Friday, June 26, 2009

Belajar Bahasa Korea


Belajar Bahasa Korea
Cheonggyecheon, tempat hang-out yang asyik di Seoul

Belajar bahasa Korea
atau bahasa lainnya sebenarnya tidak pernah sulit kalau dimulai dari kata-kata yang paling sederhana dan menyenangkan. Misalnya seperti "nama saya siapa", atau "aku cinta kamu", atau "terimakasih", atau "Saya minta makan!". Sangat mudah sekali. Buktinya apa?

Buktinya anak-anak kecil di Korea saja sudah bisa bahasa Korea.. Dan anak-anak kecil di Inggris, kecil-kecil sudah jago bahasa Inggris. Kuncinya, mulai dari yang sederhana saja. Pelajari kata-kata, bukan struktur. Kalau kata-katanya sudah banyak tahu, struktur akan didapat secara otomatis saja.

Seperti semua anak di dunia, dan waktu balita belajar bicara, yang dipelajari adalah kata-kata. Coba kalau waktu balita anda diajari struktur bahasa Indonesia, pasti deh langsung pusing.

Jadi kenapa perlu belajar bahasa Korea? Karena Korea diramalkan akan menjadi salahsatu bangsa paling maju di dunia. Sekarang saja sudah banyak orang Indonesia yang bekerja dan belajar di Korea. Ekspatriat Korea juga banyak di Indonesia. Korea juga dikenal sebagai bangsa yang paling kreatif di dunia. Selain industri elektronik dan otomotifnya, Korea juga sangat maju dalam industri game dan animasi.

Bulgogi, yummm, daging panggang khas Korea
rasanya gurih, asin dan sedikit manis

Oke sekarang kita belajar, Bahasa Korea.

Pelajaran Bahasa Korea Bagian I

Anyong Haseyo! : Apa kabar!
Nama saya Eko : Chonun ”Eko” imnida

Terimakasih : ghamsa hamnida!
Ya : Ne
Tidak : Anio

Kalau tiba-tiba ada orang Korea bertamu ke rumah kamu (nah lho?)
Eoseo Oseyo! : Selamat Datang/Silahkan Masuk

Kalau mau telpon-telponan sama orang Korea
Halo : Yeoboseyo

Kalau Anda somehow jatuh cinta sama orang Korea yang cantik/ganteng?
Aku cinta kamu = Sarang haeyo/sarang hamnida
Cinta = Sarang

Ada 3 kalimat paling penting dalam mempelajari semua bahasa asing.
1. Nama saya adalah ...
2. Terimakasih (untuk menunjukkan Anda sopan dan santun).
3. Toilet ada dimana.

Toilet : hwa jang sil

Kalau ke Korea kan pasti suka belanja dan beli makanan. Tanya harganya ?
Berapa ini harganya ? : eolma-yaeyo ?

Nah, angka-angka dalam bahasa Korea juga gampang sekali diingat.
0 kong/yong
1 il
2 i
3 sam
4 sa
5 o
kongili samsao..

6 yuk
7 chil
8 pal
9 gu
10 sip
yukchil palgusip

Oke, ini sudah cukup untuk sementara. Selamat belajar. Dan katanya kalau mau lebih seru lagi belajar bahasa Korea adalah dengan nonton drama Korea yang katanya bagus-bagus. Lucu, kreatif, romantis.

Drama Korea yang ngetop banget di Indonesia (yep, banyak orang Indonesia senang drama Korea) namanya "Full House" (wajib tonton) dan "Princess Hours". Ada juga "Memories in Bali", ya betul Bali di Indonesia, dan "Love Story in Harvard", soalnya orang-orang Korea tergila-gila sekolah di luar negeri, apalagi yang namanya Harvard. (maaf ya, tapi bajakannya sih katanya buanyak banget yang jual dimana-mana).

Ghamsa hamnida! dan see you later.

Lanjutkan ke bagian 2, Jalan-jalan ke Korea!

6 comments:

purene said...

h m m m ...
ghamsa hamnida atas postingannya . .
aku lagi suka ma bahasa korea nih.
tips nonton serial full housenya aku praktekin deh .
bagus sih ..

Eko said...

Ghamsahamnida juga mas Ma'shum. mudah-mudahan makin lancar tuh ngomong koreanya.

Kim erna said...

Annyeong haseo.. Lam knal. Sy mo tax dlm bahasa korea sring ada kata ureo dan ireoke.itu artix apa ya mas?mhon djawab.gamsa hamnida

Novi said...

saya mw tanya dong, kl ijoboriji maseyo sumbulchuseyo, artinyah apa yah?? ghamsa hamnida... ☺

http://www.linaindah_cute.com said...

ghamsa hamnida tuk semua....ingin blajar lgi nh bhsa Korea...seru!!!!!!!!!!

ali said...

saya pingin sekali belajar bahasa ini...tapi kelihatannya susahhhh