Monday, June 29, 2009

Kampung Girl, dari Uncle JC!

Video lagu "Kampung Girl" Uncle JC yang lucu, gendeng, seru, kocak, dst.

Uncle JC adalah guru les bahasa Inggris di Jakarta, dan punya show radio "Rush Hour" di Kisfm, 95,1 setiap Selasa dan Kamis, jam 6 sore-8 malam. Lucu banget dan rusuh, lumayan buat nemenin macet.

Supercomputer Baru Akan Mampu Menciptakan Dunia ”The Matrix” Sungguhan


Penciptaan "The Matrix",
NewScientist, 28 Juni 2009

Hanya beberapa tahun yang lalu
,
kita melihat film “The Matrix” sebagai sebuah khayalan yang menakjubkan. Sebuah dunia virtual dalam komputer, dimana kita tidak bisa membedakan mana yang nyata, mana yang tidak nyata.

Tapi sekarang, 2009, itu semua mungkin sudah hampir jadi kenyataan. Ini benar-benar percobaan yang revolusioner. Dengan superkomputer tercepat di dunia berkecepatan 103 Teraflops, seperti BlueGene/L milik IBM, ”dunia virtual” ini bisa diciptakan hanya dalam 2 atau 3 tahun lagi.

Michael McGuigan dari laboratorium pemerintah Amerika, Brookhaven National Laboratory, dan Henrik Wann Jensen dari University of California, adalah para ilmuwan terdepan yang dipercaya akan mampu membuat ini jadi kenyataan. Sebuah dunia virtual yang super realistik, sehingga saat memasukinya, kita tidak akan bisa membedakan mana yang nyata dan mana yang tidak.

Gambar-gambar yang kita lihat akan photorealistik, artinya terlihat persis, seperti aslinya. Kita juga akan bisa berinteraksi penuh dengan seluruh lingkungannya, sekaligus merasakan sensasi fisiknya.

Dunia maya yang akan diciptakan tentu tidak akan seperti dalam filmnya yang gelap dan berbahaya, tapi adalah dunia yang menyenangkan. Bayangkan seperti film The Matrix, tapi anda berada di Hawaii, atau di Bali.

Anda bisa berjalan-jalan menyusuri pantai, merasakan hembusan angin lembut di rambut anda, merasakan desiran ombak pantai di kaki, atau minum air kelapa muda segar di bawah pohon kelapa yang teduh.

Kalau Anda bercakap-cakap atau berkenalan dengan orang lain di dunia itu, maka anda serasa bercakap-cakap dengan orang lain seperti biasa saja. Orang-orang itu bisa berupa representasi virtual dari seseorang di dunia nyata, ataupun benar-benar sebuah program komputer.

”Dunia” itu akan jadi makin natural berkat teknologi software ”Ray Tracing”. Dengan ”Ray Tracing” lingkungan yang photorealistik akan di-render dengan kecepatan tinggi, sekaligus meniru efek pencahayaan natural seperti di dunia nyata. Dikombinasikan dengan superkomputer, dengan refresh rate minimal 30 frame/detik (fps), maka simulasi komputer ini akan bisa menipu mata manusia, seakan-akan yang dilihatnya adalah nyata.

Teknologi Superkomputer BlueGene/L saat ini masih belum sepenuhnya bisa membuat dunia senyata ”The Matrix”. Tapi para ahli telah memperkirakan hanya dalam waktu 2 -3 tahun lagi, ketika komputer telah mencapai kecepatan 1000 teraflops, itu semua akan berubah. Dan Dunia virtual "The Matrix" akan tercipta untuk pertamakalinya.

Softpedia.com

Saturday, June 27, 2009

KIAMAT 2012, Legenda, Mitos, dan Bukti Sains, Selengkapnya.


Kiamat 2012
Peluncuran roket pengamatan luar angkasa


ANDA PERCAYA ramalan Kiamat 2012?
Mari kita lihat bagaimana legenda misterius ini bermula..

DULU, di tahun 1966, sebuah buku berjudul “The Maya”, yang ditulis oleh Michael D. Coe, ahli peradaban Maya pertamakalinya menulis ini…

“…bahwa suatu hari nanti, Hari Akhir itu akan datang ke Bumi dan mengakhiri hidup manusia dan seluruh makhluk pada Hari ke 13 dari Penanggalan Bak’tun (Maya)… dan seluruh alam semesta kita, akan diakhiri pada 23 Desember, 2012, ketika Perputaran Waktu Raksasa, akhirnya akan mencapai akhirnya…“.

Peradaban Maya, diperkirakan telah mencatat akan datangnya Hari akhir dunia, Kiamat tahun 2012.

Ratusan Tahun yang Lalu..

Peradaban Maya mencapai puncaknya ratusan tahun yang lalu, tepatnya 250-900 Masehi. Maya adalah peradaban yang sudah sangat maju dalam hal tulisan, astronomi dan matematika. Di saat ini, orang-orang Maya bahkan telah mampu mendeteksi Nebula Orion, tanpa teleskop, hanya menggunakan mata telanjang.

Mereka juga mempunyai manuskrip penanggalan yang sangat akurat berdasarkan ”The Dark Rift”, kumpulan debu awan hitam yang terlihat pada malam hari di Galaksi Bima Sakti. Mereka menyebutnya ”Xibalba Be” atau ”Jalan Hitam”. Berdasarkan perhitungan mereka, pada saatnya nanti, Matahari, Jalan Hitam dan Planet Bumi akan berada sejajar pada musim dingin 2012.

The Dark rift, Galaksi Bimasakti

Dan mereka percaya, sesuatu yang sangat besar akan terjadi bagi seluruh Bumi. Sebuah Katastropi, Akhir Besar dari ”Sesuatu”. Waktu dimana para Dewa akan datang kembali ke Bumi, dan melakukan Perhitungan. Dan dari seluruh penanggalan Maya yang sangat akurat dan berlangsung ribuan tahun, penanggalan itu berakhir, tepat Desember 2012. Tidak ada apa-apa lagi setelah itu.. Emptiness, Kekosongan Besar di alam semesta..

Pada pertengahan 1980, seorang John Major Jenkins menemukan Teori ”Galactic Alignment”. Nantinya, berdasarkan pengamatan astronomi, pusat Galaksi Bima Sakti (The Milky Way), Planet Bumi dan Matahari akan berada pada garis sejajar yang sempurna. Dan di saat inilah planet Bumi akibat kekacauan Gravitasi akan terdorong keluar dari orbitnya. Dan juga saat inilah, Armagedon, Apocalypse, Qiyamah, akan terjadi. Dan kesejajaran antarplanet ini diperkirakan akan terjadi persis, 21 Desember 2012.

Walaupun Anda tidak percaya dengan ramalan apapun, Anda pasti merasakan, bahwa Bumi sepertinya sedang berubah. Angin topan, tsunami, gempa bumi, gunung meletus, banjir-banjir besar terjadi dimana-mana. Ada sesuatu yang salah dengan Bumi ini.

Lalu para saintis meramalkan, termasuk NASA, akan munculnya badai api Matahari raksasa, massive Solar Flare, suatu waktu antara 2010-2012. Kekuatannya akan setara dengan 100 Juta Bom Atom. Ini pasti akan memberikan dampak besar pada kehidupan di Bumi. Banyak yang yakin dampaknya hanya gangguan komunikasi seluler atau satelit. Banyak lainnya khawatir sesuatu yang lebih besar akan terjadi.

ADA JUGA SEBUAH MITOS
yang berusia ribuan tahun. Di jaman dahulu kala, Bangsa Sumeria meramalkan akan lewatnya sebuah Planet raksasa sebesar Jupiter yang akan bersentuhan dengan Planet Bumi. Mereka menamakannya Planet X, atau Planet Nibiru (Marduk).

Ini tidak akan banyak mendapat perhatian seandainya tidak ada buku kontroversial dari Zacharia Sitchin berjudul ”The Twelfth Planet”, dan Nancy Lieder, yang mendukung ramalan ini. Dan ketika saat itu datang, 2012, maka seluruh kehidupan di Bumi akan musnah. Banyak pengikut Nancy yang percaya bahwa Marduk, adalah planet yang hidup. Kiamat 2012...

DAN DARI SEMUA SUMBER INILAH legenda ”Kiamat 2012” berasal, dan terus membesar. Banyak yang percaya ini akan benar-benar terjadi. Tapi kebanyak orang hanya menganggapnya sebagai sesuatu yang seru dan menarik karena penuh misteri. Apakah benar Kiamat akan terjadi? Dan apa yang akan terjadi?

Apa kita akan melihat planet raksasa menghunjam menghancurkan planet-planet lain dan akhirnya datang mendekati Bumi? Atau apakah kita akan melihat langit menjadi gelap dan para Malaikat-malaikat Tuhan akan datang memenuhi langit?

BAIKLAH SEKARANG KITA melihat fakta-fakta saintifiknya. Ini adalah fakta yang sesungguhnya, berdasarkan pendapat para ahli, dan NASA, soal berbagai klaim datangnya Kiamat 2012 ini.

FAKTA 2012

1. Tentang ”Galactic Alignment”

Galactic Enlightment, kesejajaran sempurna antara Pusat Bima Sakti, Matahari, dan Bumi nanti pada Desember 2012 adalah sesuatu yang akurat, dan benar-benar akan terjadi. Ini adalah fakta astronomis... Satu hal yang tidak dikatakan oleh John Jenkins. Mungkin dia sengaja atau lupa.

Adalah faktanya, bahwa kesejajaran ini, antara pusat Galaksi, Matahari, dan Bumi, selalu terjadi, setiap tahun, pada bulan Desember!!!! Hahaha!

2. Planet raksasa Nibiru ?

Berdasarkan pengamatan satelit NASA, tidak ada Planet raksasa bernama Nibiru, atau yang mirip Nibiru, atau benda apapun yang akan mendekati Bumi dalam waktu dekat ini, atau ratusan tahun yang akan datang. Kalau ada planet baru sebesar Jupiter di dekat Matahari, pasti sudah akan terlihat dengan mata telanjang! (Jupiter dan Saturnus terlihat dengan mata telanjang).

3. Badai Matahari Raksasa

Badai Matahari juga selalu terjadi. Puncaknya biasanya terjadi dalam siklus 10-11 tahunan. Biasa aja. Lihat disini, Solar flare Wikipedia.

4. Manuskrip Maya

Kalender Maya yang katanya berakhir 2012, adalah sebuah teori yang lemah dan masih diperdebatkan. Kebanyakan saintis lebih percaya, karena perbedaan interpretasi dan data, bahwa sebenarnya penanggalan itu berakhir masih bermilyar-milyar tahun dari sekarang!

Nah, Sekarang Anda
sudah tahu apa itu ramalan ”Kiamat 2012”. Mudah-mudahan Anda menikmati cerita ini. Dan jangan lupa 2014, pilihlah pemimpin muda.


Lihat video penjelasan Kiamat 2012
2012 Doomsday Prediction, Wikipedia

"Tzuhtz-(a)j-oom u(y)-uxlajuun pik
(ta) Chan Ajaw ux(-te') Uniiw.
Uht-oom ...
Y-em(al) ... Bolon Yookte' K'uh ta ..."

"Hari ke-13 Bak’tun akan berakhir
Pada Ajaw keempat, ketiga dari Uniiw
semua akan terjadi.
Akan menjadi saat turunnya (?) kesembilan Dewa ke…"

Pecahan manuskrip Maya, Tortuguero Monumen 6.
Manuskrip ini sekarang sudah hancur.





The Thirteenth 'Bak'tun" will be finished
(on) Four Ajaw, the Third of Uniiw (K'ank'in).
... will occur.
(It will be) the descent(?) of the Nine Support(?) God(s) to the...

KIAMAT 2012, Tentang Sains dan Serunya Ramalan-ramalan Ajaib

Kiamat 2012, bersama saintis Neil DeGrasse Tyson

Kiamat akan terjadi di 2012 ?

Boleh percaya, boleh tidak. Tidak ada salahnya juga kita mengetahui mitosnya sekedar untuk senang-senang. Tidak perlu ada yang gelisah tentu saja, dan untuk mendapatkan informasi yang paling kredibel tentang mitos "Kiamat 2012" ini, silakan dengarkan saja dulu penjelasan dari saintis paling top Amerika ini, Neil DeGrasse Tyson.

Friday, June 26, 2009

Kemajuan Korea Selatan


Kemajuan Korea Selatan

Ini adalah sungai Chonggyechon, sungai utama yang mengaliri kota Seoul, Korea Selatan pada pertengahan 1950-an. Chongyecheon berarti "aliran air yang bening".

Sekarang, 2009, Korea Selatan adalah salahsatu bangsa termaju dan terkaya di seluruh dunia. Sejajar dengan Amerika, Jepang, dan China.

Kenapa Korea bisa dan Indonesia pun akan bisa?

Kompas 26 Januari 2008

Michael Jackson Meninggal, Kenapa Michael Jackson adalah Superstar Terbesar


Michael Jackson meninggal, kamis sore waktu Amerika

Michael Jackson (1958-2009)
yang baru saja meninggal akibat serangan jantung mendadak (cardiac arrest) adalah seorang Superstar terbesar dalam sejarah. Ia juga adalah seorang musisi yang genius.

Pertunjukkan-pertunjukkan seorang Michael Jackson adalah pertunjukkan terdahsyat dan paling spektakuler. Konsernya selalu diadakan di stadion raksasa berteknologi canggih dan dipadati puluhan ribu penggemarnya yang histeris.

Dengan lagu-lagu yang super energik seperti "Smooth Criminal", "Bad", dan "Black or White", permainan lampu warna-warni yang menakjubkan, kualitas vokal yang fenomenal, koreografi yang spektakuler, dan kembang api raksasa, konser Michael Jackson adalah hiburan kelas dunia yang tiada duanya.

Tujuh konsernya di stadion Wembley Inggris, "The Bad World Tour" (1987) mencetak rekor karena dihadiri oleh 504.000 penonton. Lebih dari 70.000 orang setiap shownya. Ini adalah sesuatu yang tidak pernah ada lagi di saat sekarang. Tidak di Amerika, atau dimanapun di dunia.

Jacko kecil sudah menyanyi dengan bakat luar biasa sejak umur 5 tahun. Michael Jackson adalah seorang prodigi, anak ajaib, musisi genius sejak kecil. Dan di umur 10 tahun, dia sudah menjadi seorang bintang, dengan lagu-lagunya yang riang "I Want You Back" dan "ABC" bersama The Jackson 5.

Dan puncak ketenaran Jackson adalah sepanjang era 80-an, era paling spektakuler dalam sejarah musik Amerika. Musik 80-an adalah masa musik-musik yang besar, kreatif, optimis, dan dipenuhi bintang-bintang raksasa dan para Supergroup. Musik 80-an adalah musik dari Madonna, U2, The Police, Genesis, Whitney Houston, A-ha, Bon Jovi dan masih banyak lainnya. Dan yang terbesar, adalah Michael Jackson, The Biggest Superstar of All, The King of Pop.











Nama Jackson mendunia berkat albumnya yang spektakuler "Thriller", 1982. Di dalam album ini terdapat lagu "Thriller", "Billie Jean", dan "Beat It". "Beat It" menjadi lagu yang fenomenal dengan raungan gitar dari Eddie Van Halen (Van Halen).

Lalu penampilan Michael dalam "Motown 25" yang membawakan "Billie Jean" menjadi awal lahirnya gerakan khasnya, "The Moonwalk". Album ini menjadi album terbesar sepanjang sejarah dengan penjualan 109.000.000 kopi di seluruh dunia.

Michael Jackson, di tahun 1985 menulis "We Are The World" bersama Lionel Ritchie. Ini lalu menjadi upaya raksasa para artis penyanyi Amerika untuk menyelamatkan korban kemiskinan dan kelaparan di Benua Afrika.

Album Michael berikutnya yang spektakuler adalah "Bad" (1987). Disini terdapat lagu-lagu terbesar Michael, "Bad", "Smooth Criminal, "The Way You Make Me Feel", "Dirty Diana", dan salahsatu lagu favorit sepanjang masa, "Man in The Mirror".


Di tahun 1991, MJ mengeluarkan album "Dangerous" yang berisi lagu-lagu "Black or White", "Remember The Time" dan "Heal The World". Video "Black or White" yang menampilkan bintang cilik Macaulay Culkin (Home Alone) dan menggunakan teknologi komputer "Morphing" menjadi salahsatu video Michael yang paling populer.

Total, sepanjang karirnya Michael Jackson memegang rekor dalam sejarah musik dengan memiliki 13 singel nomor satu, 13 Piala penghargaan musik terbesar "Grammy", dan dengan konser-konser terbesar dan paling spektakuler dalam sejarah.

Meninggalnya Michael Jackson kemarin, Kamis 25 Juni 2009 waktu Los Angeles benar-benar sebuah kehilangan bagi dunia musik. Kehilangan bagi kita semua para pencinta musik.

Menembus Pandang ke Tahun 2030



Menembus Pandang ke Tahun 2030
Rikard Bagun, Wakil Pemimpin Redaksi Harian Kompas.


Sosok tahun 2030, apalagi tahun 2050
,
belum tersingkap jelas, tetapi sejumlah negara tampak bergegas melakukan antisipasi. Ada apa dengan tahun 2030 atau tahun 2050?

Dengan mengandalkan ketajaman imajinasi dan visi, perkembangan dan tingkat kemajuan tahun 2030 atau tahun 2050 mulai diproyeksikan secara meyakinkan. Gambaran tentang perkembangan dan kemajuan tahun 2030 atau tahun 2050 sebenarnya belum jelas.
Makna angka 2030 atau 2050 secara matematis mungkin tidak terlalu penting lagi.

Jauh lebih penting sebenarnya bagaimana bangsa-bangsa di dunia mulai mempersiapkan diri dalam menghadapi perkembangan satu generasi ke depan, yang diproyeksikan sampai tahun 2030.

Imajinasi dan visi tentang perkembangan tahun itu telah memengaruhi dan membentuk pikiran, perilaku, dan pergulatan berbagai bangsa di dunia terhadap masa depan yang menjanjikan perubahan besar.

Dari balik rongga gelap ketidakjelasan tahun 2030, seakan muncul kekuatan magnetik luar biasa yang menggerakkan pikiran, perhatian, perasaan, dan tindakan banyak bangsa. Banyak negara dan bangsa seolah dibuat gelisah, seolah tidak sabar menunggu datangnya era baru dalam satu generasi mendatang.

Bagaimanakah sesungguhnya realitas dunia tahun 2030, yang menggetarkan dan mengerakkan banyak bangsa? Lebih khusus lagi, bagaimanakah nasib bangsa Indonesia pada tahun itu?

Tanda-tanda perkembangan tahun 2030 atau tahun 2050 bagi banyak negara sudah mulai dirasakan sekarang ini. Tidaklah mengherankan, sejumlah negara tergerak memacu percepatan kemajuannya, berlari tunggang langgang, meraih kemajuan di dunia yang digambarkan semakin datar, the world is flat.

Tanpa membiarkan mata terpejam sedikit pun, konsentrasi diarahkan ke depan untuk menatap tujuan hidup yang lebih baik, yang menjamin kesejahteraan hidup, kemerdekaan individu, perlindungan hak asasi dan demokrasi. Tidak sedikit bangsa gamang menghadapi tantangan dalam menggapai masa depan yang lebih baik, tetapi lebih rumit.

Modal persiapan

Sejumlah negara dinilai telah memiliki modal dan pijakan kuat untuk menggapai kemajuan tahun 2030 atau tahun 2050. China, misalnya, disebut-sebut akan menjadi kekuatan ekonomi nomor satu di dunia pada tahun 2050.

Kepemimpinan yang kuat dan berwibawa, ditambah etos kerja yang tinggi, telah mendorong China melesat maju. Angka-angka pertumbuhan ekonomi sangat menggiurkan dari tahun ke tahun, lebih-lebih dalam tiga dasawarsa terakhir.

Sodokan kemajuan ekonomi China diperkirakan akan menggeser posisi AS ke posisi kedua, sementara India menikung mengambil posisi ketiga. Uni Eropa akan berada di urutan keempat dan Jepang pada posisi kelima.

Berbagai ramalan menyebutkan China akan kedodoran, tetapi lebih banyak orang berkeyakinan tentang kembalinya kejayaan ekonomi China yang pernah diraih di abad ke-19.

Keberadaan dunia tahun 2030 digambarkan akan ditandai oleh perkembangan teknologi luar biasa. Perekonomian akan dipengaruhi oleh teknologi informasi, teknologi material, genetika, dan teknologi energi.

Perkembangan luar biasa ini dipicu oleh nanoteknologi, teknologi yang berbasis nano. Satuan nano sangatlah kecil. Satu nanometer sama dengan seperlima puluh ribu (1/50.000) tebal rambut.

Sekalipun ukurannya sangatlah kecil, kemampuan nanoteknologi sangat dahsyat seperti dapat mengutak-atik molekul untuk memperoleh produk baru yang mengubah dunia.
Peran besar yang diambil alih oleh teknologi berbasis nano cenderung meningkat tajam.

Nanoteknologi diperkirakan akan menguasai dunia mulai tahun 2013.
Penggunaan teknologi berbasis nano akan memecahkan berbagai persoalan kemanusiaan seperti dalam bidang kesehatan dan pangan. Bahkan diramalkan, persoalan pangan tidak akan menjadi masalah lagi. Orang boleh makan apa saja, tidak khawatir sakit. Penyakit turunan disembuhkan. Orang buta melihat, dan orang tuli mendengar.

Hanya bangsa dan negara yang memiliki kemampuan menguasai teknologi tinggi dan canggih akan mengambil manfaat. Bangsa-bangsa yang tidak mampu mengantisipasi akan terus terpuruk, tetap berada di pinggiran dari panggung dunia yang menghadirkan kemajuan.
Pada lapisan yang lebih dalam sangat diperlukan sumber daya manusia yang andal, yang mampu menguasai perkembangan dan kemajuan teknologi untuk peningkatan kesejahteraan manusia.

Arah perkembangan kemajuan setiap bangsa akan sangat tergantung pada kemampuan menyiapkan sumber daya manusia yang unggul dan andal. Maka bisa terjadi, negara yang sudah maju akan bertambah maju, atau sebaliknya. Negara yang tidak maju bisa menjadi maju, atau malah semakin terpuruk.

Sejarah memperlihatkan, banyak negara yang kejayaannya meredup bahkan hancur seperti dalam kasus Imperium Roma, Inca dan Aztek, atau Ottoman Turki.

Juga dapat dijadikan ilustrasi, Kamboja tahun 1200 termasuk negara kaya di dunia. Tahun 1500, Peru dan Meksiko mencengangkan. Tahun 1960-an, Lebanon dianggap Swiss-nya Timur Tengah dan Uganda Swiss-nya Afrika. Sekarang, ke mana mereka?

Tahun 1800, Amerika Serikat lebih miskin daripada Kuba dan Argentina, tetapi AS kini menjadi begitu kaya. Kenapa? Tahun 1960-an Jepang adalah negara miskin, dan barang-barang bikinannya sangat dihina. Namun, kini semua mengakui Jepang sebagai negara hebat. Mengapa?

Jawabannya, negara-negara itu sangat memerhatikan dan mengoptimalkan kemampuan sumber daya manusia. Negara yang kurang memerhatikan pengembangan sumber daya manusia melalui proses pendidikan yang baik akan mudah kedodoran.

Ketajaman pikiran dan analisis sebagai salah satu hasil pendidikan akan mendorong penguatan visi yang berjangkauan jauh ke depan sampai ke tahun 2030, bahkan ke tahun 2050.
Dalam menghadapi tantangan masa depan itu, orang tidak cukup lagi hanya masuk ke dalam, melihat kemampuan diri, tetapi juga menengok ke luar dengan memerhatikan kekuatan bangsa-bangsa lain. Kompetisi tidak terhindarkan.

Pergerakan ke depan akan berlangsung dalam semangat kompetisi tinggi. Pasti ada yang terempas dan tak sampai. Bangsa yang kehilangan gairah akan kehabisan tenaga dan akan tertinggal jauh di belakang.

Bangsa-bangsa yang hidup dari oportunitas kekinian dan berpikiran pendek dengan mengandalkan the art of the possible belaka akan cepat kehilangan napas menghadapi perjalanan jauh ke depan.

Maka, yang diperlukan imajinasi dan visi yang kuat ke masa depan, yang harus diikat dalam komitmen kerja sebagai agenda yang konkret dan jelas. Tidak kalah pentingnya peran pemimpin dan kepemimpinan, yang memberikan arahan dan kawalan terhadap proses perubahan agar masa depan lebih baik ketimbang masa kini.

Namun, jelas pula, pilihan-pilihan besar dan strategis tidaklah muncul dari ketajaman pikiran para politisi, melainkan dari penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan menguasai pengetahuan dan teknologi, bangsa Indonesia dapat melangkah maju bersama bangsa-bangsa lain.

Apa pun tantangannya, Indonesia tidak bisa melangkah mundur lagi atau kembali ke masa lampau karena harus menemukan solusi baru dalam mengatasi berbagai persoalan masa depan.

Tentu saja Indonesia belum kehabisan seluruh potensinya untuk melakukan perbaikan dan perubahan. Sejarah telah memberikan sejumlah tugas khusus kepada bangsa dan negara Indonesia untuk melakukan transformasi yang berjangkauan jauh ke depan.



Belajar Bahasa Korea


Belajar Bahasa Korea
Cheonggyecheon, tempat hang-out yang asyik di Seoul

Belajar bahasa Korea
atau bahasa lainnya sebenarnya tidak pernah sulit kalau dimulai dari kata-kata yang paling sederhana dan menyenangkan. Misalnya seperti "nama saya siapa", atau "aku cinta kamu", atau "terimakasih", atau "Saya minta makan!". Sangat mudah sekali. Buktinya apa?

Buktinya anak-anak kecil di Korea saja sudah bisa bahasa Korea.. Dan anak-anak kecil di Inggris, kecil-kecil sudah jago bahasa Inggris. Kuncinya, mulai dari yang sederhana saja. Pelajari kata-kata, bukan struktur. Kalau kata-katanya sudah banyak tahu, struktur akan didapat secara otomatis saja.

Seperti semua anak di dunia, dan waktu balita belajar bicara, yang dipelajari adalah kata-kata. Coba kalau waktu balita anda diajari struktur bahasa Indonesia, pasti deh langsung pusing.

Jadi kenapa perlu belajar bahasa Korea? Karena Korea diramalkan akan menjadi salahsatu bangsa paling maju di dunia. Sekarang saja sudah banyak orang Indonesia yang bekerja dan belajar di Korea. Ekspatriat Korea juga banyak di Indonesia. Korea juga dikenal sebagai bangsa yang paling kreatif di dunia. Selain industri elektronik dan otomotifnya, Korea juga sangat maju dalam industri game dan animasi.

Bulgogi, yummm, daging panggang khas Korea
rasanya gurih, asin dan sedikit manis

Oke sekarang kita belajar, Bahasa Korea.

Pelajaran Bahasa Korea Bagian I

Anyong Haseyo! : Apa kabar!
Nama saya Eko : Chonun ”Eko” imnida

Terimakasih : ghamsa hamnida!
Ya : Ne
Tidak : Anio

Kalau tiba-tiba ada orang Korea bertamu ke rumah kamu (nah lho?)
Eoseo Oseyo! : Selamat Datang/Silahkan Masuk

Kalau mau telpon-telponan sama orang Korea
Halo : Yeoboseyo

Kalau Anda somehow jatuh cinta sama orang Korea yang cantik/ganteng?
Aku cinta kamu = Sarang haeyo/sarang hamnida
Cinta = Sarang

Ada 3 kalimat paling penting dalam mempelajari semua bahasa asing.
1. Nama saya adalah ...
2. Terimakasih (untuk menunjukkan Anda sopan dan santun).
3. Toilet ada dimana.

Toilet : hwa jang sil

Kalau ke Korea kan pasti suka belanja dan beli makanan. Tanya harganya ?
Berapa ini harganya ? : eolma-yaeyo ?

Nah, angka-angka dalam bahasa Korea juga gampang sekali diingat.
0 kong/yong
1 il
2 i
3 sam
4 sa
5 o
kongili samsao..

6 yuk
7 chil
8 pal
9 gu
10 sip
yukchil palgusip

Oke, ini sudah cukup untuk sementara. Selamat belajar. Dan katanya kalau mau lebih seru lagi belajar bahasa Korea adalah dengan nonton drama Korea yang katanya bagus-bagus. Lucu, kreatif, romantis.

Drama Korea yang ngetop banget di Indonesia (yep, banyak orang Indonesia senang drama Korea) namanya "Full House" (wajib tonton) dan "Princess Hours". Ada juga "Memories in Bali", ya betul Bali di Indonesia, dan "Love Story in Harvard", soalnya orang-orang Korea tergila-gila sekolah di luar negeri, apalagi yang namanya Harvard. (maaf ya, tapi bajakannya sih katanya buanyak banget yang jual dimana-mana).

Ghamsa hamnida! dan see you later.

Lanjutkan ke bagian 2, Jalan-jalan ke Korea!

Wednesday, June 24, 2009

Crystal of Knowledge, Perpustakaan Terbesar di Dunia akan Dibangun di Depok

Perpustakaan terbesar di dunia, UI

Benar-benar luar biasa!
Ini perasaan saya saat membaca berita ini. Benar-benar bangga rasanya bahwa hal ini bisa terjadi di Indonesia. Harapan-harapan besar bisa dengan mudah tumbuh dari sini.

Universitas Indonesia, akhirnya mungkin akan bisa mewujudkan impiannya jadi salahsatu institusi pendidikan terdepan di seluruh dunia, bukan cuma di Indonesia. Universitas Indonesia, yang ada di Depok, akan membangun sebuah perpustakaan raksasa dengan desain yang indah dan spektakuler senilai Rp 100 Milyar, "Crystal of Knowledge".

Perpustakaan super megah ini akan mempunyai tinggi 8 lantai, dengan luas area nyaris mencapai 2,5 hektar. Buku-bukunya akan mencapai 5 juta buku-buku terbaik dan terbaru dari seluruh dunia, selain tentu dilengkapi dengan akses internet super high speed dan multimedia canggih. Saking besarnya, perpustakaan ini akan mampu menampung 10.000 orang sekaligus secara bersamaan!

Arsitekturnya terdiri dari kombinasi batu dan kaca-kaca lebar seperti prasasti, dengan tulisan-tulisan dan huruf dari seluruh peradaban dunia. Pohon-pohon besar yang ada di sekitarnya dibiarkan tumbuh, sehingga perpustakaan ini akan menjadi perpaduan yang luar biasa antara lingkungan hijau yang asri dengan arsitektur canggih dan modern. Lokasinya pun terletak di dekat Danau Kenanga UI. Benar-benar sangat menyenangkan.

Mungkin nanti jutaan warga Depok dan sekitarnya (Jabotabek) akan lebih senang menghabiskan waktunya di sekitar perpustakaan ini daripada ke mal. Sambil berharap-harap anak-anaknya akan ikut tertular menjadi cerdas dan senang menimba ilmu.

Tidak kalah hebatnya, gedung ini juga akan memakai konsep ”Green Energy” yang sustainable dan sangat efisien. Seluruh kebutuhan listrik di gedung raksasa ini akan dipasok menggunakan tenaga Matahari. Kendaraan bermotor juga tidak diperkenankan memasuki area perpustakaan ini. Para pengunjung bisa berjalan kaki ataupun dengan sepeda.

Gedung ini sendiri bisa dibangun berkat kerjaama antara pemerintah, Universitas Indonesia, dengan swasta, yaitu Bank BNI. Benar-benar sinergi yang visioner antara dunia pendidikan dan swasta.

Perpustakaan, adalah monumen peradaban. Monumen yang menunjukkan ketajaman visi suatu bangsa dan para pemimpinnya terhadap Pengetahuan dan Keunggulan bangsanya. Dengan perpustakaan yang unggul, semua masyarakat, berjuta-juta orang, dari anak-anak sampai dewasa, kalangan atas maupun bawah bisa sama-sama mendapatkan segala ilmu pengetahuan terunggul di dunia.

"The man who enters a library is in the best society this world
affords; the Good and the Great welcome him, surround him, and humbly ask to be allowed to become his servants."
Andrew Carnegie, 1895


Ilmu pengetahuan termaju, sains dan teknologi tercanggih, pemikiran para tokoh besar, para pemimpin dunia, orang-orang paling genius dalam sejarah atau bahkan para pengusaha-pengusaha paling sukses yang kekayaannya tidak terbayangkan, semua bisa didapatkan ilmunya dengan mudah, dan murah. Itulah kedahsyatan sebuah Perpustakaan. Dan kita akan segera mempunyai perpustakaan terbesar di dunia.

Semoga dengan fasilitas yang sangat hebat ini, bangsa Indonesia, dan warga Depok khususnya, bisa menjadi masyarakat baru yang unggul dengan wawasan yang berkelas dunia. Crystal of Knowledge, perpustakaan terbesar, termodern, dan terindah di dunia!

Terimakasih Universitas Indonesia. Terimakasih Bapak Rektor UI Prof. Dr. Gumilar R. Soemantri. Seperti tertulis di website-nya, Welcome, to The Future!!



Perpustakaan ini akan segera dibuka untuk umum
pada Agustus 2010, sebentar lagi..

Monday, June 22, 2009

Sang Pemimpi..



Sang Pemimpi, Andrea Hirata

“Jelajahi kemegahan Eropa hingga Afrika yang eksotik!
Temukan berliannya budaya sampai ke Prancis.
Langkahkan kakimu di atas altar suci almamater terhebat tiada tara: Sorbonne.
Ikuti jejak-jejak Sartre, Louis Pasteur, Montequieu, Voltaire.
Di sanalah orang belajar science, sastra, dan seni hingga mengubah peradaban ...." (hal 13)


Yep, i'm sooooo gonna get this book!
Review coming up (khusus buat yang masih belum baca).

Saturday, June 20, 2009

5 Video Paling Lucu di Youtube

5 Video paling lucu di Youtube

Selamat Malam Minggu,
dan tidak ada salahnya kita menikmati sesuatu yang seru. Ini adalah kumpulan video paling lucu dan seru di Youtube. Kalau anda lihat video-video ini, dijamin pasti tertawa dan hari anda akan jadi lebih cerah dan menyenangkan.

1. Evolution of Dance ( 122.000.000 penonton ).

Seorang komedian menari dengan gaya-gaya paling aksi dari sepanjang evolusi musik Amerika. Ada gaya Michael Jackson, ”Walk Like an Egyptian” dari The Bangles, Mc Hammer, Vanilla Ice “Ice-ice Baby”, dan puluhan lagu seru lainnya. Kalau anda generasi 80-an anda akan menyukai sekali video ini. Dianggap video ter-lucu di Youtube.

2. Hahaha!

Anak balita kecil duduk di bangku tertawa habis-habisan, lucu banget. Salahsatu video paling populer di Youtube, dengan lebih dari 85.000.000 penonton. (Lihat disini).

3. Charlie Bit Me!

Dua adik kakak kecil main-main berdua. Si adik menggigit jari si kakak dan ekspresi wajah si adik benar-benar kocak. 100.000.000 penonton. (Lihat disini).

4. Axis of Evil Comedy Tours

Apa yang dilakukan orang-orang Islam di Amerika untuk memulihkan imagenya pasca 9/11? Komedi! Dan ternyata berhasil. Komedi yang super lucu ini dapat banyak pujian bahkan para komediannya juga diwawancarai CNN dan majalah Time. Mereka juga ditampilkan dalam bonus DVD "Fahrenheit 9/11" dari Michael Moore yang banyak memenangkan.penghargaan. Lucu, rame, seru, dan berpengaruh.



5. Harry Potter dan suara tik-tik misterius.

Pertunjukkan boneka Harry Potter. Profesor Snape bingung mendengar suara tik-tik yang misterius. Harry Potter, Ron, dan Hermione juga mendengarnya. Tapi suara apa itu sebenarnya? Apa hubungannya dengan... Voldemort? 63.000.000 penonton. (Lihat disini).

Kedahsyatan Peradaban Islam "Zaman 1001 Malam"


Keunggulan Peradaban Islam

Awalnya tidak banyak orang yang mengetahui ini.

Bahkan banyak ahli-ahli sejarah pun tidak mengetahuinya. Tapi sekarang itu sudah mulai berubah. Peradaban ini telah diakui sebagai salahsatu puncak tertinggi peradaban umat manusia.

Sebuah peradaban yang dahsyat dan menguasai dunia selama beratus-ratus tahun. Peradaban yang bahkan telah menciptakan mekanika robot dan komputer paling awal. Peradaban itu adalah peradaban Islam, abad 8-13.

Ini dimulai dari masa sang raja bijaksana Harun al-Rashid, yang terkenal dalam cerita-cerita ”1001 Malam”. Di masanya, di pusat pemerintahannya di Bahgdad, kerajaannya adalah kerajaan yang megah berlimpah kemewahan dan kekayaan. Daerah kekuasaannya sangat luas, dan perdagangannya mencapai seluruh dunia, dari ujung utara Eropa sampai kepulauan Nusantara. Sementara, saat itu Eropa masih berada dalam zaman kegelapan, Paris dan London adalah kampung-kampung yang kumuh dan becek.

Dan di kota metropolis Baghdad, berkumpul orang-orang paling cerdas dan paling bijaksana di dunia. Saat itu orang-orang cerdas adalah orang-orang yang paling dihargai. Ini sesuai dengan sabda Nabi Muhammad Saw, "Kelebihan seorang berilmu terhadap ahli ibadah, seperti bulan purnama terhadap seluruh bintang-bintang di langit".

Bahkan buku-buku terbaik dari para intelektual akan dibeli dengan emas, seharga berat buku itu (bandingkan ini dengan para intelektual yang hidup di bangsa-bangsa terbelakang). Di masa itu orang-orang pandai bisa hidup senang dan sangat nyaman. Baghdad sendiri dikenal punya puluhan perpustakaan raksasa yang berisi jutaan buku-buku terbaik dan terbaru dari seluruh dunia.

Dan mungkin anda akan takjub melihat apa yang sebenarnya telah diciptakan oleh para intelektual Islam di masa itu..

ROBOT PERTAMA

Patung-patung bergerak al-Jazari

Banyak yang menyangka
Robot pertama diciptakan oleh sang genius Leonardo da Vinci di tahun 1495. Tapi lihat ini di Wikipedia. Di tahun 1206, seorang ilmuwan bernama Al-Jazari sudah menciptakan sebuah ”mesin” yang bisa bergerak-gerak menggunakan tenaga air berbentuk manusia.

Ini, adalah salahsatu Robot pertama dalam sejarah manusia. Khususnya adalah robot pertama yang diprogram secara mekanis, the first programmable humanoid robots. Robot-robot ini berbentuk musisi yang secara otomatis bisa memainkan alat musik bila dihidupkan. Lihat di Wikipedia : Robot, History of Robots. Para ilmuwan Islam sudah membuatnya jauh sebelum Leonardo Da Vinci.

RUMUS GRAVITASI UNIVERSAL

Penemuan "Hukum Gravitasi Universal" oleh Newton (Principia, 1687) dianggap sebagai salahsatu puncak tertinggi dari seluruh eskalasi kecerdasan spesies manusia. Tapi lihat juga ini di Wikipedia. Seorang ilmuwan bernama Muhammad Ibn Musa di abad 9 sudah menciptakan hipotesis akan adanya suatu Daya Tarik raksasa dalam pergerakan benda-benda luar angkasa. Ilmuwan Islam bahkan sudah mendahului Newton.

"In the 9th century, the eldest Banū Mūsā brother, Muhammad ibn Musa, in his Astral Motion and The Force of Attraction, hypothesized that there was a force of attraction between heavenly bodies, foreshadowing Newton's law of universal gravitation".

Wikipedia : History of Gravitation
Robert Briffault (1938), “The Making of Humanity”.

ANGKA 0, 1-9

Bayangkan saja angka-angka standar 0, 1-9 yang sekarang digunakan di seluruh dunia. Angka-angka ini diperkenalkan pertamakalinya oleh ilmuwan Islam. Nama ilmuwan genius itu adalah Al-Khwarizmi.

Dia juga menciptakan sistem penghitungan aljabar, yang dalam bahasa Inggris internasional dikenal sebagai Algebra, yang diambil dari judul buku Al-Khwarizmi, Hisab al-jabr w’al-muqabala. Al-Khwarizmi dianggap sebagai Bapak Aljabar Dunia.

Dan Algoritme (algorithm) yang tentu menjadi inti flowchart pemecahan masalah dan sistem sebuah program komputer, berasal dari nama Al-Khwarizmi. Al-Khawrimi adalah seorang genius yang merubah seluruh dunia.

KOMPUTER ANALOG !

Ilmuwan Islam abad 9 sudah menemukan sebuah komputer? Lihat Wikipedia : Computer. Dan ini juga ditemukan oleh Al-Jazari, yang menciptakan robot pertama.

Alatnya bernama Castle Clock, atau Jam Istana. Ini adalah alat besar yang sangat rumit dan kompleks, yang tentu tidak hanya menunjukkan jam, tapi juga menunjukkan zodiak, orbit matahari dan bulan secara akurat. Jam ini juga diprogram untuk menyesuaikan perubahan panjang waktu antara siang dan malam yang berubah setiap tahun. Dan uniknya setiap jam dari dalam jam besar ini akan keluar orang-orang/manekin.

Dan tentu saja jam ini bisa dihubungkan dengan robot-robot Al-Jazari. Dan karena kemampuannya untuk bisa diprogram secara khusus, maka Jam Istana Al-Jazari ini dianggap sebagai salahsatu komputer pertama, The First Programmable Computer.


ZAMAN KEEMASAN PERADABAN ISLAM

Penemuan-penemuan diatas hanya sebagian kecil saja dari seluruh penemuan besar yang sudah dicapai di masa keunggulan peradaban Islam. Begitu banyak penemuan dalam bidang matematika, astronomi, fisika, optik, kedokteran, sosiologi berhasil diciptakan.

Kalau anda melihat artikel ”Polymath” di Wikipedia, maka anda akan menemukan begitu banyak nama-nama Islam diantara nama Leonardo da Vinci, Galileo, Goethe, dan Benjamin Franklin.

Polymath adalah orang-orang genius istimewa yang mampu menguasai tidak hanya satu, tapi beberapa bidang ilmu, sekaligus. Diantaranya selain para penemu diatas misalnya Ibn Sina, yang wajahnya terpampang di aula kehormatan Universitas Paris (Sorbonne). Atau Ibn Khaldun yang mahakaryanya ”Muqaddimah” dianggap jauh lebih hebat dan kompleks dari ”The Prince”, karya Machiavelli yang banyak diagung-agungkan di Eropa.

Dan ini semua hanyalah bukti kecil saja dari kedahsyatan peradaban besar yang unggul dan kaya-raya itu.


Sumber :
Buku Imperium III : Zaman Kebangkitan Besar versi 2.0

“For centuries before 1500, the world of Islam
had been culturally and technologically ahead of Europe.

Its cities were large, well-lit, and drained, and some of them possessed universities and libraries and stunningly beautiful mosques. In mathematics, cartography, medicine, and many other aspects of science and industry—in mills, guncasting, lighthouses, horsebreeding—the Muslims had enjoyed a lead.”

Paul Kennedy
“The Rise and Fall of the Great Powers:
Economic Change and Military Conflict From 1500 to 2000”

Pelajari lebih lanjut

Islamic Golden Age, Wikipedia
Polymath, Wikipedia
Computer, Wikipedia
History of Gravity, Wikipedia

Friday, June 19, 2009

Inilah Resep Cara "Menciptakan Matahari dan Bintang-Bintang"


Bagaimana Cara Menciptakan Matahari?

Bagaimana cara manusia
bisa menciptakan Matahari ? Mungkinkah ? Tentu saja mungkin. Kira-kira seperti ini resepnya.


1. Matahari, intinya adalah bola plasma Hidrogen dan Helium raksasa. Itu saja. Jadi untuk menciptakan Matahari, kita cuma perlu... Hidrogen. Dan Hidrogen kan banyak di Bumi, seperti Air (H2O). Helium nanti akan tercipta dari fusi Hidrogen.

2. Lalu, Hidrogen yang sudah didapat kita rubah dulu jadi Hidrogen yang agak berat, namanya D dan T, Deuterium dan Tritium (2H dan 3H). Deuterium bisa didapat dari Air, dan Tritium bisa didapat dari batu alam (Lithium). Gampang kan? (Hehe).

3. Masukan semua bahan-bahan ini ke dalam wadah bulat sebesar kacang polong..

4. Lalu untuk memanaskannya, ibu-ibu, gunakan fokus energi dari 192 Laser raksasa untuk memanaskan bahan-bahan ini sampai suhu yang ekstrim, 100 juta derajat Celcius, dan tekanlah sampai milyaran kali tekanan atmosfir Bumi. Nyalakan.

5. Tunggu sebentar.. (bahkan tidak sampai 1 detik),... Bummm!!@#$!

6. Jadilah Matahari Miniatur kita.

7. Selamat menikmati, lebih enak selagi panas.

Ilmuwan di NIF Lab yang super canggih

Saat ini para ilmuwan
sedang berusaha menciptakan Matahari Tiruan menggunakan energi 192 Laser Raksasa di NIF, National Ignition Facility, Livermore, California. Ini adalah mesin laser terbesar yang pernah diciptakan umat manusia, dan berkekuatan 100 kali lebih besar dari yang pernah dibuat sebelumnya.

Dan tujuannya begitu dahsyat, menciptakan energi baru yang begitu besar dan tidak akan pernah mungkin habis sepanjang umur manusia. Inilah energi Fusi Nuklir, energi raksasa yang membuat bintang-bintang raksasa terbakar selama milyaran tahun lamanya.

"One gallon of seawater would provide the equivalent energy of 300 gallons of gasoline. Fuel from 50 cups of water contains the energy equivalent of two tons of coal."


National Ignition facility, "How to Make A Star"

OCULUS, Kapal Pesiar Super Masa Depan


Kapal Pesiar raksasa Oculus

OCULUS adalah rancangan mahakarya masa depan.
Desainnya begitu futuristik dan terlihat sangat indah dan elegan, seperti sesuatu yang belum pernah kita lihat sebelumnya.

Kapal Oculus adalah kapal pesiar super dengan panjang 250 kaki dan mampu berlayar dengan kecepatan mencapai 25 knots. Desain ini terinspirasi oleh gabungan bentuk badan ikan dan mamalia seperti ikan paus atau lumba-lumba. Konsepnya dirancang oleh E. Kevin Schöpfer dari Schöpfer Yachts LLC.


Saturday, June 13, 2009

Warkop, Ke Bali

Jalan-jalan bareng Warkop DKI ke pulau Bali. Lucu banget nih, jamannya radio masih berkuasa. Dan tahu ngga, kalau pulau Bali dikelilingi pantai, bukan dikelilingi pohon salak? Selamat menikmati.

Kecemerlangan Ekonomi Amerika Pada Masa Bill Clinton


Bill Clinton, masa pemerintahan, 1993-2001

Amerika, yang sekarang
ekonominya nyaris ambruk, ternyata pernah mengalami masa kemakmuran ekonomi yang begitu spektakuler. Inilah salahsatu puncak kemakmuran ekonomi Amerika sepanjang sejarahnya, dan terjadi dalam waktu yang cukup panjang, dari 1992-2000. Inilah masa pemerintahan Presiden Bill Clinton.

Apa yang terjadi?
Mempelajari ekonomi Amerika masa Clinton adalah mempelajari bagaimana sebuah bangsa Superpower nomor 1 di dunia mengelola ekonominya, di masa puncak kejayaannya.

Di masa Clinton, surplus anggaran Amerika mencapai rekor tertinggi US$ 237 Milyar, lapangan kerja baru yang berhasil diciptakan mencapai 22,5 juta, juga rekor tertinggi dalam sejarah Amerika. Ekonomi tumbuh rata-rata 4% per tahun, secara signifikan lebih tinggi dari masa pemerintahan Reagan dan George (H.W) Bush sebelumnya yang hanya 2,8%. Pengangguran mencapai rekor terendah (4%) dan orang miskin berkurang dari 15,1% menjadi 11,8%, juga rekor terbaik sepanjang 30 tahun. Ratusan juta orang Amerika hidup dalam kemakmuran.

Inilah strategi besar pemerintahan Bill Clinton :

1. Menciptakan dan memperkuat disiplin fiskal.
Clinton menghapus defisit anggaran dan menciptakan surplus, menjaga tingkat bunga rendah, dan mendorong investasi swasta.

2. Berinvestasi pada kualitas manusia.
Clinton mendorong penciptaan sistem pendidikan berkualitas tinggi, pelatihan industrial dan manajemen, pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dan mendorong lebih banyak upaya-upaya riset.

3. Membuka pasar luar negeri dan mendorong globalisasi.
Ini juga menjadi highlight dari masa Clinton. Dia berupaya untuk mendorong pasar bebas dan menurunkan tarif perdagangan antar negara. Selama masa pemerintahannya Clinton berhasil mendapatkan 300 Perjanjian Perdagangan dengan negara-negara lain, termasuk perjanjian dagang yang bersejarah dengan China.


Bill Clinton, SBY, dan George Bush (Sr), Aceh, 2005

Clinton menaikkan pajak untuk orang-orang kaya Amerika. Ini tentu sangat berisiko karena mereka secara politis bisa sangat penting, tapi Bill Clinton berani melakukannya. Inflasi juga dijaga tetap rendah dengan kebijakan moneter sehingga ekonomi berjalan baik dan normal.

Pajak usaha juga dipotong, capital gain tax cut, sehingga usaha justru makin banyak dan berkembang, dan pendapatan pemerintah pun justru meningkat seiring berkembangnya ekonomi. Berbagai deregulasi juga dilakukan, dan meningkatnya tingkat persaingan mendorong ekonomi untuk menjadi makin efisien dan dan berkembang. Kemajuan ekonomi juga membuat tingkat kejahatan, crime rate, semasa presiden Clinton berkurang secara signifikan.

Dalam bidang pendidikan, Clinton seringkali harus berjuang keras melawan kongres untuk meningkatkan anggaran, terutama setelah kubu Republik menguasai Kongres tahun 1994 (Clinton dari Demokrat). Tapi untuk peningkatan pendidikan, pemerintahan Clinton dan Kongres selalu bisa berkompromi.

Tapi, ini tidak semudah yang kita bayangkan, "berikan anggaran pendidikan 20%". Peningkatan anggaran pendidikan secara signifikan, adalah berarti pengurangan pada anggaran lain, secara signifikan. Intinya adalah seberapa tajam dan strategis visi anda pada pendidikan, dan bagaimana mengatur anggaran lainnya agar lebih efisien.

Bill Clinton di KTT APEC Bogor, 1994

Clinton juga menandatangani
perjanjian NAFTA dan kerjasama ekonomi Asia Pasifik, APEC, di Bogor (Indonesia) tahun 1994. Dan Ini juga penting agar pekerja Amerika bisa dan siap bersaing secara global.

Ini adalah point-point utama dari masa pemerintahan Clinton dalam bidang ekonomi. Untuk detailnya silakan pelajari lebih lanjut.

Kunjungan Hillary Clinton sebagai wakil Obama
Jakarta 18 Februari 2009

Luskin NRO Financial
Taking the Voodoo Out of Tax Cuts, Brian S. Wesbury

Friday, June 12, 2009

BUDAYA UNGGUL dan INVESTASI SDM



BUDAYA UNGGUL dan INVESTASI SDM
Oleh Suryopratomo




Saat menerima penghargaan dari Universitas Mercu Buana hari Sabtu pekan lalu, wartawan senior Rosihan Anwar menekankan pentingnya pendidikan. Investasi pada bidang sumber daya manusia memang tidak segera bisa dinikmati hasilnya. Namun pada jangka panjang, niscaya manfaatnya akan segera terasakan.

Rosihan menunjuk India sebagai contoh. ”Lima puluh tahun lalu ketika India memutuskan untuk fokus pada human investment, banyak negara yang mencemooh. Untuk apa melahirkan banyak doktor, sarjana di bidang keuangan dan bidang sains, kalau negaranya tetap miskin,” kata Rosihan.

Cemoohan itu, menurut Rosihan, wajar muncul karena kaum intelektual India itu tidak mendapatkan tempat di negerinya. Bangsa India justru berdiaspora, bertebaran di banyak negara, bekerja di negeri orang.

”Ketika jumlahya masih terbatas dan lapangan kerja di dalam negerinya masih terbatas, orang India yang pintar-pintar terpaksa pergi ke Amerika, ke Inggris, ke Australia untuk bekerja. Tetapi ketika critical mass-nya tercipta, India bisa membangun negaranya sendiri,” kata wartawan senior itu.

Rosihan tidak ragu dengan pandangan banyak orang bahwa India dalam waktu tidak terlalu lama akan menjadi kekuatan ekonomi besar dunia. Mengapa? Karena India mempunyai sumber daya manusia yang memadai untuk mendorong negaranya menjadi negara maju.

”Orang mengatakan India seperti halnya China akan menjadi kekuatan ekonomi utama dunia, saya tidak ragu karena bangsa India melakukan kebijakan yang tepat, yakni melakukan human investment,” kata Rosihan.

Kata kunci yang harus dihadapi seluruh bangsa dunia di depan adalah persaingan. Globalisasi yang sedang kita hadapi membuat persaingan itu bahkan akan semakin ketat.

Untuk bisa memenangi persaingan tidak ada pilihan lain kecuali setiap negara memiliki SDM yang berkualitas. Semakin banyak SDM berkualitas yang dimiliki sebuah negara akan semakin besar peluang yang dimiliki negara tersebut untuk bisa memenangi persaingan atau kompetisi dan memetik manfaat maksimal dari yang namanya globalisasi.

Tentu untuk membuat keunggulan itu bermanfaat serta menghasilkan sesuatu bagi bangsa dan negara dibutuhkan lingkungan yang mendukung. Harus disediakan ruangan yang bisa memungkinkan semua potensi itu berkembang dengan optimal.

Di sinilah diperlukan yang namanya levelled playing field, ruang bermain yang berlaku sama bagi setiap warga negara. Mereka yang meraih kemajuan adalah mereka yang memang lebih kreatif, mereka yang lebih produktif, mereka yang bisa menghasilkan karya yang lebih baik. Bukan mereka yang kebetulan mendapatkan kemudahan, memiliki kekuasaan, mendapatkan privilege.

Dengan lingkungan yang lebih kondusif, maka setiap orang dipacu untuk memiliki etos kerja yang tinggi. Tidak mudah mengeluh dan menyerah kepada keadaan. Selalu berupaya untuk lebih unggul dan memenangi persaingan.

Sikap untuk tidak mudah kalah harus diciptakan dari lingkungan yang sehat. Semua orang dipacu untuk bisa menjadi yang terbaik. Tidak bisa sikap ”kalau bangsa lain bisa, kita juga harus bisa” terjadi dengan sendiri. Itu harus dengan sengaja dibentuk dan ditanamkan kepada diri setiap warga negara.

LINGKUNGAN

Pertanyaannya, apakah bangsa Indonesia tidak memiliki SDM yang unggul?

Bangsa ini dilahirkan sebagai bangsa yang cerdas dan unggul. Dalam setiap bidang, selalu lahir orang-orang yang berkualitas, entah itu dari olahraga maupun bidang-bidang yang berkaitan dengan ilmu pengetahuan.

Ukurannya sederhana saja. Orang Indonesia selalu menonjol ketika dia berkiprah di negeri orang. Sebut, misalnya, pemain sepak bola Kurniawan Dwi Julianto ketika berkiprah di Liga Swiss atau Bambang Pamungkas yang sekarang ini menjadi bintang di Liga Malaysia. Atau di cabang bulu tangkis, Tony Gunawan yang mampu membawa Amerika Serikat tiba-tiba masuk ke dalam kelompok negara juara dengan mempersembahkan gelar juara dunia ganda putra bagi negeri tersebut.

Singapura sejak lama melihat Indonesia sebagai negara dengan potensi SDM berkualitas. Sejak beberapa tahun terakhir, mereka masuk ke sekolah-sekolah terbaik yang ada di Indonesia untuk menawarkan beasiswa kepada murid yang berpotensi.

Sejak tingkat SMA, anak-anak Indonesia diundang untuk mengecap pendidikan di Negeri Singa itu. Ketika prestasinya semakin menonjol, mereka ditawari beasiswa untuk melanjutkan pendidikan di perguruan tinggi dengan ikatan dinas. Anak-anak Indonesia itu diminta untuk tiga tahun bekerja di Singapura setelah selesai menjalani pendidikan tingkat tingginya.

Prestasi anak-anak Indonesia diakui di banyak negara lain. Pertanyaannya tentu, mengapa mereka tidak bisa memberi sumbangsih yang nyata bagi kemajuan Tanah Airnya?

Jawabannya terletak pada faktor lingkungan. Potensi yang luar biasa dari putra bangsa tidak mendapatkan tempat untuk bisa berkembang di negerinya.

Sikap untuk mencari jalan pintas begitu umum terjadi di negeri ini. Bahkan orang bangga apabila bisa kaya, meski tidak bekerja.

Padahal, Bapak Bangsa India Mahatma Gandhi mengatakan, salah satu dari tujuh dosa sosial adalah kaya tanpa bekerja. Orang harus merasa malu apabila kaya raya tetapi tidak dari bekerja. Artinya, orang harus bekerja keras, harus berkeringat apabila ingin memetik hasilnya.
Untuk itu Gandhi mengajarkan rakyatnya untuk pintar dan berilmupengetahuan. Namun, ilmu pengetahuan pun bukan sekadar ilmu biasa, tetapi ilmu pengetahuan yang dilengkapi dengan karakter.

Sebab, memang sangat berbahaya orang memiliki ilmu, namun tidak ditujukan untuk kepentingan yang baik. Apalagi tidak dilengkapi dengan etika yang ia pegang teguh. Mereka akan menjadi monster yang merugikan dan membahayakan orang lain.

Kita sangat merasakan sekarang ini ketika orang terbawa arus konsumerisme, tanpa memahami untuk apa semua itu. Kekayaan dan menjadi kaya seolah-olah menjadi tujuan yang harus dicapai, tanpa peduli bagaimana semua itu didapatkan.

Maraknya praktik korupsi, kolusi dan nepotisme (KKN) di negeri ini terjadi ketika semua orang menjadikan kaya itu sebagai tujuan. Di tengah ketidakpahaman untuk apa orang menjadi kaya itu dan bagaimana meraih kekayaan itu, maka orang mau melakukan apa saja untuk meraih tujuan tersebut.

PERBAIKAN


Apabila kita ingin memperbaiki bangsa dan negara ini dengan membangun budaya unggul (culture of excellences), maka tidak bisa lain kecuali kita memperbaiki lingkungan terlebih dahulu. Harus diciptakan suasana yang menyehatkan, yang memungkinkan semua orang untuk mempertunjukkan keunggulan.

Caranya adalah dengan bersama-sama memberikan penghargaan kepada setiap keunggulan yang ada dan tercipta. Tidak perlu bentuknya dalam materi, tetapi pengakuan atas kehebatan seseorang sudah menjadi pemacu yang luar biasa bagi setiap orang untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.

Sebaliknya, kita harus berani memberikan hukuman kepada mereka yang melanggar aturan main. Jangan dibiarkan orangorang yang jelas tidak unggul, tetapi mendapatkan kehormatan, kedudukan, apalagi kekayaan yang tidak sepantasnya didapat.

Artis-artis musik, misalnya, merupakan contoh orang-orang yang unggul. Dengan karyanya, mereka mampu mengangkat nama Indonesia untuk menembus pentas dunia. Namun, musisi seperti Dwiki Dharmawan dan Anang pernah mengeluh, betapa karyanya sangat tidak dihargai. Begitu karya mereka hasilkan, begitu pembajakan terjadi.

Upaya untuk mengadukan nasibnya kepada polisi sama sekali tidak membawa hasil. Para pembajak begitu leluasa menikmati hasil pembajakannya dan sering kali mereka membagi keuntungan yang tidak sah itu bersama oknum aparat.

Trio Bimbo (Sam, Acil, dan Jaka) pernah sampai patah semangat untuk berkarya. Sebab, karya yang jelas-jelas milik mereka, tidak dianggap sebagai karya yang harus diakui. Tidak ada satu pun pihak yang mau peduli dan kemudian memperjuangkan hak mereka.

Negeri ini mempunyai potensi besar untuk bisa maju. Negeri ini bukan hanya diberkahi dengan sumber daya alam yang melimpah, tetapi juga dengan SDM yang berkualitas.

Yang dibutuhkan adalah cara penanganan yang benar. Dengan pemberian kesempatan lebih banyak lagi kepada setiap orang untuk bisa mengecap pendidikan agar tercapai critical mass yang mencukupi untuk bisa membawa negeri ini maju, maka niscaya negeri ini akan bergerak maju.

Apalagi jika ditambah dengan penciptaan jiwa kewirausahaan (entrepreneurship), maka orang tidak hanya didorong untuk memproduksi, tetapi bisa juga memasarkan hasil produksinya.

Investasi untuk tercapainya itu semua bukan hanya mahal, tetapi membutuhkan waktu yang panjang. Namun itu harus dilakukan, karena pilihan lain adalah bangsa ini akan menjadi bangsa yang terkebelakang.

Prof Daoed Joesoef pernah mengingatkan, tantangan yang dihadapi setiap bangsa ke depan adalah apa yang disebut dengan global trap. Perangkap global menunjukkan, jumlah orang yang berkualitas makin lama justru semakin lebih sedikit dibandingkan orang yang tak berkualitas.

Untuk mencegah jangan sampai itu terjadi, maka tidak bisa lain kecuali secara sengaja memberikan prioritas kepada investasi SDM.

Banyak negara mampu mengangkat bangsanya karena fokus untuk menangani pendidikan bangsanya. Kalau negara lain bisa, mengapa kita, bangsa Indonesia tidak mampu melakukan?

Belum lama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menantang anak-anak bangsa untuk mempunyai sikap ”kalau orang lain bisa, mengapa kita tidak?” Sangat relevan kalau kita juga balik menantang pemerintah, ”kalau negara lain bisa memajukan bangsanya, mengapa pemerintah kita tidak bisa?”

Seharusnya tidak ada yang tidak bisa di dunia ini.


Oleh SURYOPRATOMO (KOMPAS 10 desember 2005)

Monday, June 8, 2009

Bahasa Latin, Membuat Anda Kelihatan Lebih Pintar..

Bahasa Latin

Bahasa latin,
sejak ribuan tahun memang dianggap sebagai salahsatu bahasa ilmu pengetahuan terpenting di dunia. Itulah sebabnya, sampai sekarang pun masih banyak orang maupun organisasi yang dengan bangga memakai bahasa latin. Di bawah ini adalah beberapa kalimat dan ungkapan latin yang paling menarik dan akan berguna untuk anda. Beberapa mungkin sudah anda kenal.


Quo Vadis?
Where are you going?
Mau kemana sih? (Jadi kalau ada orang nulis di koran dan judulnya dimulai dengan kata ”quo vadis”, anda sudah tahu artinya, ”Mau Kemana?”).

Vox populi, vox Dei
The voice of the people is the voice of God
Suara rakyat adalah suara Tuhan. Populi = Rakyat (people). Dei (Deus) = Tuhan. Vox = Voice.

Deliriant isti Romani!
They are mad, those Romans!#@$!!
Orang-orang Romawi memang gila! (Dari komik Asterix dan Obelix).

Carpe diem
Seize the day.
Mungkin artinya yang paling mendekati adalah “Raih hari ini!”, terjemahan lebih bebasnya mungkin, “Raih impianmu hari ini juga”. Kalimat latin yang sangat populer.

Et Ipsa Scientia Potestas Est
Knowledge is Power
Pengetahuan adalah Kekuatan. Francis Bacon (1561-1626). Potestas = Potent = Kekuatan. Scientia = Science.

Citius, Altius, Fortius
Faster, Higher, Stronger.
Motto olimpiade, Lebih cepat, lebih tinggi, lebih kuat.

Orbis non sufficit
The world is not enough.
Motto agen rahasia James Bond 007.

Veni-Vidi-Vici
I came, I saw, I Conquered.
Aku datang, aku lihat, aku menang. Kata-kata Gaius Julius Caesar. Conquered sebenarnya artinya yang lebih tepat adalah ”mengalahkan”, tapi terjemahan ”menang” lebih umum dipakai.

Cogito ergo sum
I think, therefore I am
Saya berpikir, maka saya ada. Argumen Renee Descartes untuk menunjukkan bahwa manusia memang riil keberadaannya (long story. Descartes yang suka mempertanyakan segala sesuatu bahkan mempertanyakan eksistensinya sendiri).

Vincit qui patitur
He who perseveres, conquers.

Audaces fortuna iuvat
Fortune favors the brave.
Keberuntungan berpihak pada para pemberani, Virgil, ”The Aeneid”.
Audaces = Audacity = berani/keberanian. “The Audacity of Hope”, buku karya Barack Obama berarti “Keberanian dari sebuah Harapan”. Bahwa berharap itu sendiri menunjukkan keberanian dan keteguhan. Keberanian untuk melihat masa depan yang lebih baik. Audaces.

Si vis pacem, para bellum
If you want peace, prepare for war.
Jika kamu menginginkan perdamaian, bersiap-siaplah untuk peperangan. Quote favoritnya para jenderal-jenderal. Sering terdapat pada tulisan-tulisan tentang militer dan pertahanan.

Pax melior est quam iustissimum bellum
Peace, is better than the most just war.

Ubicumque Felix.
Always happy.
Berbahagialah selalu. Moto Napoleon saat menghadapi masa-masa yang berat dan sulit.

Acquiris quodcumque rapis.
You reap what you sow.
”Siapa menabur angin, akan menuai badai” (something like that). Anda akan mendapatkan apa yang anda berikan, kebaikan berbuah kebaikan, keburukan berbuah keburukan.

Semper inops quicumque cupit
Whoever desires is always poor.
Mereka yang tidak mengendalikan keinginannya, akan selalu miskin.

Facilis descensus Averno
The descent to hell is easy.
Jalan turun ke neraka itu mudah.
(Facilis = fasilitas = mudah/kemudahan. Descencus = descent = turun. Averno = inferno = api neraka).

Bis dat, qui cito dat
He gives twice who gives promptly.
Mereka yang memberi lebih cepat, sama dengan memberi dua kali.

Cuiusvis hominis est errare
Every human make a mistake.
Semua manusia melakukan kesalahan. Cicero.
Kalau anda melihat orang lain melakukan kesalahan, bahkan yang paling berat atau bodoh sekalipun, ingatlah bahwa manusia tidak ada yang diciptakan sempurna, bahwa manusia tanpa bermaksud jahat pun bisa berbuat salah. Dan itu termasuk anda sendiri (dan saya sendiri).

Radix malorum est cupiditas
Greed is the root of all evil.
Serakah itu akar semua kejahatan.

Aquila non capit muscas
The eagle does not hunt flies. Elang = Aquila.

Semper Fi (Semper Fidelis)
Always Faithful
Motto Pasukan Marinir Amerika.

Acta Non Verba
Action, not words.
Tindakan, bukan perkataan.

Amicus optima vitae possessio
A friend is the greatest treasure in life.
Seorang teman sejati, adalah harta terindah dalam hidup.

Ignis Aurum Probat
Value is proven in fire
Moto dari Prometheus Society, organisasi global dari orang-orang paling cerdas di dunia.

Per aspera ad astra
Through hardships to the stars
Moto NASA. Melewati kesulitan menuju bintang-bintang.

Nemo vir est qui mundum non reddat meliorem
What man is a man, who does not make the world better
(Dari film “Kingdom of Heaven”)




Tambahan kata-kata bijak para filsuf terbesar


Kumpulan Latin Proverbs lengkap, Wikipedia

Friday, June 5, 2009

Assalamualaikum, Dari Presiden Obama

Barack Obama, Cairo, Mesir

Ini adalah pidato lengkap
Presiden Barack Obama di Kairo, 4 Juni 2009 kemarin. Pidato ini sangat kritikal, karena menyangkut hubungan dunia Barat dan Muslim yang sepanjang sejarah manusia jarang sekali rukun dan damai. Presiden baru Amerika Obama, akan berusaha bersama dunia Islam mendapatkan titik pemecahannya.

Ini adalah pidato yang sangat mencerahkan dari seorang pemimpin besar. Belajar, bagaimana menjadi orang besar, pemikiran dan ide-idenya. Belajar, bagaimana seorang pemimpin besar bisa memulai sejarah baru perdamaian dunia.

Apakah Obama berbicara tentang sejarah peradaban Islam yang dahsyat? Tentu. Apakah Obama berbicara tentang Indonesia? Silakan Anda saksikan sendiri. Selamat menikmati.

(Plus Subtitle Inggris)