Saturday, June 13, 2009

Kecemerlangan Ekonomi Amerika Pada Masa Bill Clinton


Bill Clinton, masa pemerintahan, 1993-2001

Amerika, yang sekarang
ekonominya nyaris ambruk, ternyata pernah mengalami masa kemakmuran ekonomi yang begitu spektakuler. Inilah salahsatu puncak kemakmuran ekonomi Amerika sepanjang sejarahnya, dan terjadi dalam waktu yang cukup panjang, dari 1992-2000. Inilah masa pemerintahan Presiden Bill Clinton.

Apa yang terjadi?
Mempelajari ekonomi Amerika masa Clinton adalah mempelajari bagaimana sebuah bangsa Superpower nomor 1 di dunia mengelola ekonominya, di masa puncak kejayaannya.

Di masa Clinton, surplus anggaran Amerika mencapai rekor tertinggi US$ 237 Milyar, lapangan kerja baru yang berhasil diciptakan mencapai 22,5 juta, juga rekor tertinggi dalam sejarah Amerika. Ekonomi tumbuh rata-rata 4% per tahun, secara signifikan lebih tinggi dari masa pemerintahan Reagan dan George (H.W) Bush sebelumnya yang hanya 2,8%. Pengangguran mencapai rekor terendah (4%) dan orang miskin berkurang dari 15,1% menjadi 11,8%, juga rekor terbaik sepanjang 30 tahun. Ratusan juta orang Amerika hidup dalam kemakmuran.

Inilah strategi besar pemerintahan Bill Clinton :

1. Menciptakan dan memperkuat disiplin fiskal.
Clinton menghapus defisit anggaran dan menciptakan surplus, menjaga tingkat bunga rendah, dan mendorong investasi swasta.

2. Berinvestasi pada kualitas manusia.
Clinton mendorong penciptaan sistem pendidikan berkualitas tinggi, pelatihan industrial dan manajemen, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mendorong lebih banyak upaya-upaya riset.

3. Membuka pasar luar negeri dan mendorong globalisasi.
Ini juga menjadi highlight dari masa Clinton. Dia berupaya untuk mendorong pasar bebas dan menurunkan tarif perdagangan antar negara. Selama masa pemerintahannya Clinton berhasil mendapatkan 300 Perjanjian Perdagangan dengan negara-negara lain, termasuk perjanjian dagang yang bersejarah dengan China.


Bill Clinton, SBY, dan George Bush (Sr), Aceh, 2005

Clinton menaikkan pajak untuk orang-orang kaya Amerika. Ini tentu sangat berisiko karena mereka secara politis bisa sangat penting, tapi Bill Clinton berani melakukannya. Inflasi juga dijaga tetap rendah dengan kebijakan moneter sehingga ekonomi berjalan baik dan normal.

Pajak usaha juga dipotong, capital gain tax cut, sehingga usaha justru makin banyak dan berkembang, dan pendapatan pemerintah pun justru meningkat seiring berkembangnya ekonomi. Berbagai deregulasi juga dilakukan, dan meningkatnya tingkat persaingan mendorong ekonomi untuk menjadi makin efisien dan dan berkembang. Kemajuan ekonomi juga membuat tingkat kejahatan, crime rate, semasa presiden Clinton berkurang secara signifikan.

Dalam bidang pendidikan, Clinton seringkali harus berjuang keras melawan kongres untuk meningkatkan anggaran, terutama setelah kubu Republik menguasai Kongres tahun 1994 (Clinton dari Demokrat). Tapi untuk peningkatan pendidikan, pemerintahan Clinton dan Kongres selalu bisa berkompromi.

Tapi, ini tidak semudah yang kita bayangkan, "berikan anggaran pendidikan 20%". Peningkatan anggaran pendidikan secara signifikan, adalah berarti pengurangan pada anggaran lain, secara signifikan. Intinya adalah seberapa tajam dan strategis visi anda pada pendidikan, dan bagaimana mengatur anggaran lainnya agar lebih efisien.

Bill Clinton di KTT APEC Bogor, 1994

Clinton juga menandatangani
perjanjian NAFTA dan kerjasama ekonomi Asia Pasifik, APEC, di Bogor (Indonesia) tahun 1994. Dan Ini juga penting agar pekerja Amerika bisa dan siap bersaing secara global.

Ini adalah point-point utama dari masa pemerintahan Clinton dalam bidang ekonomi. Untuk detailnya silakan pelajari lebih lanjut.

Kunjungan Hillary Clinton sebagai wakil Obama
Jakarta 18 Februari 2009

Luskin NRO Financial
Taking the Voodoo Out of Tax Cuts, Brian S. Wesbury

No comments: