrim mencapai 40.000.000 kali atmosfer Bumi, dengan menggunakan energi laser terkuat di dunia.

Ketika temperatur dan tekanannya diturunkan secara bertahap dari 40 juta ke 11 juta, bongkahan-bongkahan intan mulai bermunculan dan mengambang di atas intan cair tadi.

Nah sekarang bayangkan kalau di suatu masa nanti, umat manusia bisa pergi ke bintang-bintang dan singgah di Neptunus. Dan disana kita berdiri di pinggir lautan (dengan pakaian khusus tentu saja), lautan yang sangat luas, dan airnya adalah intan cair, dan di sana mengapung "gunung-gunung es" yang terbentuk dari intan-intan raksasa yang indah dan berkilauan.. What a sight!



Dari mana nih infonya? :

No comments: